WWF Ke-10 Dilaksanakan di Indonesia, Apa yang Dibahas?

WWF Ke-10 Dilaksanakan di Indonesia, Apa yang Dibahas?

Pertemuan para pemangku kepentingan dalam 2nd Stakeholders Consultation Meeting (SCM) | Sumber: press release

Di dunia ini, air adalah elemen penting dalam kehidupan. Sebab, dengan air, berbagai kebutuhan seperti menjaga kesehatan tubuh pada manusia, menyirami tumbuhan tidak layu, dan komponen kehidupan bagi hewan ternak.

Sayangnya nih SohIB, sampai tahun 2022, 703 juta orang di dunia masih belum mempunyai akses yang baik untuk mendapatkan air bersih dan ini menyebabkan terhambatnya produktivitas manusia. Duh, sedih banget!

Ketersediaan air yang tidak memadai bisa memicu konflik sosial dan kesenjangan untuk ke depannya. So, krisis air bersih tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Perlu adanya kerja sama yang baik antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat demi terciptanya mobilisasi sumber daya dan kapasitasnya untuk menuntaskan masalah tersebut.

Air Terjun Benang Kelambu, Segarnya Surga Tersembunyi di Lombok

Oleh sebab itulah, acara 10th World Water Forum digelar pada tahun 2024 mendatang sebagai agenda politik untuk mencapai “Water for Shared Prosperity”.

Adapun World Water Forum adalah forum bidang air terbesar saat ini yang di dalamnya melibatkan diskusi politik antara pemerintah, parlemen, pakar, akademisi, asosiasi profesi, organisasi internasional, hingga lembaga swadaya masyarakat. Forum tersebut memiliki tiga pilar, yaitu proses tematik, regional, dan politik.

Pemerintah Agendakan 2nd Stakeholders Consultation Meeting

Nah, salah satu kegiatan yang diselenggarakan dalam acara ini adalah 2nd Stakeholders Consultation Meeting (SCM) oleh pemerintah kita dengan World Water Council.

Event itu telah berlangsung di Nusa Dua Bali pada 12—13 Oktober 2023. Sebagai informasi, pertemuan ini mempertemukan para pemangku kepentingan dari seluruh dunia dalam rangka membahas sejumlah isu penting yang akan diangkat dalam World Water Forum tahun depan.

Dilansir dalam rilisnya, isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut di antaranya adalah infrastruktur dan pengelolaan air terpadu, sanitasi dan kebersihan air, arsitektur pembiayaan air internasional, sampai dengan kesiapan Indonesia selaku tuan rumah 10th World Water Forum mendatang yang akan berlangsung di Bali tahun 2024.

Mewujudkan Akses Air dan Sanitasi untuk Semua Sesuai Goal SDG Nomor 6!

Isu ini disampaikan oleh oleh Presiden World Water Council, Loïc Fauchon, Direktur 10th World Water Forum Asia Pasifik, Yoonjin Kim, Thomas Panella dari Natural Capital and Climate Team, dan Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Nasional (NOC) sekaligus Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, serta pihak-pihak perwakilan dari Panitia Penyelenggara Nasional.

Menteri Basuki menambahkan, dalam proses tematisnya, Indonesia telah memutuskan 6 subtema yang akan dibahas dalam WWF 2024, yakni air untuk manusia dan alam, ketahanan air dan kesejahteraan, pengurangan risiko bencana dan manajemen kebencanaan, tata kelola, kerjasama dan diplomasi air, serta keuangan air yang berkelanjutan, juga pengetahuan dan inovasi.

WWF Anggarkan Budgeting Bidang Air

Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa WWC dan panitia penyelenggara meminta dukungan pada DPR RI agar acara yang akan diselenggarakan di Bali ini bisa berlangsung dengan lancar.

Presiden World Water Council, Loic Fauchon, juga mengatakan bahwa parlemen memegang peranan penting dalam proses politik dalam kegiatan itu.

“Parlemen berperan dalam penyusunan legislasi dan persetujuan anggaran (budgeting) bidang air, disamping dalam pengawasan pembangunan. Melalui partisipasi parlemen dalam World Water Forum ini, kami harap dapat menciptakan komitmen politik dari parlemen di seluruh dunia untuk memastikan kesejahteraan bersama di bidang air," sebut Loic seperti yang dikutip dalam rilis.

Adapun dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan ini juga disambut dengan antusias oleh Fadli Zon, Ketua BKSAP DPR RI. Ia mengatakan akan mendiskusikan concern ini dengan Parliamentary Union (IPU) yang berkedudukan di Jenewa dalam pertemuan di Angola pada akhir Oktober mendatang. Semoga lancar, ya!

Capai Target Water Sustainability Global, Indonesia Ajak Dunia Prioritaskan Isu Air Bersih

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

 

Sumber:

Press release 

Label: