Sukses Gelar Santunan Yatim di Bulan Ramadan, Katar Baraya Anom Serahkan LPJ Kepada Donatur

Sukses Gelar Santunan Yatim di Bulan Ramadan, Katar Baraya Anom Serahkan LPJ Kepada Donatur

Penyerahan LPJ kepada Kepala Desa Ciburayut sebagai bagian dari bentuk pertanggung jawaban | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Dalam upaya mewujudkan kesalehan sosial, Karang Taruna Desa Ciburayut telah sukses menggelar kegiatan santunan yatim tahap 1 dengan tema kegiatan Berbagi Kasih di Bulan Suci Ramadan (Bersihan) yang telah dilaksanakan pada bulan suci ramadhan 1444 Hijriah (16/04/2023) dengan memberikan bantuan berupa uang tunai dan bingkisan kepada anak yatim yang berjumlah 70 orang, bertempat di Pondok Pesantren Al-Asmaul Husna, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong - Bogor. 

Ditemui di kediamannya, ketua panitia pelaksana kegiatan, Belgi Alhuda, mengungkapkan bahwasannya kegiatan santunan yatim memang menjadi salah satu agenda rutin yang ada di kepengurusan Karang Taruna Desa Ciburayut di bawah kepemimpinan Mulyadi. 

"Program tersebut terselenggara berkat bantuan serta dukungan semua pihak, maka dari itu kami lampirkan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) kegiatan guna menjalin sinergitas, menjalin kepercayaan dan sebagai bentuk pertanggung jawaban dalam kegiatan Santunan Yatim Karang Taruna Desa Ciburayut dalam program Berbagi Kasih di Bulan Suci Ramadan (Bersihan)," kata Belgi.

Belgi Alhuda pada saat menyerahkan LPJ kepada perusahan yang ada di wilayah Desa Ciburayut | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Lebih jauh dirinya mengucapkan rasa syukur serta berterima kasih kepada seluruh stackholder yang ikut terlibat dan senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan kami dalam mewujudkan kesejahteraan sosial dilingkungan masyarakat termasuk dalam program santunan yatim bersihan.

"Terima kasih untuk Kepala Desa Ciburayut, Karang Taruna Kecamatan Cigombong, donatur dan para dermawan serta perusahaan dan tempat wisata yang turut menyumbangkan sebagian hartanya guna berpartisipasi dalam kegiatan Bersihan," tambah Belgi

Belgi Alhuda yang juga pengurus Karang Taruna Desa Ciburayut menyatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan tersebut guna mempererat tali silaturahmi antar pengurus Karang Taruna Desa Ciburayut bersama Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Pemerintah dan masyarakat Desa Ciburayut. Selain itu, sebagai upaya mencapai kesejahteraan sosial dengan Peraturan Mentri Sosial (Permensos) No 25 tahun 2019 dan memberikan bantuan serta kebahagiaan kepada masyarakat Desa Ciburayut khususnya yatim piatu yang akan menghadapi hari raya Idul Fitri 1444 H. Adapun bentuk kegiatan dari program tersebut yaitu diskusi kepemudaan dengan tema 'Berbagi Kasih di Bulan Suci Ramadan (Bersihan) santunan yatim dan buka puasa bersama.

Dalam Laporan Pertanggung Jawaban panitia pelaksana mengungkapkan bahwasannya kami yang bergerak dalam organisasi sosial Karang Taruna yang memang memiliki fungsi serta tupoksi guna mewujudkan kesejahteraan sosial dilingkungan masyarakat berupaya untuk menjadikan organisasi yang tertib secara administrasi dan menjadi mitra strategis pemerintah.

Dalam hal ini, mereka mencoba terus menjalin sinergitas, komunikasi, dan juga menjalin kepercayaan bahwa program yang sudah dan akan kami jalankan semua terlaksana dengan baik meski dalam menjalankan program kami harus mandiri karena belum ada anggaran yang memang dialokasikan sebagai penunjang berbagai kegiatan Karang Taruna Desa Ciburayut.

Penyerahan LPJ untuk tempat wisata di Desa Ciburayut yang diterima oleh Security | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Alhuda

Harapan ke depan semoga akan ada program santunan yatim tahap 2, tahap 3 dan seterusnya mengingat jumlah data yang kami peroleh tidak kurang dari 200 yatim/piatu yang ada di Desa Ciburayut. Maka dengan segala keterbatasan, kami akan agendakan program santunan ini secara bertahap agar terus dapat berkelanjutan serta menyeluruh sehingga dapat dirasakan oleh yatim/piatu se-Desa Ciburayut.

Dalam waktu dekat kita akan menghadapi hari besar Idul Adha yang mungkin kita akan mencoba mengagendakan untuk kembali menggelar kegiatan serupa dan hari besar seperti Muharam dan yang lainnya kita tetap upayakan untuk kembali dapat menyantuni anak yatim yang menjadi salah satu program dari Karang Taruna Desa Ciburayut. 

"Terima kasih kepada seluruh stackholder yang terlibat dan semoga kita terus dapat menjadi mitra dalam hal menciptakan kebaikan di masyarakat," tutup Belgi.