Belgi Art Ekraf Cigombong Menerima Kunjungan 44 Peserta Universitas SAHID Jakarta

Belgi Art Ekraf Cigombong Menerima Kunjungan 44 Peserta Universitas SAHID Jakarta

Surat permohonan kunjungan | sumber : Belgi Art | Canva

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Dalam rangka menambah wawasan keilmuan mahasiswa Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sahid, untuk mata kuliah Kewirausahaan, Industri Jasa dan Ekonomi Kreatif serta Manajemenen Perusahan Industri melakukan kunjungan ke Belgi Art Gallery yang berlokasi di Jl. Cigombong, Kp. Ciburayut, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, (06/07), bertempat di Belgi Art Gallery dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang yang terdiri dari 38 mahasiswa dan 6 orang dosen pembimbing.

Salah satu hasil karya lukis bakar (Pirografhi/wood burning) Belgi Art | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Dosen Universitas Sahid yang juga sebagai panitia pelaksana kegiatan, Bunga Cahya Putri, STP, MT. menyatakan bahwasannya kegiatan ini dalam rangka menambah wawasan keilmuan mahasiswa dan Belgi Art adalah suatu jenis usaha yang masuk dalam sektor ekonomi kreatif subsektor kriya yang kami tunjuk untuk dikunjungi.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa kunjungan ini memiliki tujuan agar para mahasiswa mendapat insight baru dalam dunia kewirausahaan, Industri jasa dan ekonomi kreatif dan memiliki harapan agar mereka dapat mengambil ilmu dari Belgi Art yang telah menjalankan proses kewirausahaan dalam dunia ekonomi kreatif.

"Jadi, nanti kita akan melihat proses produksi kerajinan tangan Belgi Art dan melihat koleksi dari Belgi Art di galerinya, dilanjutkan dengan sesi diskusi atau pemaparan dari owner Belgi Art tentang perjalanan, proses produksi maupun pencapaian," kata Bunga pada saat menghubungi owner Belgi Art

Produk Belgi Art | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Sementara itu, Belgi Alhuda, owner Belgi Art, mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang akan dilaksanakan oleh Universitas SAHID Jakarta dengan membawa serta mahasiswa sebanyak 38 orang dan 6 orang dosen pembimbing.

"Hal ini merupakan sebuah apresiasi bagi kami, semoga saja semua berjalan lancar, mendapat hasil yang memuaskan dan berkelanjutan," tambah Belgi

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan bahwasannya dirinya telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Ciburayut dan juga telah mengabarkan kabar kunjungan ini ke pemerintah Kecamatan Cigombong. 

"Pihak pemerintah Desa (Pemdes) maupun Kecamatan sangat senang akan kabar terkait kunjungan mahasiswa ini dan mereka mendukung Belgi Art untuk melanjutkan proses usahanya sehingga dikenal oleh banyak pihak termasuk berbagai Universitas dan menjadi salah satu ekonomi kreatif yang ada di wilayah Kecamatan Cigombong yang membawa harum daerah dalam dunia kewirausahaan," Tandasnya 

Belgi Alhuda, yang juga aktif dalam organisasi sosial Karang Taruna mengungkapkan bahwasannya dirinya mengharapkan program berkelanjutan dari Universitas Sahid Jakarta. Dengan mengingat dalam dunia pendidikan, khususnya Universitas SAHID, pasti ada kaitannya dengan pengabdian kepada masyarakat, pemberdayaan, dan lain sebagainya. Hal ini dapat kita serap dan menjadikannya sebagai income/input dari program kunjungan yang berkelanjutan. 

Belgi Art Gallery, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Belgi Alhuda memiliki harapan. Semoga dengan adanya program kunjungan ini, dapat memantik semangat pelaku ekonomi kreatif yang ada di wilayah Kecamatan Cigombong agar karya mereka dapat lebih dikenal. Tentunya dengan memanfaatkan sosial media dan menjadi mitra bagi pemerintah maupun swasta. Hal ini pelaku ekonomi kreatif selalu diperhatikan sehingga dapat lebih sejahtera dengan selalu berkontribusi terhadap pemberdayaan, peningkatan ekonomi, dan lingkungan.

"Sebaik-baiknya suatu jenis usaha adalah mereka yang dapat memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan, peningkatan ekonomi, sosial dan lingkungan serta berkelanjutan," tutup Belgi.