UMKM WEEK 2023, Event Skala Nasional Bea Cukai untuk UMKM Agar Bisa Ekspor

UMKM WEEK 2023, Event Skala Nasional Bea Cukai untuk UMKM Agar Bisa Ekspor

Belgi Art Gallery mengikuti UMKM Week 2023 Bea Cukai Bogor | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

UMKM Week 2023 dilaksanakan di bulan Agustus secara serentak dari tingkat nasional hingga daerah. Kegiatan ini merupakan event tahunan yang digagas Bea Cukai untuk mendukung para pelaku UMKM agar dapat merambah pasar ekspor.

Dalam rangka menyemarakkan UMKM Week 2023, unit-unit vertikal Bea Cukai di berbagai daerah gencar melaksanakan beragam kegiatan pemberdayaan UMKM. Salah satu kegiatan yang digagas ialah asistensi ekspor untuk para pelaku UMKM, seperti dilansir dari laman beacukai.go.id.

Kegiatan serupa juga digelar Bea Cukai Bogor dengan adanya kegiatan sosialisasi dan bazaar UMKM. Acara ini dihadiri oleh 94 peserta yang terbagi dua kelompok.

Sebanyak 24 peserta menjadi tenant dan membuka booth untuk mengikuti bazaar UMKM. Sedangkan 70 peserta lainnya mengikuti rangkaian sosialisasi yang dihadiri oleh berbagai narasumber yang berpengalaman. Aktivitas tersebut turut mengundang Kemenkeu One Kota Bogor, KPP Pratama Bogor, KPPN Kota Bogor, dan KPKNL Kota Bogor.

UMKM Week Bea Cukai Bogor menjadi bagian dari rangkaian Pekan Raya Bea Cukai (PRBC), yang mana merupakan event nasional dengan mengangkat tema "Bea Cukai Kawan UMKM" dan "Bersama Bea Cukai UMKM Bisa Ekspor.

Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat umum terkait peran Bea Cukai untuk UMKM agar dapat mengekspor produknya. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 9 Agustus 2023 dan bertempat di Bogor Creative Center.

Panitia UMKM Week Bogor dalam sebuah notulen di grup WhatsApp  (data diambil pribadi) mengungkapkan rasa harunya sehubungan dengan telah terselenggaranya kegiatan ini.

Panitia menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para penggiat UMKM atas kehadirannya dalam acara UMKM Week 2023. Bea Cukai Bogor berharap acara UMKM Week 2023 dengan tema “Kontribusi Berkelanjutan Pemuda-Pemudi Indonesia” dapat meningkatkan pemahaman pelaku UMKM agar bisa mengekspor produknya ke mancanegara.

Selain itu, diharapkan dapat memompa roda perekonomian para UMKM dengan terbukanya peluang pasar yang lebih luas.

Belgi Art Gallery mengikuti rangkaian UMKM Week Bea Cukai Bogor | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Sementara itu, Menurut Belgi, salah satu peserta sosialisasi UMKM Week Bea Cukai Bogor, sosialisasi UMKM Week dilaksanakan di kantor Bea Cukai di seluruh Indonesia, dalam pelaksanaanya melibatkan kantor Bea Cukai di masing-masing daerah untuk menjangkau sosialisasi waktu. Adapun untuk tempat pelaksanaaannya, peserta akan beritahukan melalui Instagram masing-masing milik kantor Bea Cukai atau event beacukai.

Menurut Belgi, Sosialisasi Nasional sendiri dilaksanakan di kantor pusat DJBC dengan tema "Logistik dan Pasar Ekspor" dan "UMKM Nasional Bisa Ekspor".

Selain itu, dalam kegiatan UMKM Week event Bea Cukai terdapat berbagai lomba yang dapat diikuti oleh para pelaku UMKM maupun umum. Rangkaian lomba tersebut meliputi :

Lomba Bussiness Proposal

Lomba UMKM Business Proposal adalah sebuah kompetisi membuat proposal mengenai UMKM yang dapat diikuti oleh masyarakat umum dan non-pegawai DJBC. Lomba Bussiness Proposal dilaksanakan secara berkelompok (3-5 orang) dan diikuti oleh UMKM yang belum pernah melakukan ekspor serta mempunyai tujuan untuk ekspor di masa depan. 

Lomba Fotografi

Lomba fotografi dengan tema "Kontribusi Berkelanjutan Pemuda-Pemudi Indonesia" yang dapat diikuti oleh masyarakat umum dan non-pegawai DJBC. 

Lomba Video Iklan Produk UMKM 

Merupakan perlombaan membuat video iklan produk UMKM dengan tema "Kontribusi Berkelanjutan Pemuda-Pemudi Indonesia" yang dapat diikuti oleh masyarakat umum dan non-pegawai DJBC. 

UMKM FAIR

UMKM Fair yang berisikan 50 booth UMKM dari binaan Kemenkeu, binaan sponsor, finalis business proposal sponsor dan klinik ekspor DJBC akan dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal berlangsungnya puncak acara Pekan Raya Bea Cukai (PRBC), pada tanggal 12—14 September 2023.

Semoga, dengan adanya event tahunan UMKM Week yang diselenggarakan oleh Bea Cukai ini, dapat membantu UMKM agar dapat menembus pasar ekspor dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional serta mempercepat UMKM naik kelas.