Asean 2023 Epicentrum Of Growth: Indonesia Pimpin One Health

Asean 2023 Epicentrum Of Growth:  Indonesia Pimpin One Health

Asean 2023 Epicentrum of growth: Indonesia pimpin one health

#SohIBBerkompetisiArtikel 

jOKOWI Pimpin ASEAN Implementasikan One Health
Jokowi Pimpin Asean Implementasikan One Health | sumber: kataindonesia.com

Indonesia menjadi Ketua ASEAN tahun 2023. Setelah jadi ketua maka KTT ASEAN 2023 diselenggarakan di negeri ini, tepatnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) di bulan Mei 2023. Pertemuan akan dihadiri Kepala Negara/Kepala Pemerintahan negara-negara ASEAN, termasuk Timor Leste sebagai negara anggota ke-11 ASEAN dengan status observer sesuai hasil KTT ke-40 dan ke-41 di Kamboja. KTT ke-42 ASEAN sendiri merupaka.n yang pertama dari dua KTT ASEAN di bawah Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023.

Negara ASEAN berkomitmen mengimplementasikan One Health untuk mencegah pandemi di masa depan akibat penularan dari hewan ke manusia. Pandemi Covid-19 adalah peristiwa menyebarnya Penyakit koronavirus 2019 (Bahasa Inggris: Coronavirus disease 2019, disingkat Covid-19) di seluruh dunia untuk semua negara. Penyusunan ASEAN Leaders Declation  (ALD) on One Health Initiatives akan di Implementasikan untuk dapat membangun kolaborasi regional yang lebih kuat khususnya kolaborasi lintas batas antara nefara anggota ASEAN yang sangat penting dalam pencegahan, kesiapsiagaan, dan tanggapan pandemi.

Hal ini merupakan salah satu upaya dari sektor kesehatan untuk menguatkan kesehatan di ASEAN. Penguatan kesehatan ini merupakan salah satu peran Keketuaan Indonesia untuk ASEAN 2023.

peran kesehatan untuk asean 2023
ASEAN 2023| kemkes.go.id

Indonesia memimpin pembentukan draf pertama Deklarasi Pimpinan ASEAN untuk implementasi One Health. kegiatan ini dilaksanakan serta difasilitasi oleh ASEAN Secretariat pada 15-17 Maret di Bali yang dilaksanakan oleh  Negara Anggota ASEAN didukung oleh Partner seperti FAO, UNEP, WHO, WOAH (Quadripartite), World Bank, Australian Mission to ASEAN, USAID, UK Health Security Agency, Mitigation Biological Threats (MBT) ASEAN – Canada.

Pada diskusi Consultative Meeting for the ASEAN Leaders Declaration on One Health Initiatives di Bali.Dirjen dr. Maxi mengatakan “Pendekatan One Health sebagai pendekatan terbaik untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan tanggapan pandemi. Pendekatan ini membutuhkan mekanisme kerja sama dan koordinasi lintas sektoral yang kuat untuk mensinergikan target, koordinasi, dan implementasi kita,” 

One Health ini merupakan inisiatif global untuk mengatasi ancaman global jika pandemi dimasa yang akan datang terjadi kembali. Bank Dunia mendukung penuh implementasi One Health di ASEAN.

Senior Agribusiness SpeciPractice, East Asia and Pacific Region, The World Bank, Sitaramachandra Machiraju mengatakan dunia melihat G20 di bawah kepresidenan Indonesia telah menunjukkan titik terang kemajuan kesehatan. Begitupun dengan implementasi One Health di ASEAN dapat mencegah pandemi di masa depan.alist, Agriculture and Food Global (https://sehatnegeriku.kemkes.go.id)

pendekatan dari One Health ini adalah integrasi yang berkelanjutan antara sektor kesehatan hewan, kesehatan lingkungan, dan kesehatan masyarakat.

Integasi ketiga sektor tersebut bisa mencapai kesehatan masyarakat yang baik dan meningkatkan kualitas kesehatan penduduk di setiap negara.  Pandemi COVID-19 sebelumnya menjadi pelajaran berharga bagi semua orang.

“Melalui kolaborasi multisektoral antara ilmuwan, pemerintah, industri, dan organisasi internasional, serta implementasi One Health secara bersamaan di negara ASEAN akan membuktikan bahwa dengan bekerja sama, kita dapat mengatasi masalah pandemi di masa depan,” tutur dr. Maxi.

Kepemimpinan Indonesia pada Pertemuan ASEAN 2023 tahun ini mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth, yang menandakan semakin pentingnya ASEAN di kancah global. Sebagai episentrum pertumbuhan, tema tersebut menghadirkan peluang bagi kita untuk memperkuat koordinasi multilateral dalam berbagai isu, termasuk ketahanan kesehatan.