5 Tips Mengatasi Insomnia, Ampuh Banget!

5 Tips Mengatasi Insomnia, Ampuh Banget!

Ilustasi sulit tidur | Sumber: Pexels.com

Tidur merupakan aktivitas untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Semua makhluk hidup di dunia ini memerlukan tidur tak terkecuali manusia. Setelah sibuk melakukan aktivitas selama seharian, maka tidur menjadi hal yang harus dilakukan untuk menghilangkan rasa lelah dan penat.

Namun terkadang, meskipun kita sudah merasa lelah dan begitu membutuhkan tidur tetapi sulit bagi kita untuk terlelap. Berbagai macam posisi mungkin SohIB telah lakukan, seperti menghadap ke kanan, ke kiri, memeluk guling, dan lain sebagainya. Akan tetapi, tetap tak kunjung tertidur.

Tahukah kamu, tidak selamanya susah tidur itu adalah insomnia! Dilansir dari hellosehat.com, kesulitan tidur bukan berarti kamu mengidap insomnia. Kesulitan tidur dapat dikatakan sebagai insomnia apabila berdampak negatif pada kehidupan sosial sehari-hari.  Namun, terlepas dari itu, berikut 5 cara yang dapat SohIB lakukan ketika mengalami kesulitan untuk tidur.

1. Kurangi Bermain Gadget

Bermain gadget menjelang tidur membuatmu kesulitan terlelap | Sumber: Pexels.com

Hal yang pertama harus kamu lakukan ketika sulit tidur adalah tidak memainkan gadget-mu. Kebiasaan bermain gadget menjelang waktu tidur dapat menyebabkan kamu kesulitan untuk tidur. Diwartakan dari halodoc.com, ketika SohIB terbangun di pagi hari, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Hormon ini membuat kamu terjaga selama beraktivitas hingga menjelang sore hari.

Ketika malam hari, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang dapat menyebabkan seseorang merasa lebih rileks hingga akhirnya mengantuk. Bermain gadget seperti komputer atau HP yang memancarkan cahaya gelombang pendek yang biasanya disebut blue light membuat produksi hormon melatonin menurun sehingga mengurangi rasa ngantuk.

2. Kurangi Konsumsi Kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat mengurangi rasa ngantuk | Sumber: Pixabay.com

Jika kamu kesulitan tidur di malam hari, mungkin saja kamu telah mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Umum kita ketahui bahwa minuman yang memiliki kafein adalah kopi. Dengan asupan kafein yang dikonsumsi dapat memblokir zat kimia di dalam otak yang bernama adenosis.

Adenosin ini ketika menumpuk dapat menyebabkan kita mengantuk. Sama halnya dengan blue light, kafein dapat mengurangi rasa ngantuk karena menghambat penumpukan adenosin.

Dikutip dari kompas.com, Jika kamu terlanjur mengonsumsi kopi sebelum tidur, maka minum seduhan chamomile atau lavender dapat membantu mengatasi susah tidur setelah minum kopi. Hal tersebut dapat terjadi karena chamomile dan lavender memiliki kandungan zat yang membuat pikiran menjadi rileks, sehingga kamu dapat merasa mengantuk.

3. Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi dengan air hangat membuatmu lebih rileks | Sumber: Pixabay.com

Cara yang ketiga yang dapat SohIB lakukan ketika susah tidur adalah mandi menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat memiliki manfaat menurunkan ketegangan otot setelah beraktivitas. Tidak hanya itu, mandi dengan air hangat membuat kamu merasa lebih rileks. Setelah mandi, tubuh akan berusaha untuk menurunkan suhu tubuh sehingga membuat kamu lebih mudah untuk tidur. 

4. Dengarkan Musik

Ilustrasi mendengarkan musik sebelum tidur | Sumber: Freepik.com

Cara ampuh lainnya untuk mengatasi sulit tidur di malam hari adalah mendengarkan musik dengan beat yang lambat, sekitar 60 BPMs (beat per menit). Penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik santai dapat mengurangi pikiran yang stres dan mengatasi masalah sulit untuk tidur. Tidak hanya itu, menurut pakar tidur Michael Breus, terdapat data yang menunjukkan bahwa musik membantu seseorang tertidur. 

5. Baca Buku

Ilustrasi tertidur ketika membaca buku | Sumber: Freepik.com

Selain menambah pengetahuan SohIB, ternyata membaca buku juga dapat membuat kamu mudah tidur lho, SohIB. Otak manusia dapat menjadi lebih rileks ketika membaca buku, hal tersebut membuat tidur menjadi lebih cepat. Membaca buku juga merupakan aktivitas yang memerlukan fokus dan konsentrasi tinggi, karena hal tersebut otak kita akan mudah lelah sehingga membuat kita merasa mengantuk.

Itulah 5 cara yang dapat kamu lakukan ketika kesulitan untuk tidur. Semoga bermanfaat ya, SohIB!