Yuk Kenalan Sama Virus Covid-19 Jenis Omicron yang Lagi Booming!

Yuk Kenalan Sama Virus Covid-19 Jenis Omicron yang Lagi Booming!

Varian baru Covid-19, Omicron! | Unsplash (Önder Örtel)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Hai SohIB! Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga selalu sehat dan bahagia, ya. Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan virus Corona atau Covid-19 yang sudah menyebar di seluruh dunia sejak tahun 2020 lalu. Baru-baru ini, dunia dihebohkan dengan munculnya varian baru virus ini yang dinamakan Omicron.

Virus jenis ini mengalami beberapa mutasi yang membuatnya lebih mudah menyebar dan menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara. Namun, jangan khawatir, pada artikel kali ini, kita akan kenalan lebih jauh dengan virus Covid-19 jenis Omicron yang sedang booming belakangan ini. Kita akan membahas apa itu virus Omicron, bagaimana penyebarannya, dan gejala-gejala yang muncul. Yuk, mari kita belajar bersama-sama!

Apa itu Varian Omicron?

Berdasarkan informasi dari Kemenkes.go.id, Omicron adalah varian baru dari virus Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan. Virus ini memiliki sifat yang lebih menular serta bisa mempengaruhi kekebalan tubuh kita. Varian ini menimbulkan kekhawatiran karena memiliki lebih banyak mutasi daripada varian sebelumnya, yang bisa membuatnya lebih menular dan mungkin lebih resisten terhadap vaksin.

Selain itu, Kemenkes melaporkan bahwa jumlah kasus dari Omicron ini sudah mencapai tujuh orang, lo! Menurut Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril, dua dari tujuh kasus tersebut sudah sembuh dan lima lainnya mengalami gejala ringan. Dua kasus dari Omicron ini ditemukan di Surabaya, Jawa Timur, dan tiga kasus lainnya ditemukan di DKI Jakarta. Duh, sudah menyebar nih, SohIB!

Nggak Boleh Lengah! Angka Penularan Covid-19 Naik Lagi!

Bagaimana Virus Omicron Menyebar?

Penyebaran Omicron
Penyebaran Omicron | Unsplash (Vladimir Fedotov)

Sama seperti varian-vairan sebelumnya, virus Omicron menyebar melalui udara yang dikeluarkan seseorang saat batuk atau bersin. Virus ini juga dapat menyebar melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi dan kemudian disentuh oleh orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan dan memakai masker saat berada di tempat umum, ya SohIB!

Apa Saja Gejala Covid-19 Varian Omicron?

Gejala Covid-19 varian Omicron ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan varian yang lainnya. Biasanya gejala tersebut akan dirasakan selama 7 hari pertama. Berdasarkan informasi dari Halodoc, gejala yang akan dirasakan jika kita mengidap Omicron ada 6, yaitu:

  1. Demam Tinggi dan Badan Menggigil

Demam adalah hal yang umum dirasakan jika kita terkena Covid-19. Meskipun tidak selalu, namun SohIB harus waspada jika merasakan gejala ini. Apalagi jika sudah meminum obat penurun panas seperti paracetamol dan tidak membaik. Jika setelah 3 hari demam masih terasa, maka segera temui dokter, ya!

  1. Diare Berkelanjutan

Selain demam, Covid-19 varian Omicron juga bisa menyerang pencernaan, lo! Tidak heran jika kalian mengalami diare, jangan lupa untuk mengkonsumsi oralit sebagai pertolongan pertama agar badan tidak dehidrasi.

5 Vaksin COVID-19 yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, Apa Saja?
  1. Hidung Tersumbat

Covid-19 juga menyerang saluran pernapasan kita, lo SohIB! Biasanya pengidap Covid-19 akan merasakan sesak nafas dan juga pilek yang berkelanjutan. Namun, dikarenakan gejala ini cukup umum, kamu jangan panik, ya!

  1. Nyeri Otot Sekujur Badan

Gejala Omicron
Gejala Omicron | Unsplash (Mufid Majnun)

Badan yang pegal-pegal juga bisa menjadi salah satu gejala terkena Omicron, lo! Hal ini dikarenakan tubuh sedang berusaha untuk melawan virus yang masuk ke tubuh dengan mengeluarkan sel darah putih untuk memerangi virus tersebut. Jadi, tidak heran jika badan akan terasa pegal dan nyeri. 

  1. Batuk Terus-Menerus

Omicron biasanya bisa mengganggu pernapasan dimulai dari hidung hingga paru-paru. Biasanya batuk yang dirasakan adalah batuk kering yang tanpa dahak. Meskipun gejala ini juga dirasakan di Covid-19 varian biasa, tapi varian Omicron juga tetap memiliki gejala tersebut.

  1. Sakit Tenggorokan

Gejala terakhir adalah sakit tenggorokan. Hal ini karena terjadinya inflasi pada tenggorokan yang juga disebabkan oleh pilek berkelanjutan, sehingga tenggorokan menjadi sakit dan nyeri.

Bagaimana Cara Mencegah Penyebaran Virus Omicron?

Cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus Omicron sama dengan cara untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 sebelumnya, yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan secara teratur, menjaga jarak sosial, dan menghindari kerumunan. Selain itu, SohIB jangan lupa melakukan vaksin lengkap, ya! Lakukan 3 vaksin utama dan 1 vaksin booster agar daya tahan tubuh bisa kuat melawan virus ini!

Nah, itu dia penjelasan singkat dari apa itu Omicron, gejala dari virus Covid-19 varian Omicron, dan bagaimana mencegah penyebarannya. Varian baru virus Covid-19 jenis Omicron ini  memang menimbulkan kekhawatiran yang serius di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Namun, dengan persiapan yang matang, kita bisa membantu penyebaran dari virus ini. Yuk, kita semua berjuang bersama untuk melawan virus Covid-19 jenis Omicron! Happy reading SohIB!