Arus Waktu

Arus Waktu

Rotasi waktu

#SobatHebatIndonesiaBaik#JadiKontributorJadiInspirator#BerbagiMenginspirasi#SohIBBerkompetisiArtikel
Jam berputar
Jam berputar|unsplash|paulvolkmer

Rasanya belum lama bumi ini aku pijak. Tak aku sangka waktu berguling begitu cepat. Kini aku sadar, aku adalah salah satu dari ribuan manusia yang akan menjadi "orang" di masa depan, untuk Indonesia maupun mancanegara. Kita yang akan menggantikan  posisi manusia-manusia hebat masa kini. Kita yang akan membuat dunia menjadi tempat super keren.

Menghirup udara 2022 sangatlah menyenangkan. Namun, tak jarang saya dan mungkin ada teman-teman yang berfikir bagaimana nasib kita pada tahun-tahun yang akan datang. Kekhawatiran meluap-luap di pikiran kita. Tak jarang hati berkerut dan menjerit kesakitan, apalagi ada julukan bahawa kita adalah investasi masa depan. Waduh, semakin pening sirah saya.

Wisuda siswa
Wisuda siswa|unsplash|vasilykoloda

Sebagai orang yang baru saja lulus SMA, saya memiliki banyak rasa takut yang menghantui pikiran. Dari tiga tahun di SMA, setengahnya dilalui secara online dari rumah. Jarangnya bertemu orang membuat diri ini lebih minder saat melihat story whatsapp dan instagram teman lainnya. Kok mereka produktif dan lebih hebat ya. Aku kok gini-gini aja, kapan bisa seperti mereka ya? Padahal katanya investasi bangsa. Duh!

Ada yang mulai jualan, ada yang jadi reseller, ada yang menang banyak lomba di luar sekolah, dan ada-ada aja yang lainnya. Kepala semakin mumet, tetapi karena waktu tidak bisa diputar balik dan kita tidak bisa jadi bayi terus jadi ya harus go out. Terkadang juga terbesit di pikiran saya kalau kekhawatiran tersebut dapat reda jika dilalui sedikit demi sedikit. Kan ada kutipan sedikit demi sedikit lama-lama jadi gunung. Eh, bukit deng ya. Misal gunung juga boleh juga sih. Hehe.

Orang belajar
Orang belajar dengan senang|unsplash|brookecagie

Walaupun kepala masih dipenuhi ketegangan, kita sebagai manusia hebat masa depan tidak boleh diam saja. Jika tidak melakukan apa-apa sama saja kita pasrah menyerah terhadap keadaan. Hanya terus pasif sampai masuk liang lahat. Saya adalah orang yang percaya bahwa ada faktor-faktor di dunia ini yang bisa kita ubah, jadi kita tidak boleh diam saja menatap dan meratap dengan mata kosong.

Untuk memajukan diri kita saat ini dan juga masa depan, kita bisa fokus kepada hal-hal yang dapat diperbaiki. Berusaha dengan baik dan menunggu hasil akhirnya. Tidak perlu terlalu kecewa jika hasilnya berbeda dengan harapan kita karena masa depan memang sulit diprediksi. Cara kerja dunia juga begitu, terkadang mengejutkan. Saat sedih diberi kesenangan, saat susah semakin susah, tapi tak jarang banyak kebahagiaan kecil di sekitar kita. 

Banyak hal yang bisa kita lakukan daripada melamun menunggu wekermu berbunyi. Menurut saya sih saya harus memperbaiki sikap supaya lebih cermat dan tidak mudah melolong. Berkoar-koar dengan akar yang tidak jelas. Kita berusaha berani, percaya, dan menjaga sikap. Hal yang tidak terlihat wow ini sangat hebat kalau bisa saya laksanakan, juga kamu. Memang belum semua bisa tergenggam tetapi kita berusaha kok. 

Yes, you got it. Walaupun umur masih sepanjang jari kelingking,menurut saya  adanya pikiran dan tindakan berani dan percaya membuat kita menjadi manusia hebat. Hebat di masa sekarang maupun waktu yang akan datang. Benar-benar investasi muda yang keren nih.

Entah bagaimana wujud tempat kita  sepuluh tahun lagi, saya sama kamu telah menjadi orang hebat bagi diri sendiri, orang lain, atau mungkin malah dunia. Kita menjadi seperti itu karena kita percaya dengan diri sendiri pada tahun 2022 dan seterusnya.