Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi, Aman dari Kemacetan dan Kecelakaan!

Tips Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi, Aman dari Kemacetan dan Kecelakaan!

Mudik Lebaran 2023 | Unsplash (Ujuk Safar)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB! Tak terasa momen lebaran sudah di depan mata. Sudah siap-siap untuk mudik? Sudah menyiapkan segala kebutuhan perjalanan? Jika sudah, apakah SohIB berencana menggunakan mobil pribadi untuk mudik? Kalau iya, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar perjalanan mudik menjadi aman dan nyaman di jalan.

Kita tahu, mudik selalu identik dengan kemacetan dan kecelakaan di jalan raya. Namun, jangan khawatir, dengan beberapa tips sederhana berikut, SohIB bisa menghindari semua itu. Jangan sampai momen lebaran kamu terganggu hanya karena terjebak macet atau bahkan mengalami kecelakaan di jalan raya, ya. Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui tips mudik lebaran dengan mobil pribadi yang aman dari kemacetan dan kecelakaan!

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Ilustrasi mudik lebaran menggunakan mobil pribadi
Mudik lebaran menggunakan mobil pribadi | Freepik (jcomp)

Menurut data dari Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, di tahun ini, tercatat 27,32 juta orang akan menggunakan mobil pribadi sebagai sarana mudik lebaran. Angka ini bahkan di prediksi oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meningkat sebanyak 44,79 persen dari tahun lalu. Sangat banyak, bukan?

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT, Soerjanto Tjahjono, membagikan 2 tips untuk masyarakat yang akan menggunakan mobil pribadi sebagai transportasi mudik, antara lain:

Memastikan Keadaan Mobil dan Ban dalam Kondisi Baik

Sebelum memulai perjalanan mudik, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Periksa semua bagian penting seperti rem, kaki-kaki, ban, dan lampu kendaraan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Selain itu, pastikan juga oli mesin dan air radiator berada pada level yang cukup, yaa!

Menjaga Kesehatan dan Tidak Memaksa Berkendara Jika Mengantuk

Beristirahat jika mengantuk di jalan
Beristirahat jika mengantuk di jalan | Freepik (Drazen Zigic)

Salah satu penyebab kecelakaan yang paling banyak di jalan raya adalah karena mengantuk. Sehingga sangat penting untuk memastikan semua anggota keluarga, terutama yang akan menyetir mobil dalam keadaan sehat dan cukup tidur. Terlebih perjalanan mudik menggunakan mobil biasanya memakan waktu yang cukup lama. Karena itu, cobalah untuk beristirahat sejenak setidaknya 2—3 jam sekali. Alangkah baiknya jika yang menyetir mobil tidak hanya 1 orang saja ya SohIB, agar bisa bergantian jaga!

Selain 2 tips dari ketua KNKT tersebut, ada beberapa tips lainnya yang bisa SohIB lakukan juga, lo, berdasarkan infografis di indonesiabaik.id, yaitu:

Sedia Makanan dan Minuman Secukupnya

Selain mempersiapkan kondisi mobil sebelum mudik, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan membawa makanan dan minuman yang cukup. Kenapa, tuh? Karena saat mudik, biasanya banyak rest area sangat padat dan tidak nyaman untuk beristirahat atau makan. Dengan membawa bekal dari rumah, SohIB bisa menghemat waktu dan uang.

Tapi, jangan membawa terlalu banyak makanan dan minuman ya, SohIB. Selain berat dan memakan tempat, makanan yang terlalu banyak juga bisa membuat kenyang dan mengantuk saat mengemudi. Pilihlah makanan dan minuman yang praktis dan tidak mudah rusak seperti roti, biskuit, buah-buahan, air mineral, atau minuman isotonic, ya!

Tidak Membawa Barang Bawaan Melebihi Batas

Barang bawaan mudik tidak berlebihan
Barang bawaan mudik tidak berlebihan | Freepik (DCStudio)

Kali ini kita akan bahas tentang pentingnya memperhatikan barang bawaan yang dibawa saat mudik. Bawaan yang terlalu banyak dan melebihi batas kapasitas mobil bisa menimbulkan beberapa masalah, lo. Seperti membuat mobil tidak seimbang, meningkatkan risiko kecelakaan, serta mengganggu kenyamanan penumpang di dalam mobil.

Oleh karena itu, pastikan hanya membawa barang yang benar-benar diperlukan untuk agar tidak melebihi kapasitas mobil. Aturlah agar barang bawaan dengan rapi agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang mobil, ya! Jangan sampai kamu mengorbankan kenyamanan keluarga di dalam mobil, hihihi.

Memastikan Uang tunai dan Saldo E-toll Cukup

Pastikan bahwa kamu sudah mengisi ulang saldo e-toll dan menyiapkan uang tunai terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Hal ini bisa mengakibatkan SohIB kesulitan keluar tol, dan dapat menyebabkan macet.

Selain itu, membawa uang tunai juga sangat penting karena kita akan membutuhkannya untuk bayar parkir atau hendak membeli sesuatu. Siapkan uang tunai dengan berbagai macam pecahan untuk memudahkan kamu, yaa! Simpanlah di dompet atau tempat lainnya yang aman serta mudah dijangkau saat kamu membutuhkannya.

Itulah beberapa tips mudik lebaran dengan mobil pribadi yang bisa SohIB terapkan untuk perjalanan yang lebih aman dan nyaman. Dengan membuat persiapan yang matang, dijamin deh perjalanan mudik lebaran tahun 2023 ini pasti akan lancar dan aman. Jangan lupa selalu patuhi aturan lalu lintas dan jangan tergesa-gesa, ya! Happy holiday SohIB!