5 Web untuk Pemasaran Produk dan Jasa Secara Online

5 Web untuk Pemasaran Produk dan Jasa Secara Online

penjualan by pixabay

Dibandingkan dahulu, kini masyarakat diberikan pilihan yang jauh lebih banyak untuk memasarkan produk dan jasanya. Tidak hanya melalui radio, atau media konvensional, kini sudah ada beberapa web dan aplikasi yang bisa kita manfaatkan untuk media promosi dengan harga yang jauh lebih murah, bahkan beberapa ada yang menggratiskan layanan ini.

Kini sudah tidak ada lagi UMKM yang merasa kalah bersaing dengan entitas bisnis yang jauh lebih besar, asalkan kreatif, kamu pun pasti juga bisa mempromosikan produk dan jasanya untuk mendapatkan penjualan yang jauh lebih banyak.

SohIB ingin tahu lebih banyak soal aplikasi dan website pemasaran produk secara online? Cek artikel di bawah ini, ya!

1. Google Bisnisku

Google Bisnisku | Sumber: dokumentasi pribadi

Siapa sih, yang tidak ingin produknya memiliki citra yang baik, atau paling tidak, tidak ada informasi yang salah terkait bisnismu? Google Bisnisku, sebuah layanan profil bisnis gratis dari Google yang bisa SohIB manfaatkan untuk memaksimalkan kehadiran organisasi dan pelaku usaha dalam dunia online.

Di sini kamu bisa membuat profil usaha, memberikan informasi mengenai alamat, produk, harga, sampai dengan nomor telepon. Jika kamu memiliki dokumentasi, baik berupa foto maupun video, SohIB juga bisa meng-upload-nya di sana.

Profil bisnismu ini nantinya akan dimunculkan pada bagian Maps, dan juga Google Search, ketika ada orang yang mencari usahamu.

2. Divebiz

Divebiz | Sumber: dokumentasi pribadi

Divebiz bisa menjadi alternatif website pemasaran online lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengenalkan jasamu, kepada orang-orang di kotamu. Divebiz merupakan direktori bisnis, di mana penyedia jasa dan layanan dikelompokan dalam satu kota untuk memudahkan masyarakat dalam mencari layanan yang ada di sekitar mereka.

Namun, web direktori bisnis ini hanya fokus pada UMKM seperti tempat laundry, jasa foto produk, rental motor, dan lain sebagainya, di mana antara penjual dan pembeli bisa bertransaksi secara langsung.

3. OLX

Olx | Sumber: dokumentasi pribadi

Siapa sih, yang tidak kenal dengan OLX yang dulunya bernama Tokobagus ini? Jika Divebiz bisa kamu gunakan untuk mempromosikan layanan dan jasa, OLX bisa SohIB gunakan untuk menjual beragam produk, baik barang yang masih baru, atau barang bekas.

Bisa dibilang ini adalah web dan aplikasi yang cukup disukai para penjual, meski persaingan sangat ketat, karena produk yang sudah ada di aplikasi ini sudah banyak. Namun, ini sebanding dengan banyaknya calon pelanggan potensial yang bisa kita dapatkan.

Maklum, selama ini OLX memang dikenal sebagai salah satu situs terbaik untuk menemukan barang-barang dengan harga terjangkau, dari tangan pertama. Sedangkan terkait produk yang bisa kamu jual cukup beragam, dimulai dari motor bekas, mobil bekas, meja, sampai dengan laptop.

4. Sejasa

Sejasa | Sumber: dokumentasi pribadi

Lanjut pada web untuk promosi jasa secara online yang keempat. Ada Sejasa, merupakan sebuah marketplace jasa dan layanan yang akan mempertemukan para penyedia jasa lokal dengan calon pelanggan.

Kategori pilihan jasa yang bisa dipasarkan di sini juga sangat lengkap, dimulai dari service mesin cuci, tukang renovasi, service ac, sampai dengan tukang pijat. Pendaftarannya juga cukup mudah dan bisa kamu lakukan secara gratis.

Namun, setiap transaksi yang akan kamu dapatkan nanti harus mengikuti ketentuan dari Sejasa. Sebab, memang Sejasa merupakan sebuah marketplace yang penyedia jasa dan calon pelanggan harus melakukan transaksi di platform mereka.

5. TikTok Shop

Tiktok Shop | Sumber: dokumentasi pribadi

Nama TikTok tentu sudah tidak asing di telinga bukan? Yaps, TikTok merupakan sebuah sosial media yang pada saat artikel ini ditulis, bisa dibilang adalah salah satu sosial media yang paling diminati anak muda.

Layaknya sosial media lainnya, kita sebenarnya juga bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai sarana untuk mempromosikan produk dan usaha. Berbeda dengan beberapa web sebelumnya yang kehadirannya memang dimaksudkan untuk medium promosi, untuk bisa menggunakan TikTok sebagai media promosi, SohIB harus tahu seperti apa konten yang menarik, agar nantinya akun mu bisa dijangkau oleh pelanggan.

Apalagi kini TikTok sudah memiliki fitur TikTok Shop, sebuah fitur yang memungkinkan creatornya untuk memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik, yakni melalui konten video. Khusus pada TikTok, selain belajar tentang pembuatan konten, ada baiknya kamu juga melakukan riset kecil-kecilan terkait algoritma mereka.

Itulah pembahasan kita kali ini terkait aplikasi dan web pemasaran produk dan jasa secara online. Dari 5 web di atas, mana yang sudah kamu manfaatkan?