Tidak Hanya Menambah Wawasan, Ini 5 Manfaat Besar dari Membaca!

Tidak Hanya Menambah Wawasan, Ini 5 Manfaat Besar dari Membaca!

Ilustrasi membaca | Sumber: Pixabay.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Pada zaman digital saat ini, membaca tidak hanya identik dengan buku. Hampir semua yang ada di internet  tidak luput dari tulisan. Aksesnya pun juga mudah, asal terhubung dengan jaringan internet, SohIB dapat mengakses banyak tulisan yang ada di internet saat ini. Kita semua sepakat bahwa membaca adalah kegiatan yang positif untuk mengisi waktu kosong, tapi kita semua tahu bahwa Indonesia masih memiliki tingkat literasi yang rendah.

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menempati peringkat ke 62 dari 70 negara, atau merupakan 10 negara terbawah yang memiliki tingkat literasi rendah. Namun pada tahun 2022, indeks literasi digital Indonesia meningkat.

Dikutip dari Indonesiabaik.id, indeks literasi digital Indonesia pada 2022 berada di level 3,54 poin dari skala 1-5. Indeks tersebut naik 0,05 poin dibanding 2021 yang masih berada di level 3,49. Bahkan jika dibandingkan pada 2020, angkanya naik 0,08 poin. Tentunya ini merupakan kabar baik bagi kita ya SohIB. Namun, kamu tahu nggak, kalau membaca itu tidak hanya untuk menambah wawasan? Kalau SohIB belum tahu, berikut manfaat membaca selain menambah wawasan!

1. Sarana Hiburan

Membaca dapat dijadikan sarana hiburan | Sumber: Pixabay.com

Hiburan tidak hanya didapatkan dari menonton pertunjukan lo, SohIB. Membaca buku dapat dijadikan menjadi sarana hiburan khususnya jika kamu membaca cerpen atau novel. Membaca novel atau cerpen dapat membawamu ke dunia fantasi tanpa perlu keluar rumah. Tentunya hal tersebut dapat menjadi hiburan yang tepat bagi kamu yang anak rumahan.

2. Mencegah Stres

Membaca dapat mencegah dan menurunkan stres | Sumber: Pixabay.com

Dikutip dari Halodoc.com,membaca dapat mencegah dan menurunkan stres bahkan depresi. Stres atau depresi adalah masalah yang berkaitan dengan suasana hati. Orang yang mengidap gangguan ini tentunya tidak dapat menjalani hari dengan baik.

Faktanya, seseorang yang memiliki hobi membaca memiliki risiko lebih kecil untuk mengalami depresi, karena dengan membaca buku dapat menenangkan seperti ketika berolahraga atau mendengarkan lagu favorit, Terdapat banyak bacaan yang dapat menimbulkan rasa bahagia sehingga dapat mengalihkan dari perasaan stres yang kamu alami,

3. Mengatasi Susah Tidur

Atasi gangguan tidur kamu dengan membaca | Sumber: Freepik.com

Masih dari sumber yang sama, dengan membaca buku, otak yang kita miliki dapat menjadi lebih rileks dan membuat tidur menjadi lebih cepat. Apalagi pada zaman sekarang kita sering menghabiskan waktu menatap layar gadget yang membuat tubuh dan pikiran menjadi lelah.

Namun, perlu SohIB ketahui, untuk mendapatkan manfaat  ini lebih baik kamu membaca buku dalam bentuk cetak dan bukan dari gadget, agar kamu dapat merasakan manfaatnya.

4. Membangun Rasa Percaya Diri

Membaca dapat membuatmu percaya diri | Sumber: Freepik.com

Semakin banyak buku yang telah kita baca tentunya makin  banyak kita mendapatkan manfaatnya apalagi terkait pengetahuan. Hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya diri, lo. Kita akan merasa percaya diri karena memiliki banyak pengetahuan, kita tidak menjadi minder ketika lagi berbicara dengan orang lain.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Membaca menyehatkan otak | Sumber: Freepik.com

Membaca dapat dikatakan sebagai olahraga untuk otak. Dikutip dari Perpustakaan.bsn.go.id, saat kita membaca, otak membayangkan berbagai kondisi dan situasi. Membayangkan kondisi dan situasi dari membaca tersebut menjadi tantangan yang baik untuk kesehatan otak.  

Itulah lima manfaat dari membaca selain menambah wawasan, luar biasa bukan? Maka mari kita tingkatkan kemauan dan minat baca kita, ayo, bangun kebiasaan membaca agar kita dapat membangun kualitas bangsa Indonesia dari meningkatkan minat baca kita. Semangat ya, SohIB!