AMI ETHNIC Diluncurkan oleh Kemendikbudristek dan YAMI, Portal Informasi Alat Musik Tradisional

AMI ETHNIC Diluncurkan oleh Kemendikbudristek dan YAMI, Portal Informasi Alat Musik Tradisional

Laman depan AMI ETHNIC | Sumber: dokumentasi SohIB

Rabu (11/10/2023) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung peluncuran portal alat musik tradisional Indonesia, AMI ETHNIC di Kemang, Jakarta Selatan.

Situs ini digagas oleh Yayasan Anugerah Musik Indonesia (YAMI) sebagai wadah informasi yang berkaitan dengan alat musik tradisional di negara kita, termasuk juga dengan sejarah, jenis, cara memainkan, hingga tempat penjualan alat musik tersebut. 

Mengutip dari laman AMI ETHNIC sendiri, portal tersebut adalah salah satu bagian dari “Program AMI Peduli”, kolaborasi antara pengurus AMI 2022—2025 dengan Federasi Serikat Musik Indonesia (FESMI), yang mana juga ditujukan untuk memberikan penghargaan pada musisi-musisi tradisional dalam negeri atas karyanya.

Laporkan Jalanan Rusak di Aplikasi Jalan Kita dan LAPOR!

“Didukung oleh Bank BRI, program ini hadir sebagai jendela gema harmoni Indonesia ke dunia, sekaligus menggiring dan mengangkat UMKM maestro (produsen) alat musik tradisional bertransformasi masuk ke era digital menggapai pasar musik dunia,” tulis AMI ETHNIC dalam deskripsinya.

AMI ETHNIC Akan Disebarluaskan di Situs Kedutaan Besar Indonesia

Adapun dalam rilis yang dibuat oleh kemendikbud.go.id, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, mengatakan bahwa adanya peluncuran situs ini menjadi apresiasi tinggi dari pemerintah dan komunitas untuk para pemusik tradisional.

Sebab, atas perjuangan merekalah, keunikan dan sejarah alat musik lokal disanjung-sanjungkan, bahkan di ranah internasional. Oleh karena itu, pengetahuan akan informasi seputar seni budaya leluhur tersebut perlu dilestarikan dan diteruskan agar tidak punah hingga ke masa mendatang.

Terlebih lagi, sejak dulu seni musik telah menjadi bagian dari nenek moyang yang membentuk ciri khas budaya di setiap daerah di wilayah Nusantara.

“Melalui portal AMI ETHNIC, para pemain dan produsen alat musik tradisional dapat lebih mengembangkan kualitasnya sehingga makin diminati masyarakat maupun negara lainnya. Harapannya para pelaku alat musik tradisional dapat ikut berdaya saing di pasar musik global era digital,” kata Mahendra dalam acara peluncuran.

Nantinya, AMI ETHNIC akan disebarluaskan melalui berbagai situs resmi Kedutaan Besar Indonesia yang tersebar di negara-negara luar.

10 Geopark Indonesia yang Sudah Diakui Dunia, Keren Banget!

Alat Musik Tradisional di Indonesia

Salah satu alat musik tradisional Indonesia
Salah satu alat musik tradisional Indonesia | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

Ada banyak sekali alat musik tradisional yang ada di negara kita dan setiap instrumen memiliki keistimewaannya masing-masing. Salah satu yang terkenal adalah angklung, yang mana UNESCO secara resmi sudah menyatakan bahwa alat musik dari Jawa Barat tersebut masuk sebagai bagian dari Warisan Dunia atau Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity, tahun 2010 lalu.

Nah, selain angklung, ada lagi lo, instrumen yang tak kalah unik dan patut kita ketahui bersama. Apa saja?

Sasando (Nusa Tenggara Timur)

Sasando adalah alat musik khas NTT yang sering dimainkan sebagai pengiring lagu-lagu tradisional masyarakat Rote. Cara memainkannya adalah dipetik senarnya hingga menghasilkan suara yang merdu dan sangat lembut. Btw, sasando memiliki berbagai jenis, seperti sasando biola, sasando gong, dan yang paling modern, sasando elektrik.

Tifa (Maluku)

Tifa adalah alat musik yang bentuknya gendang dan dimainkan dengan cara dipukul. Terbuat dari kayu dan kulit rusa kering, instrumen ini biasa diperdengarkan ketika mengiringi tarian tradisional khas maluku dan suku Asmat.

Atowo (Papua)

Atowo adalah salah satu alat musik pukul tradisional yang langka. Bentuknya lonjong dan panjang dengan hiasan ukiran-ukiran kecil. Oleh masyarakat Papua, instrumen itu digunakan di acara-acara rakyat dan kesenian.

Sape (Kalimantan Barat)

Sape adalah instrumen musik khas suku Dayak yang dimainkan seperti gitar, yaitu dipetik senar-senarnya. Bentuknya panjang dan ramping. Nah, beberapa sumber mengatakan bahwa dulunya, sape sering dimainkan untuk mengiringi proses penyembuhan penyakit.

Aramba (Sumatera Utara)

Sekilas, aramba mirip-mirip dengan gong dari tanah Jawa. Terbuat dari nikel, tembaga, suasa, dan kuningan, alat musik yang satu ini dipercaya menyimpan nilai-nilai magis oleh masyarakat Nias, nih.

Gong (Jawa Barat)

Dari namanya saja, kita sudah membayangkan bagaimana bunyi alat musik pukul ini, bukan? Gong adalah salah satu instrumen yang sering dimainkan berdampingan dengan alat musik lainnya, seperti kendhang, saron, slenthem, kenong, kempyang, dan lainnya. Dalam formasi gamelan, lazimnya gong berbentuk paling besar di antara lainnya. 

Kolintang (Sulawesi Utara)

Kolintang adalah alat musik tradisional dari Minahasa yang telah dinobatkan sebagai warisan Budaya Tak Benda oleh Kemdikbud di tahun 2013. Ia terbuat dari bilah-bilah kayu yang susunannya berjejer di atas bak kayu. Biasanya, kolintang akan dimainkan bersama-sama dengan alat musik lainnya, SohIB.

Siter (Jawa Tengah)

Siter adalah salah satu bagian dari gamelan jawa yang cara memainkannya adalah dengan dipetik. Jika kita lihat sekilas, alat musik tersebut mirip dengan kecapi versi vertikal. 

Google Doodle Rayakan Angklung Hari Ini. Apa sih, Maknanya?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

Sumber:

  • https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/10/luncurkan-laman-ami-ethnickemendikbudristek-bersama-yami-lindungi-pelaku-dan-alat-musik-tradisional
  • https://amiethnic.com/index.html
  • https://www.orami.co.id/magazine/alat-musik-siter
  • https://jogja.suara.com/read/2022/03/07/120500/sudah-tahu-alat-musik-gong-begini-sejarah-singkatnya
  • https://katadata.co.id/agung/berita/631588f36ba83/mengenal-sape-alat-musik-tradisional-suku-dayak-dan-cara-memainkannya
  • https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/mengenal-alat-musik-sasando-yang-mendunia