5 Tips Solo Traveling Buat Kamu Si Jiwa Petualang!

5 Tips Solo Traveling Buat Kamu Si Jiwa Petualang!

Tips Solo traveling | Pexels/Kun Fotografi

Siapa di sini suka jalan-jalan? Ada yang sudah atau hobi solo traveling? Kalau iya, pas banget, nih karena kita akan membahas tips seputar solo traveling buat kamu si jiwa petualang.

Dengar-dengar, bepergian untuk liburan ke suatu tempat sendiri atau solo traveling ini menjadi cara untuk meredakan stres diri, lo. Banyak yang bilang solo traveling merupakan cara tepat bagi kita untuk self healing karena tidak mengajak orang lain dan akan bertemu teman baru di perjalanan.

Solo traveling terdengar begitu asyik, ya SohIB. Namun, ternyata bepergian sendiri membutuhkan keberanian serta persiapan yang matang, lo. Bahkan bagi yang sudah terbiasa solo traveling, juga harus punya bekal dan persiapan.

Eh, tapi bepergian sendiri tidak seseramkan itu, kok. Justru jadi ajang mengumpulkan motivasi dan kecekatan saat berhadapan di medan perjalanan yang terkadang tidak sesuai rencana.

Apalagi saat kita berinteraksi dengan banyak orang baru, meskipun tidak semuanya orang baik, tetapi paling tidak kita belajar cara menerima dan menyikapinya. Supaya menjadi perjalanan yang menyenangkan, kamu harus menyiapkan berbagai kebutuhan. Mulai dari persiapan fisik, jadwal, keuanganan, akomodasi, transportasi, hingga rencana cadangan. Lebih jelasnya, yuk simak tips solo traveling di bawah ini!

1. Riset Persiapan dan Kebutuhan Perjalanan

Riset persiapan perjalanan
Riset persiapan perjalanan | Pexels/Cottonbro Studio

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum solo traveling adalah melakukan riset persiapan dan kebutuhan perjalanan. Riset dibutuhkan seseorang untuk melakukan pencarian dan menemukan solusi terbaik dalam menyiapkan kebutuhan perjalanan. Jadi nggak asal menentukan dan malah membuat boros uang juga waktu.

Caranya tidak sulit, kok. Misalnya, kamu bisa komparasi transportasi dan akomodasi yang sesuai. Kemudian, jangan lupa riset juga mengenai tujuan wisata, kebutuhan uang yang harus disiapkan, dan kuliner yang bisa kamu kunjungi. Berdiskusi dengan teman yang pernah berkunjung ke tempat liburan tersebut, bisa membantu kita mendapatkan ulasan jujur dari pengalamannya.  

Rekomendasi 5 Wisata Seru di Jawa Timur

2. Buat Jadwal Perjalanan dan Daftar Kebutuhan

Jadwal perjalanan
Jadwal perjalanan | Pexels/Natalia Vaikevich

Setelah melakukan riset persiapan dan kebutuhan perjalanan, jangan lupa untuk menentukan jadwal dan membuat daftar kebutuhan yang harus dibawa. Tujuannya, supaya kamu lebih bisa menikmati dan nggak bingung dalam perjalanan.

Perlu diingat bahwa itinerary penting untuk dibuat agar kita lebih jelas dan terarah. Jangan menganggap bepergian sendiri itu bebas tanpa rencana, itu salah besar.

Dengan bepergian tanpa rencana, solo traveling kamu yang awalnya bertujuan untuk meredakan stres, justru menambahnya karena tersesat atau kekurangan kebutuhan saat di perjalanan. Maka dari itu, buatlah rencana perjalanan yang matang, tetapi bersifat fleksibel dan adaptif, ya!

3. Memesan Akomodasi dan Transportasi Terpercaya

Pilih akomodasi dan transportasi terpercaya
Pilih akomodasi dan transportasi terpercaya | Pexels/Daniel Frese

Ada yang tak kalah penting dari menyiapkan rencana perjalanan, kamu juga harus memesan akomodasi serta transportasi terpercaya. Mengingat kamu pergi sendiri, jadi pastikan bahwa apa yang kita pilih, dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Dengan memesan akomodasi dan transportasi dari jauh-jauh hari, tentu akan memberikan ketenangan dalam hati kita, bukan?

Namun, jika kamu dihadapkan dengan kondisi mendadak tidak dapat akomodasi aman, tetaplah tenang dan cobalah berinteraksi dengan penduduk lokal untuk menanyakan penginapan atau bertanya kemudahan akses transportasi. Bersikaplah ramah dan jangan menunjukkan kepanikan atau pamer sesuatu.

4. Pastikan Membawa Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen perjalanan
Ilustrasi dokumen perjalanan yang harus dibawa | Pexels/Natalia Vaikevich

Selain memesan akomodasi dan transportasi dari jauh-jauh hari, jangan lupa pastikan kamu membawa dokumen yang dibutuhkan, ya SohIB! Seperti Kartu Tanda Penduduk, paspor, visa, dan pastinya kartu member restoran supaya dapat diskon, hehe. Untuk membawa dokumen ini, sangat penting diperhatikan meletakkannya.

Sebagai solusi, kamu bisa membawa dua tas selama solo traveling. Tas pertama adalah tas ransel untuk kebutuhan pakaian, alat mandi, dan makanan. Kemudian, tas kedua adalah tas yang lebih kecil, seperti sling bag yang dapat digunakan untuk menyimpan dompet dan dokumen penting. Pastikan tas kedua yang berisi barang berharga selalu bersamamu saat di tempat umum dan diletakan di bagian depan, ya.

Cara Membuat Paspor Anak, Mau Liburan Kemana, Nih?

5. Memakai Setelan Pakaian dan Tas yang Nyaman

Ilustrasi setelan dan tas yang nyaman
Ilustrasi setelan dan tas yang nyaman | Pexels/Eric Dekker

Tips solo traveling yang kelima adalah memakai setelan pakaian dan tas nyaman. Terkesan remeh, tetapi ini penting, lo SohIB! Dengan memakai setelan dan menggunakan tas yang nyaman, tentu akan memudahkanmu dalam bergerak dan tidak mengganggu aktivitas solo traveling kamu. Nyaman juga maksudnya bersifat efektif dan efisien digunakan tanpa ribet!

Itu dia lima tips solo traveling yang bisa kamu terapkan. Mulai dari melakukan persiapan, bekal, hingga rencana harus kamu perhitungkan. Jadikan bepergian sendiri kamu menjadi menyenangkan dan penuh pembelajaran dengan persiapan yang matang. Selamat berlibur dan semoga tetap sehat bagi SohIB yang ingin mencoba!