5 Tips Agar Daya Tahan Tubuh Tetap Prima, Awas Musim Hujan!

5 Tips Agar Daya Tahan Tubuh Tetap Prima, Awas Musim Hujan!

5 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh dan imun di musim hujan | Pexels: Nikita Ananjevs

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Mendekati bulan-bulan dengan akhiran 'ber', cuaca mendung disertai hujan mulai sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Tidak hanya gerimis atau rintik-rinting saja, sering kali curah hujan yang turun memiliki intensitas yang cukup tinggi, bahkan juga disertai dengan angin kencang.

Tidak jarang, curah hujan yang tinggi ini bisa menghadirkan bencana alam lainnya, seperti banjir dan tanah longsor.

Salah satu daerah yang beberapa waktu belakangan terakhir terkena dampak hujan tinggi adalah Padang, Sumatera Barat.

Pada 13 Juli 2023 lalu, Kota Padang dilanda hujan deras dengan intensitas tinggi sejak sore hari hingga keesokan paginya.

Hujan deras tersebut membuat beberapa daerah di Kota Padang dilanda banjir dengan ketinggian yang cukup lumayan. Bahkan, sejumlah wilayah yang sebelumnya belum pernah dilanda banjir juga terdampak akibat curah hujan yang sangat tinggi ini.

Mengingat musim hujan yang sudah mulai melanda di negara kita, penting bagi SohIB untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Sebab, bagaimanapun kondisi yang terjadi, aktivitas sehari-hari tentu masih harus tetap dikerjakan agar tidak menumpuk di kemudian hari.

Oleh sebab itu, agar kondisi SohIB tetap prima menghadapi musim hujan, yuk, lakukan lima hal ini agar daya tahan tubuh tetap terjaga! Tentunya, kita juga bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal.

1. Tidur yang Cukup

Tidur merupakan salah satu aktivitas penting yang memberikan dampak besar bagi tubuh manusia. Sama seperti halnya sebuah mesin, jika dipakai terus menerus tanpa diberikan waktu istirahat tentu nantinya akan rusak dan mendatangkan berbagai macam masalah.

Normalnya, seseorang membutuhkan waktu tidur selama tujuh jam atau lebih setiap malamnya. Jika jam tidur tercukupi, kekebalan tubuh otomatis akan meningkat sehingga lebih kebal terhadap penyakit yang mungkin akan menghampiri.

Dikutip dari laman Healthline, sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang tidur kurang dari enam jam sehari akan lebih mudah diserang penyakit dibandingkan yang memiliki waktu istirahat lebih dari enam jam sehari.

Hal ini membuktikan bahwa tidur memberikan peranan cukup penting agar tubuh tetap sehat dan kebal terhadap penyakit.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Hal selanjutnya yang bisa SohIB lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima dikala musim hujan adalah mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Beberapa contoh makanan sehat yang bisa dikonsumsi di antaranya seperti sayur, buah,  maupun makanan nabati lainnya.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada makanan jenis ini akan membantu untuk menetralisir kadar radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, kamu juga bisa memakan suplemen tambahan untuk meningkatkan imun tubuh agar lebih baik lagi.

3. Menjaga Cairan Tubuh

Selain memakan makanan sehat, menjaga cairan tubuh agar tetap terhidrasi juga sangat penting agar kondisi tetap bugar dan prima.

Terkadang, cuaca dingin yang biasanya menghampiri ketika musim hujan seringkali membuat seseorang lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena tidak merasa haus sama sekali.

Padahal, berbagai macam penyakit bisa menghampiri jika kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi. Beberapa dampak negatif yang akan dirasakan jika tubuh kekurangan cairan adalah sakit kepala, kinerja fisik berkurang, mudah hilang fokus, hingga berbagai macam penyakit yang bisa menyerang organ dalam.

Oleh sebab itu, penting untuk tetap menjaga cairan yang ada di dalam tubuh meskipun tidak merasa haus sama sekali.

4. Banyak Bergerak dan Olahraga Ringan

Menjaga tubuh tetap bergerak juga penting agar kondisimu tetap prima. Tidak perlu melakukan kegiatan fisik dengan intensitas tinggi, kamu bisa melakukan olahraga ringan yang dapat dilakukan dimana saja.

Aktivitas fisik ini sangat penting untuk dilakukan, apalagi jika kamu sudah memasuki usia lanjut.

Jika tubuh banyak bergerak dan melakukan aktivitas fisik, sirkulasi darah di dalam tubuh akan meningkat yang akan memberikan dampak bagus pada sistem kekebalan tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Hal terakhir yang penting untuk kamu perhatikan agar kondisi tubuh tetap prima pada musim hujan adalah menjaga kondisi kesehatan mental.

Meskipun kesehatan mental tidak terlihat secara fisik, akan tetapi hal ini seringkali memberikan dampak besar bagi kondisi tubuh.

Jika kondisi mental sedang tidak baik-baik saja, seperti mengalami stress berat, hal ini akan memberikan dampak buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Jadi, penting untuk memperhatikan kondisi mentalmu agar hal tersebut tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh ya, SohIB.