Wanita Hebat: 5 Profesi Pria Yang Kini Digeluti Oleh Wanita

Wanita Hebat: 5 Profesi Pria Yang Kini Digeluti Oleh Wanita

Wanita Hebat: 5 Profesi Pria Yang Kini Digeluti Oleh Wanita

Stigma masyarakat dahulu, melihat seorang wanita bekerja merupakan hal yang tabu. Hal tersebut dikarenakan budaya patriarki yang kuat dimana seorang pria lah yang harus bekerja untuk menghidupi keluarganya. Seorang pria dianggap lebih mampu untuk melakukan pekerjaan dibandingkan dengan wanita. Dengan adanya dominasi pria tersebut maka wanita tidak memiliki kesempatan untuk bekerja dan melakukan hal yang disukainya.

Namun seiring berkembangnya zaman, kini para wanita tidak kalah hebatnya dengan pria. Dengan gerakan kesetaraan yang terus digencarkan oleh wanita, kini mereka mendapat peran di berbagai pekerjaan dan profesi. Di era modern saat ini, banyak wanita yang bekerja sesuai dengan keinginannya. Bahkan berbagai profesi dan pekerjaan yang identik dengan pria, kini digeluti oleh para wanita hebat. 

SohIB penasaran nggak sih profesinya apa saja? Kalo penasaran yuk simak beberapa profesinya dibawah ini!

Pilot

Athira Farina, Pilot Perempuan Indonesia
Athira Farina, Pilot Wanita Indonesia (Sumber: Idntimes.com)

Apakah SohIB pernah melihat atau naik pesawat yang pilotnya adalah wanita? Jika pernah maka sudah tidak aneh lagi kan melihat pilot seorang wanita?. Menjadi seorang pilot tentunya tidak mudah ya SohIB apalagi bagi seorang wanita. Pilot wanita menempuh pelatihan dan ujian yang sama beratnya dengan pilot pria. Tanggung jawab mereka pun sama beratnya, dimana harus membawa penumpang untuk sampai ke tujuan dengan menerbangkan pesawat. Hebat banget ya SohIB wanita-wanita diluar sana kini bisa jadi pilot juga!

Profesi Keamanan

Hut Polwan ke-75
Hut Polwan ke-75 (Sumber: Tribatanews)

Di zaman modern saat ini banyak wanita yang melirik bahkan sudah terjun langsung menjadi abdi negara. Banyak dari mereka yang kini menjadi tentara, militer, bahkan polisi. Meskipun masih ada stereotip yang mengaitkan keamanan dengan kekuatan fisik dan maskulinitas, namun kini banyak wanita telah membuktikan bahwa mereka mampu untuk sukses dalam profesi keamanan dengan menggunakan berbagai keterampilan dan pendekatan yang berbeda ya SohIB.

Nahkoda

Nahkoda Perempuan
Nahkoda Perempuan (Sumber: japanesestation.com)

Seorang nahkoda adalah seseorang yang bertanggung jawab atas navigasi, pengendalian, dan keamanan kapal. Meskipun profesi tersebut identik dengan pria, namun saat ini sudah banyak wanita yang menjadi nahkoda juga lho SohIB. Beberapa tokoh nahkoda wanita di Indonesia seperti  Capt. Agustin Fitriyah, Capt. Sry Wahyuni, dan Capt. Etin Kartini. Kehadiran wanita sebagai nahkoda semakin diakui dalam industri pelayaran, walaupun mereka mungkin masih menghadapi tantangan dan stereotip tertentu. 

CEO

Sabrina Soewatdy dan Sarah Soewatdy, CEO Wanita di balik startup Rukita
Sabrina Soewatdy dan Sarah Soewatdy, CEO Rukita (Sumber: Rukita.co)

Seorang CEO wanita memiliki tanggung jawab yang sama dengan CEO pria dalam membentuk strategi jangka panjang perusahaan dan mengambil keputusan yang mengarah pada pencapaian tujuan perusahaan.  Kehadiran CEO wanita juga memberikan kontribusi penting terhadap dunia bisnis. Mereka memberikan perspektif unik dan pengalaman yang berbeda dalam membantu perusahaan untuk menghadapi berbagai tantangan dan menciptakan solusi yang lebih inovatif.

Engineer

Engineer Wanita Indonesia
Engineer Wanita Indonesia (Sumber: istock.photo)

Siapa yang pernah melihat insinyur tapi seorang wanita?. Yups betul, sekarang menjadi seorang insinyur tidak harus seorang pria ya SohIB. Seorang wanita juga dapat menjadi profesional yang terlibat dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara berbagai sistem, struktur, dan teknologi. Mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknik yang memungkinkan mereka untuk menciptakan solusi untuk berbagai masalah teknis dan teknologi.

Itulah beberapa profesi pria yang kini sudah digeluti oleh para wanita ya SohIB. Dengan adanya perjuangan kesetaraan, maka dapat membuka kesempatan bagi wanita untuk memasuki dan menonjol dalam berbagai profesi yang sebelumnya didominasi oleh pria. Perubahan ini mencerminkan perkembangan yang positif dalam mencapai kesetaraan gender di tempat kerja dan mengakui bahwa kemampuan dan potensi seseorang tidak tergantung pada jenis kelamin.

Ayo jadi bagian dalam gerakan Indonesia Baik dengan bergabung bersama Komunitas Sobat Hebat Indonesia Baik (SohIB) di sini. Ikuti juga Instagram @Indonesiabaik.id dan @id_sohib untuk informasi lengkap lainnya.