3 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas, Semuanya Recommended!

3 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas, Semuanya Recommended!

Produktivitas sangat dibutuhkan saat ini | Accurate Online

Berkembangnya dunia karir saat ini berdampak pada munculnya kompetisi bagi setiap individu menjadi versi terbaik dari diri sendiri. SohIB pasti pernah baca atau dengar kalimat-kalimat motivasi, baik yang dikemas dalam bentuk podcast, buku, quotes, video, hingga seminar yang umumnya membahas self development

Di era yang semakin sibuk ini, terdapat semacam tuntutan tidak tertulis yang meminta kita untuk berkegiatan, bekerja, mencoba hal baru, mengasah kemampuan, dan lain-lain sebagai bentuk menjadi manusia yang ‘produktif’. Namun, pasti SohIB juga relate nih, kalau semangat untuk produktif bersifat naik turun. Jadi, gimana sih, cara meningkatkan produktivitas?

Ehhh, tapi sebelum tahu caranya, yuk, kenalan dulu sama si produktivitas ini!

Apa itu produktivitas?

Menurut majoo, produktivitas adalah kemampuan yang dimiliki setiap orang untuk membuahkan barang atau jasa sebagai hasil dari kinerjanya. Produktivitas yang baik merupakan cerminan dari semangat kerja yang baik, di mana hal ini dapat meningkatkan hasil kerja SohIB nantinya. Maka dari itu, suatu hal yang penting untuk menjaga dan meningkatkan produktivitas.

Ehh, SohIB tahu nggak sih, kalau perkembangan teknologi juga memunculkan banyak cara yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas, lo!

Aplikasi Manajemen yang Bisa Membantu Kamu Lebih Produktif

SohIB nggak perlu bingung dan sedih lagi nih, untuk meningkatkan produktivitas, karena deretan aplikasi ini siap membantu kamu untuk produktif. Apa saja?

1. Notion

Mau bikin tugas-tugas lebih tertata? SohIB wajib banget pakai Notion. Aplikasi yang bisa SohIB gunakan di laptop, tablet, atau handphone ini siap membantu dalam pencatatan to do list, penyusunan jadwal tugas, catatan penting, hingga membantu SohIB menghitung progres tugas-tugas.

Notion dapat digunakan oleh siapa saja, baik pelajar, mahasiswa, hingga pekerja. Kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini adalah dapat digunakan bersama-sama dalam tim maupun bekerja secara individual.

2. Forest

SohIB ingin mengurangi distraksi dalam mengerjakan tugas? Forest solusinya. Aplikasi ini adalah pengatur waktu yang bisa membantu kamu untuk tetap fokus dalam mengerjakan tugas. Selain itu, waktu yang berhasil dicatat setiap hari akan digambarkan dalam bentuk grafik untuk melihat perubahan produktivitas.

SohIB bisa memilih stopwatch atau timer dalam menggunakan aplikasi ini. Waktu yang berjalan akan digambarkan dengan pohon yang tumbuh. Jika SohIB menghentikan timer sebelum waktunya selesai, maka pohon itu akan mati.

Akan tetapi, jika SohIB berhasil menumbuhkannya, maka ada poin yang SohIB dapatkan. Poin yang terkumpul dapat ditukarkan dengan jenis pohon dalam memvisualisasikan penghitungan waktu.

Kelebihannya, terdapat fitur deep focus yang akan membuat SohIB kembali ke aplikasi Forest apabila selama waktu berjalan SohIB membuka aplikasi lain. Hal ini tentu saja dapat membantu SohIB untuk fokus pada tugas yang dikerjakan tanpa distraksi dari sosial media.

3. Google Calendar

Salah satu fitur yang ditawarkan Google ini juga bisa membantu meningkatkan produktivitas, lo, tepatnya untuk membuat reminder dan membantu menyusun perencanaan.

Ketika mendapatkan tugas atau memiliki janji untuk bertemu, SohIB bisa langsung mencatat hari dan jamnya ke dalam Google Calendar. Nantinya, 30 menit sebelum jam yang sudah dicatat, Google Calendar akan mengirimkan notifikasi pengingat ke gadget SohIB. 

Selain itu, SohIB juga bisa menggunakan Google Calendar untuk menyusun kegiatan hari ini beserta pembagian waktunya. Hal ini tentu saja dapat membantu menghindarkan SohIB dari tubrukan kegiatan atau kebingungan untuk membuat prioritas tugas yang harus dikerjakan terlebih dahulu.

Nah, itu tadi adalah tiga aplikasi yang bisa SohIB gunakan untuk meningkatkan produktivitas. Semua aplikasi tersebut bisa SohIB dapatkan melalui PlayStore atau AppStore di gadget. Jadi, aplikasi mana nih, yang sudah SohIB coba?