5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

5 Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat

Tips ampuh menurunkan berat badan | Sumber: Freepik

Kelebihan berat badan tentu tidak hanya berdampak pada masalah kesehatan saja, melainkan juga pada penampilan yang membuat kepercayaan diri menurun. Hal tersebut membuat kebanyakan orang memilih berbagai macam cara untuk mendapatkan hasil yang signifikan dalam menurunkan berat badan.

Faktor seseorang yang memiliki kelebihan berat badan disebabkan oleh terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun, kalori yang masuk tidak sebading dengan yang dikeluarkan, sehingga terjadinya penumpukan kalori dan berubah bentuk menjadi lemak.

Banyak orang yang memilih untuk mengurangi berat badan dengan cara melalukan diet. Berbagai macam alternatif penerapan diet, mulai dari hanya mengonsumsi buah dan sayur, mengurangi porsi makan harian, mengatur waktu makan, mengkonsumsi segala jenis produk diet, bahkan sampai melakukan operasi sedot lemak. 

Lalu, bagaimana cara ampuh untuk menurunkan berat badan yang sehat dan aman tanpa efek sampingnya?

https://www.freepik.com/free-photo/portrait-sports-man-measuring-his-waist-with-tape_7855349.htm#query=diet&position=19&from_view=search&track=sph
Tips Diet | Source : Freepik (drobotdean)

Tidak Makan Pagi (Puasa)

Sebagian orang yang ingin melakukan diet, mereka tidak mengerti bagaimana cara mengatur pola makan. Pentingnya mengartur pola makan saat diet agar kalori yang masuk tidak berlebihan.

Atur Jendela Makan

Kebanyaan orang, tidak melakukan aktivitas makan hanya pada saat mereka tertidur. Dapat disimpulkan bahwa dalam satu hari mereka tidak makan hanya 30% dan 70% mereka makan. Hal ini tentu akan memicu penumpukan lemak setiap harinya terus bertambah. Perlunya mengatur jendela makan untuk defisit kalori.

Mengontrol Karbohidrat yang Masuk

Jadi pada jendela makan yang dilakukan, kita dapat memiliki kemampuan untuk makan dalam porsi yang kita sanggupi. Namun, kunci dari point ke 2 ini adalah pada mengontrol karbohidrat yang masuk meliputi jumlah maupun sumbernya. 

Maka dari itu, pilihlah sumber karbohidrat yang alami yang memiliki kandungan gula dan serat, seperti sayur - sayuran, ubi, kentang, dan lainnya agar potensi penyimpanan pada sel lemak menjadi lebih kecil. 

Prioritaskan Pada Protein

Protein dapat meningkatkan rasa kenyang lebih cepat serta mampu mempertahankan rasa kenyang dalam waktu yang lama.

Pilih Lemak Alami

Lemak alami berasal dari protein, yang dapat diperoleh jika memakan seperti ayam, ikan, kambing, sapi, dan lainnya. Lemak alami yang datang dari protein adalah sumber lemak yang baik. Namun, protein tersebut menjadi tidak optimal jika disajikannya dengan cara di goreng.

Dikarenakan jika pengelohan dalam suhu panas yang tinggi, justru akan merusak kadar protein tersebut. 

Olahraga Sebelum Berbuka

Dengan melakukan olahraga sebelum berbuka / makan akan meningkatkan akselerasi pada puasa itu sendiri. Jika telah melalui proses puasa selama kurang lebih 12 jam, badan akan memakai lemak sebagai sumber tenaga. Pada saat melakukan olahraga sebelum berbuka akan menciptakan stress by design.

Pada saat itulah terjadi hormonal stress dapat digolongkan sebagai katekolamin yang akan mengaktivasi hormon sensitif lipase sight dimana badan akan menggunakan lemak sebagai sumber tenaga lebih optimal.

Maka dari itu, pada saat tidak melakukan olahraga, badan sudah membakar banyak, apalagi jika ditambah dengan olahraga, tentu pembakaran lemak akan lebih cepat dan optimal.

Jadi, dari 5 tips di atas dapat dipilih salah satu, hanya memilih melakukan 3 saja, bahkan mevariasikan antara nomor 1, 2 dan 5 untuk dicoba juga dipersilahkan.

Tentu cara-cara ini harus diimbangi dengan kondisi tubuh masing - masing, dimulai dari mengatur pola tidur yang teratur, memperbanyak minum air putih, dan juga dilakukan dengan konsisten. 

Jangan lupa jangan kesehatan ya, SohIB!