Tips Menggunakan Sunscreen yang Perlu Kamu Tahu!

Tips Menggunakan Sunscreen yang Perlu Kamu Tahu!

Jangan abaikan manfaat sunscreen untuk kulit kita | Sumber: Unsplash (Lina Verovaya)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

SohIB sering mendengar nggak, banyak orang yang mengatakan kalau pakai sunscreen itu wajib hukumnya? Jawabannya adalah benar, karena itu akan lebih baik daripada tidak sama sekali.

Faktanya, penggunaan sunscreen disarankan untuk semua orang, baik laki-laki maupun perempuan, kecuali anak usia kurang dari 6 bulan. Penggunaannya sangat direkomendaikan teruntuk kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan alias outdoor!

Buat kamu yang masih baru di dunia skincare atau mau tahu lebih banyak tentang serba-serbi penggunaan sunscreen, simak penjelasannya pada artikel ini, ya!

Manfaat Penggunaan Sunscreen

Salah satu manfaat menggunakan sunscreen adalah mengurangi risiko kanker kulit

Kurangi risiko kanker kulit dengan menggunakan sunscreen | Sumber: Pexel (Tara Winstead)

Kulit merupakan organ pelindung tubuh bagian luar yang berperan menjaga tubuh dari paparan sinar matahari, tetapi kita tidak bisa hanya mengandalkannya sebagai pelindung. Kulit juga butuh proteksi tambahan dengan cara menggunakan sunscreen, berikut beberapa manfaatnya:

  1. Melindungi dari Sinar Ultraviolet

    Tabir surya akan menghalangi kulit terkena sinar ultraviolet yang berbahaya sehingga terhindari dari kemungkinan terjadinya kulit terbakar atau sunburn.

  2. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

    Penggunaan sunscreen diketahui berdampak pada pengurangan risiko kanker kulit melanoma dan sel skuamosa.

  3. Mencegah Penuaan Dini Kulit

    Kulit yang rusak akibat papasan sinar UV dapat menyebabkan kulit tebal dan kasar, berubah warna, kerusakan kolagen, kendur, dan kerutan.

  4. Mengurangi Munculnya Sunspots

    Sunspots atau bintik matahari ini muncul karena hiperpigmentasi kulit yang menyebabkan beberapa bagian wajah memiliki warna cokelat yang berbeda.

Pakai Setiap Hari Boleh Nggak?

Sebaiknya gunakan sunscreen setiap hari

Sunscreen boleh dipakai setiap hari | Sumber: Pexels (Yan Krukov)

Menggunakan tabir surya pada area yang terkena paparan sinar matahari setiap hari itu penting dan tidak berlebihan, lo. Dilansir dari Healthline, dokter kulit menyatakan bahwa sinar ultraviolet matahari sangat kuat, sampai-sampai dengan hanya 15 menit di luar ruangan saja sudah cukup berpotensi menyebabkan kerusakan kulit, bahkan bisa jadi kanker kulit dalam jangka waktu panjang.

Banyak rekomendasi telah menyebutkan untuk mengaplikan ulang tabir surya kira-kira dua jam sekali. Faktanya, studi eksperimental memperoleh hasil bahwa sunscreen masih bertahan selama 8 jam setelah satu kali aplikasi. Oleh karena itu, tidak perlu mengikuti saran lama tersebut, ya! Meskipun begitu, pengaplikasiannya disarankan lebih sering ketika berkeringat, terendam air, atau tergeser oleh pakaian, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Sunscreen

Ada berbagai macam jenis sunscreen yang dijual secara luas. Banyaknya pertimbangan tentu harus dipikirkan agar kita bisa menggunakan tabir surya secara bijak. Berikut jenis-jenis sunscreen yang perlu kamu perhatikan:

  1. Water-resistant sunscreen, lebih cocok jika kamu memiliki aktivitas yang mayoritas berada di dalam air.
  2. Spray sunscreen, merupakan salah satu yang paling populer dan dianggap lebih efisien karena hanya perlu menyemprotkannya saja.
  3. Broad-spectrum sunscreen, ini artinya tabir surya tersebut dapat menghalangi sinar UVA dan UVB sehingga menjadi pilihan yang baik.
  4. All-natural sunscreen, bahan dasarnya adalah mineral contohnya dari minyak zaitun atau minyak kelapa.

SPF pada Sunscreen

Perlindungan lebih tinggi dengan SPF yang lebih tinggi

SPF tinggi lebih baik | Sumber: Pexel (Tara Winstead)

Sun Protection Factor alias SPF merupakan kemampuan sunscreen untuk melindungi bagian tertentu dari sinar ultraviolet (UV). Lebih gampangnya, yaitu untuk menghalangi kulit dari radiasi matahari.

Terdapat 3 macam sinar ultraviolet, yakni sinar UVA yang menyebabkan penuaan kulit (kendur dan kerutan), sinar UVB yang bertanggung jawab atas terjadinya sunburn, kanker kulit, dan sinar UVC yang tidak melewati atmosfer bumi.

Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30. Jika Sobat SohIB berkegiatan di luar ruangan atau duduk di dekat jendela yang terkena sinar matahari, pilihlah SPF 50-60. Tingkatkan jumlah SPF seiring dengan besarnya kemungkinan kamu terkena radiasi. Karena faktanya, banyak orang tidak mengoleskan sunscreen sebanyak yang seharusnya, sehingga SPF yang lebih tinggi akan mengkompensasi pengurangan aplikasi tersebut.

SPF bekerja untuk memperluas pertahanan alami kulit dari paparan sinar matahari. Contohnya, pada penggunaan sunscreen SPF 50 akan memberikan perlindungan 50 kali lebih banyak daripada tidak menggunakan tabir surya sama sekali.

Nah, itu dia serba-serbi penggunaan sunscreen yang perlu kamu ketahui. Menggunakan sunscreen itu tidak hanya berdasarkan anjuran dari orang-orang. SohIB juga perlu tahu bagaimana sih, seluk beluknya. Tujuannya adalah agar kebermanfaatannya lebih baik dan atas pertimbangan yang bijak dong, pastinya!

Jadikan sunscreen sebagai bagian dari morning routine kamu karena nggak cuma hati aja yang perlu dijaga, kulit juga, ya!

Tertarik dengan artikel-artikel menarik lainnya? Cuss kunjungi sohib.indonesiabaik.id sekarang. Ada banyak artikel informatif nan keren yang harus banget kamu baca!