4 Tips Perjalanan Kereta dari Stasiun Tangerang ke Stasiun Jurangmangu

4 Tips Perjalanan Kereta dari Stasiun Tangerang ke Stasiun Jurangmangu

Ilustrasi perjalanan kereta | Source : pikisuperstar di Freepik

Halo SohIB, apakah kalian menggunakan kereta api sebagai transportasi utama ? Di perkotaan berbagai angkutan umum relatif mudah untuk ditemui. Angkot, bus, dan kereta api merupakan angkutan umum yang siap melayani penggunanya setiap hari.

Setiap angkutan umum memiliki rute yang berbeda-beda. Kereta api menjadi salah satu alternatif pilihan angkutan umum yang murah dan nyaman. Telah dilakukan pemisahan gerbong kereta khusus perempuan di gerbong pertama dan gerbong terakhir kereta yang menunjang keamanan dan kenyamanan perempuan.

Gerbong kereta api yang dilengkapi dengan Air Conditioner (AC) bertujuan untuk menambah kenyamanan saat perjalanan. Di dalam kereta dan sekitar stasiun ditugaskan satpam untuk menambah keamanan dalam perjalanan. Pengunjung bisa bertanya langsung kepada satpam atau petugas informasi mengenai rute kereta dan jadwal. Namun, pengunjung juga dapat mengunduh aplikasi KAI Access di ponsel masing-masing. 

Perjalanan dari Stasiun Tangerang sampai ke Stasiun Jurangmangu harus transit dua kali di Stasiun Duri dan Stasiun Tanah Abang. Pemilihan gerbong saat menggunakan kereta api sangat berpengaruh terhadap waktu tempuh perjalanan.

Hal tersebut terjadi karena antrian saat menggunakan tanggal manual dan eskalator pada jam pergi dan pulang kerja lumayan padat. Terdapat beberapa tips dan trik yang dapat diterapkan untuk mempermudah perjalanan dari Stasiun Tangerang ke Stasiun Jurangmangu:

Ilustrasi kereta | Source : pikisuperstar di Freepik

1. Perhatikan jadwal kereta dan waktu tempuh ke stasiun

Tentunya sebagai pengguna layanan, pastinya akan mencari stasiun terdekat dari rumah serta mempertimbangkan kendaraan menuju stasiun. Memperkirakan waktu tempuh ke stasiun menjadi hal yang penting, loh. Tentunya kita ingin sampai ke tujuan tepat waktu oleh karena itu penting banget agar kita dapat memilih jadwal kereta agar sampai tujuan dengan tepat waktu. 

2. Dari Stasiun Tangerang pilih gerbong ke-4 dari depan

Di Stasiun Tangerang, kereta yang akan berangkat bisa berangkat dari peron 1, 2, 3, atau 4. Gerbong yang paling dekat dengan eskalator yaitu gerbong 4 dari depan arah kereta melaju.

Pemilihan gerbong yang tepat dapat mempercepat transit ke peron jalur 2. Namun, jika gerbong kereta ke-4 sangat penuh, ada baiknya untuk memasuki gerbong lainnya demi kenyamanan dan keamanan dalam perjalanan.

3. Di Stasiun Duri pindah peron 2 dan pilih gerbong ke-3 dari belakang

Perjalanan menuju Stasiun Jurangmangu mengharuskan pengunjung untuk transit sekali lagi di Stasiun Tanah Abang. 3 Gerbong dari belakang mempermudah untuk menaiki eskalator dan tangga manual, lalu berpindah ke peron 5 atau 6. 

4. Di peron 5 atau 6 Stasiun Tanah Abang ambil 2 gerbong paling belakang arah jalan kereta

Peron 5 dan 6 di Stasiun Tanah Abang memang dikhususkan untuk kereta dengan rute Tanah Abang sampai Rangkasbitung. Kalian bisa bertanya kepada petugas terkait kereta di peron berapa yang akan berangkat terlebih dahulu.

Bagi perempuan dapat memasuki gerbong paling belakang dan bagi laki-laki dapat menaiki gerbong depannya. Menaiki dua gerbong terakhir dari arah jalannya kereta agar tidak berjalan terlalu jauh menuju pintu keluar Stasiun Jurangmangu. Terdapat dua pintu keluar Stasiun Jurangmangu yaitu pintu keluar yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan SohIB.

Itulah 4 tips perjalanan naik kereta dari Stasiun Tangerang ke Stasiun Jurangmangu, semoga dapat membantu perjalanan kalian. Hati-hati saat masuk dan keluar gerbong kereta serta perhatikan barang-barang kalian ya, SohIB.