7 Rekomendasi Website Gratis Untuk Portofolio Gratis

7 Rekomendasi Website Gratis Untuk Portofolio Gratis

Rekomendasi website membuat portofolio gratis (Foto oleh Ketut Subiyanto/ Pexel)

Portofolio berisi kumpulan karya terbaikmu yang bisa kamu gunakan untuk melamar kerja atau beasiswa pendidikan lanjut. Dengan semakin canggihnya teknologi, ada banyak website untuk membuat portofolio yang menarik, rapi, dan gratis.

Ingin tahu rekomendasi platform tersebut? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Journo Portfolio

Kalau SohIB mencari website untuk membuat portofolio yang bisa digunakan oleh berbagai profesi, Journo bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Sebab, selain ada paket gratis, Google pun bisa membaca laman tersebut.

Jadi, dengan menerapkan teknik SEO (search engine optimization) yang tepat, website portofoliomu bisa muncul di mesin pencari. Orang - orang dapat menemukan karyamu dengan mudah.

Kemudian, file yang bisa kamu masukkan pun beragam. Mulai dari link artikel, foto, atau video. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan karya terbaikmu apapun bentuknya.

2. Website Untuk Portofolio Desainer Terpopuler: Behance

Buat SohIB yang suka membuat desain grafis, UI / UX, atau ilustrasi, pasti sudah tidak asing dengan Behance. Platform ini menjadi tempat favorit bagi para desainer untuk memamerkan karyanya dan perusahaan yang sedang mencari desainer pun menggunakan website ini.

Selain itu, kamu juga bisa mendapat ulasan dari orang - orang yang mengikuti laman Behance-mu. Jadi, kamu bisa mengetahui apa yang kurang atau perlu ditingkatkan untuk karya selanjutnya.

3. Canva

Website desain serba bisa ini memiliki fitur dan template untuk SohIB membuat portofolio yang menarik. SohIB bisa menambahkan link artikel, grafis, dan video dari YouTube.

Kerennya lagi, kamu juga dapat memilih apakah Google bisa membaca website portofoliomu atau tidak? Jadi, semuanya terserah padamu. Kamu bisa membagikannya dalam bentuk laman atau PDF.

4. Website Untuk Portofolio Penulis: Medium

Jika kamu senang menulis dan ingin melihat tulisan inspiratif dari penulis mancanegara, Medium adalah platform yang cocok untukmu.

Selain bisa sebagai portofolio, di sini SohIB juga bisa membaca banyak tulisan dan ikut komunitas menulis. Tidak hanya itu, kalau ada orang yang menyukai tulisanmu, Medium menyediakan fitur e-mail notification untuk pembaca.

Jadi, saat kamu menerbitkan tulisan baru, penggemar blog-mu akan mendapat pemberitahuan melalui e-mail-nya.

Kemudian, Medium juga memiliki pengaturan SEO untuk membantumu meningkatkan visibiltas tulisan di mesin pencari. Keren banget, ‘kan?

5. Crevado

Apakah kamu ingin menunjukkan hasil terbaik dan menjualnya di satu tempat? Jika iya, SohIB bisa coba Crevado. Platform ini cocok untuk yang bekerja di bidang kreatif (desainer dan fotografer) serta penata gaya.

Hal yang berbeda dari Crevado adalah kamu tidak perlu pusing mencari tempat untuk menjual karyamu. Karena laman portofolio Crevado bisa menerima pembelian dan pembayaran internasional.

6. Website Untuk Membuat Portofolio dari Indonesia: Clicky.id

Tidak hanya dari luar negeri saja, tapi juga Indonesia punya website untuk membuat portofolio gratis untuk SohIB. Ya, namanya adalah Clicky.id. Platform ini merupakan buatan pendiri MySkill, Angga Fauzan.

Dengan Clicky, kamu bisa menunjukkan proyek - proyek favorit dengan mudah. Tidak perlu pusing dengan coding atau lainnya. Tampilannya pun enak dilihat di layar hp dan komputer.

Selain itu, kamu juga bisa menjual produk digital di sana. Metode pembayaran di sini lengkap. Namun, untuk saat ini hanya bisa untuk transaksi nasional, belum sampai internasional.

7. Tribelio

Buat komunitas sekaligus pamer keahlian? Tentu bisa di Tribelio! Sama halnya dengan Clicky, Tribelio juga hasil karya anak bangsa Indonesia, yaitu Denny Santoso.

Di sini kamu bisa bergabung atau membuat komunitas sendiri yang sesuai dengan minatmu serta buat landing page portofolio atau toko online.

Itu dia 7 rekomendasi website untuk membuat portofolio secara gratis. Selamat mencoba dan semoga karyamu bisa dilihat oleh banyak orang!