Tips untuk Meningkatkan Performa Bisnis Kamu, Anti Stuck!

Tips untuk Meningkatkan Performa Bisnis Kamu, Anti Stuck!

Tips ini mampu meningkatkan performa bisnis kamu! | Sumber: (Foto: pixabay/StockSnap)

Setiap pebisnis pasti ingin selalu mengalami peningkatan dalam bisnis yang sedang dijalaninya. Namun, banyak pengusaha yang justru mengalami kondisi "stuck" dalam bisnisnya dikarenakan persaingan bisnis yang sangat ketat dan kurang beradaptasi terhadap perkembangan zaman untuk memenuhi keinginan konsumen.

Seiring dengan percepatan teknologi, mengharuskan pebisnis untuk melakukan perubahan terhadap cara pemasaran dari konvensinonal ke digital. Pengguna internet yang mencapai 4,95 miliar orang di seluruh dunia memicu pesatnya pertumbuhan pada transaksi online.

Kelebihan Digital Marketing untuk Bisnis

Tujuan dari pemasaran digital adalah untuk memudahkan kegiatan promosi dengan efektif dan efisien tanpa harus bertemu dengan calon konsumen.

Berikut alasan kelebihan digital marketing untuk bisnis, SohIB:

1. Menjangkau target lebih luas dan terperinci

Seiring perkembangan jaman, tindakan promosi bisa melalui internet tanpa harus menggunakan media seperti brosur, koran, bahkan baliho yang memerlukan banyak biaya serta belum tentu mendapatkan target sesuai pasar yang kita inginkan. Dengan digital marketing, kita dapat menentukan target pasar serta tidak perlu memerlukan biaya yang besar untuk melakukan promosi tersebut.

Digital marketing merupakan sebuah metode yang sangat tepat karena dapat bisa menjangkau calon customer tidak hanya lokal saja, bahkan berbagai belahan dunia sekalipun.

2. Lebih Efektif dan Efisien

Setelah memulai menjalankan promosi online, tidak memerlukan waktu yang lama untuk melihat hasil tersebut. Dengan cepatnya memperoleh hasil, tentu akan memudahkan kita melakukan evaluasi serta analisis pemasaran untuk membuat strategi marketing selanjutnya. Hal ini berdasarkan hasil data - data yang sudah didapat dari kampanye pemasaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

3. Meningkatkan Reputasi Brand dan penjualan

Luasnya jangkauan pasar dari digital marketing tentu akan memberikan dampak besar untuk meningkatkan brand lebih banyak diketahui kepada calon customer. Hal tersebut pasti akan berdampak pada peningkatan penjualan.

Semakin brand dikenal banyak orang, tentu akan membuat calon customer semakin yakin bahwa barang maupun jasa yang kita jual berkualitas.

https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-tangan-kreatif-meja-tulis-6476589/
Jenis - Jenis Platform Digital Marketing | Source : Pexels (Mikael Blomkvist)

5 Jenis Platform untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Terdapat beberapa macam platform digital yang bisa digunakan sebagai sebuah tempat untuk mempromosikan brand bisnis agar mendapatkan calon customer.

Berikut platform yang dapat digunakan untuk meningkatkan performa bisnis SohIB:

1. Facebook

Platform Facebook yang didirikan oleh Marzk Zuckerberg hingga kini masih tetap banyak pengguna meskipun telah berusia puluhan tahun. Inovasi yang selalu dilakukan serta selalu up-to-date mengenai pembaharuan fitur, menjadikan Facebook masih menjadi platform media yang masih dilirik oleh peminatnya.

Aplikasi tersebut juga saat ini memiliki fitur iklan serta toko yang memudahkan untuk menjalani proses pemasaran produk secara online. 

2. Instagram

Diakuisisinya Instagram oleh Facebook menjadi satu perusahaan yang bernama Meta, menjadikan penggunaan dua media sosial ini menjadi lebih praktis. Berbeda dengan Facebook, Instagram lebih berfokus pada sebuah konten visual seperti video atau foto, sedangkan 'kakaknya' lebih bervariasi seperti teks, foto, video, maupun tautan.

Instaram juga menyediakan beberapa fitur terbaru, seperti Instagram Shopping yang dilengkapi dengan fitur analisis data untuk mempermudahkan dalam evaluasi performa bisnis kamu.

3. E- Commerce

Hadirnya platform pemasaran digital seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan sebagainya, kini semakin memudahkan dalam transaksi antara penjual dan pembeli.

E-commerce juga memiliki fitur yang membuat brand kamu lebih mudah dilihat oleh calon customer kamu, lho!

4. TikTok

Platform media satu ini masuk ke dalam Indonesia tergolong masih baru, dimulai pada September 2017. Namun, inovasi serta fitur - fitur yang terdapat pada aplikasi TikTok ini mampu dengan mudah menaikkan sebuh brand.

Caranya adalah menggunakan promosi berupa video serta disertai dengan musik yang selalu up-to-date. Dengan demikian, aplikasi ini sangat efektif dalam promosi online marketing.

5. YouTube

Hampir semua kalangan usia menggunakan platform media satu ini. Banyak lo, public figure maupun tokoh penting menggunakan YouTube. Hal ini ditujukan untuk membangun serta memudahkan untuk mempromosikan brand.

Demikian beberpa tips agar meningkatkan performa bisnis kamu. Kelima platform digital marketing tersebut hanyalah sebuah alat bantu untuk mempermudah dalam melakukan kegiatan promosi online.