6 Tips Asyik Belajar Sejarah, yuk, Cobain!

6 Tips Asyik Belajar Sejarah, yuk, Cobain!

Buku-buku sejarah | Pexels (Dominika Roseclay)

Sejarah sering kali dianggap sebagai sebuah pelajaran yang sangat membosankan. Tak heran, banyak orang, terutama anak-anak muda, di zaman sekarang sudah tidak tertarik untuk mempelajari sejarah. Padahal, sejarah merupakan hal penting untuk diketahui dan dipelajari oleh siapapun.

Bisa jadi, rasa bosan ketika mempelajari sejarah disebabkan oleh metode belajar yang terlalu kaku. Supaya belajar sejarah menjadi lebih menyenangkan, kita harus menggunakan cara dan media belajar yang kita senangi. Yuk, simak 5 tips asyik belajar sejarah yang tentunya nggak ngebosenin!

1. Menonton Film-Film Sejarah

Menonton film sejarah di TV

Menonton film sejarah di TV | Pexels (cottonbro studio)

Siapa bilang belajar sejarah harus dari buku-buku yang tebal itu? Nggak, ah! Kamu bisa belajar sejarah sambil menikmati hiburan dengan menonton berbagai film tentang sejarah. Mulai saja dengan menonton film tentang peristiwa sejarah yang kamu sukai, entah itu sejarah kerajaan, sejarah militer dan peperangan, sejarah perjuangan kemerdekaan, dan lain sebagainya.

Banyak film sejarah keren yang menyajikan pengetahuan mendalam tentang peristiwa-peristiwa bersejarah dunia dan tokoh-tokoh penting yang terlibat di dalamnya.

Alur dan plot twist di dalam film pastinya seru banget. Tentunya nggak bakal bikin SohIB ngantuk, kok!

2. Mendengarkan Podcast Tentang Sejarah

Mendengarkan podcast sejarah

Mendengarkan podcast sejarah sambil mengerjakan tugas | Pexels (Andrea Piacquadio)

SohIB lebih senang mendengar daripada menonton? Tenang, podcast adalah media yang bisa kamu coba untuk belajar pengetahuan sejarah. Hanya dengan mendengarkan, kamu bisa mendapat berbagai wawasan baru tentang sejarah.

Kamu juga bisa mendengarkan podcast sambil mengerjakan kegiatan-kegiatan lain, seperti membersihkan rumah, mengerjakan tugas dan pekerjaan, atau pun menunggu macetnya jalanan di mobil.

Podcast sejarah seringkali dikemas dengan cerita yang unik dan fakta-fakta menarik yang jarang diketahui. Ada banyak podcast sejarah yang sering membuat konten-konten menarik dengan format audio secara rutin, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Langsung cari-cari, yuk!

3. Membaca Komik atau Buku Animasi Sejarah

Membaca komik sejarah

Membaca komik sejarah | Pexels (Mikhail Nilov)

Membaca buku-buku sejarah yang tebal dan dipadati oleh teks-teks panjang tentunya membuat otak dan mata kita menjadi lelah. Cobalah untuk membaca komik dan buku-buku sejarah yang menggunakan banyak tampilan visual dan ilustrasi yang menarik.

Komik sejarah seringkali mengangkat kisah-kisah epik, peperangan, tokoh-tokoh bersejarah, atau kisah-kisah legendaris dari berbagai zaman dan budaya di dunia. Gambar dan ilustrasi yang ada di dalamnya bisa membuatmu tidak terlalu jenuh ketika membaca. Isi di dalam buku tersebut pun akan lebih mudah untuk dipahami.

4. Berkunjung ke Situs-Situs Sejarah Secara Langsung

Tempat bersejarah

Tempat bersejarah | Pexels (Adrian Campillos)

Belajar melalui buku, film, maupun media-media tidak langsung mungkin masih terasa kurang bagi SohIB yang senang berwisata dan berpergian. Kamu bisa mengunjungi berbagai lokasi-lokasi wisata bersejarah, mulai di daerahmu sendiri, di daerah lain di Indonesia, atau bahkan di luar negeri.

Berwisata sambil belajar sejarah bisa jadi pengalaman bertualang yang sangat seru dan sulit dilupakan. Berada langsung di tempat-tempat yang menjadi saksi bisu atas kejadian penting di dunia akan membuatmu merasa terhubung dengan dunia masa lalu.

Sebagai catatan penting, kamu harus tetap menjaga sikap dan perilaku selama berada di tempat bersejarah ya, SohIB! Hormati dan patuhi aturan yang berlaku di tempat-tempat tersebut.

5. Mengunjungi Museum

Museum sejarah

Museum sejarah | Pexels (Suzy Hazelwood)

Selain mengunjungi lokasi wisata bersejarah secara langsung, kamu juga bisa berkunjung ke museum-museum sejarah. Di museum, SohIB bisa melihat berbagai barang-barang peninggalan sejarah dari beberapa puluh, ratus, bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu. Mulai dari foto, dokumen, artefak, patung, dan koleksi-koleksi keren lainnya.

Biasanya, ada penjelasan dan cerita sejarah dari tiap-tiap koleksi yang bisa kamu baca di berbagai sisi museum.

Menikmati pemandangan barang-barang bersejarah secara langsung sambil berjalan-jalan santai. Dijamin akan jadi pengalaman yang menyenangkan.

6. Menonton Video-Video Pembahasan Sejarah di Media Sosial

Menonton video di laptop

Menonton video-video pembahasan sejarah | Pexels (Andrea Piacquadio)

Di zaman modern ini, media sosial sering kali digunakan sebagai salah satu media untuk menyebarkan ilmu. Kamu bisa menemukan content creator yang membuat konten sejarah dengan cara yang menarik di media sosial, mulai dari YouTube, Instagram, bahkan TikTok.

Ada banyak content creator yang  mengemas video penjelasannya dengan kreatif, beberapa dari mereka menggunakan animasi, ada pula yang menggunakan efek-efek video yang sangat keren.

Video penjelasan sejarah di media sosial umumnya memiliki durasi yang tidak terlalu panjang. Pastinya nggak bikin bosan, deh!

Tips dan cara di atas bisa kamu coba dalam belajar sejarah ya, SohIB. Belajar sejarah bisa seru dan menyenangkan, kok! Asalkan cara, metode, dan media belajar yang kita gunakan sesuai dengan apa yang kita senangi.

Ingat, jangan pernah merasa belajar sejarah itu tidak penting, ya! Seperti kata Bung Karno, “Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!”