Rekomendasi 7 Jam Tangan Kayu Buatan Lokal yang Mengagumkan!

Rekomendasi 7 Jam Tangan Kayu Buatan Lokal yang Mengagumkan!

Senna Indonesia | Sumber : Instagram/senna.indonesia

Indonesia, sebagai negara dengan kekayaan alam yang melimpah, telah menghasilkan berbagai produk kreatif dan unik. Salah satu contohnya adalah jam tangan kayu buatan Indonesia. Produk inienggabungkan keindahan alam dan kerajinan tangan lokal.

Pembuatannya pun dilakukan secara handmade oleh para pengrajin lokal dan setiap produk pasti memiliki pola yang berbeda, memilih kayu sebagai bahan utama memungkinkan variasi desain yang tak terbatas.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas jam tangan kayu buatan Indonesia meningkat pesat baik di dalam negeri maupun di pasar internasional. Setiap potongan kayunya memiliki serat yang unik dan warna-warna alami yang memukau.

Berikut ini beberapa referensi untuk SohIB yang ingin tampil beda dengan menggunakan produk lokal, yuk, simak!

Matoa Indonesia | Sumber : Instagram/matoa_id
Matoa Indonesia | Sumber : Instagram/matoa_id

Matoa

Siapa sih, yang tidak kenal dengan brand satu ini? Matoa merupakan salah satu merek jam tangan buatan Indonesia yang sangat populer dan menjadi pelopor jam tangan kayu pertama di Indonesia.

Seorang pemuda asal Bandung, bernama Lucky Danna Aria memulai bisnis jam tangan lokal ini sejak tahun 2011. Hebatnya lagi, Matoa memberdayakan pengrajin lokal asal Desa Ciwidey, Jawa Barat yang terkenal dengan pengrajin handalnya.

Serat kayu yang khas membuat setiap jam tangan memiliki corak yang menarik dan unik. Jam tangan kayu matoa sering memiliki desain yang sederhana, memberikan kesan elegan. Dengan harga mulai dari Rp900 ribu-an, kamu dapat memiliki jam tangan ini.

Pala Nusantara | Sumber : Instagram/palanusantara
Pala Nusantara | Sumber : Instagram/palanusantara

Pala Nusantara

Nama buah pala di Maluku merupakan inspirasi untuk berkarya dalam membuat produk jam tangan kayu bernama Pala Nusantara. Jam Tangan Kayu Pala Nusantara dibuat oleh para pengrajin yang berbakat dari Indonesia. Jam tangan ini menggunakan kayu sonokeling, ebony, atau pun maple untuk menghasilkan warna yang menarik.

Pala Nusantara identik dengan bentuk frame persegi dan dipadukan dengan strap kulit yang colorful. Jam tangan ini dapat kamu miliki dengan harga mulai dari Rp400 ribu-an.

Eboni Watch | Sumber : Instagram/eboniwatch
Eboni Watch | Sumber : Instagram/eboniwatch

Eboni Watch

Eboni Watch adalah salah satu merek jam tangan kayu yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Produk-produknya tidak hanya modis, tetapi juga berfokus pada kebutuhan sehari-hari orang Indonesia.

Sesuai dengan hal tersebut, Eboni Watch menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Nama ‘Eboni” sendiri terinspirasi dari kayu asal Indonesia yang banyak tumbuh di Sulawesi dan merupakan jenis kayu yang kuat.

Namun, karena kayu eboni terancam punah, jam tangan ini menggunakan kayu maple dan rosewood untuk material jam tangan. Eboni Watch memiliki design jam tangan yang beragam. Eboni Watch dapat kamu miliki dengan harga yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp200 ribu-an.

Garvinoes Indonesia | Sumber : Instagram/garvinoes_id
Garvinoes Indonesia | Sumber : Instagram/garvinoes_id

Garvinoes

Asal kata Garvinoes berasal dari bahasa Sansekerta, "Garvi", yang berarti "kebanggaan," dan "Noes", yang berarti "nusantara." Ciri khas brand ini adalah memadukan material kayu dan stainless steel anti karat. Nuansa ini sesuai dengan masyarakat modern yang hidup di dunia yang seolah-olah selalu berubah.

Garivinoes dikenal karena desain-desainnya yang inovatif dan kreatif. Para desainer Garvinoes terus berupaya menghasilkan model jam tangan yang selaras dengan keunikan kayu dan mengikuti tren mode terbaru. Jam tangan ini dapat kamu miliki dengan harga mulai dari Rp500 ribu-an.

Woodka | Sumber : Instagram/woodka_
Woodka | Sumber : Instagram/woodka_

Woodka

"Woodka" berasal dari kata-kata "kayu" dan "karya" untuk masing-masing. Artinya, merek ini membuat jam tangan berbahan dasar kayu dengan sangat artistik. Kulit, benang tenun, dan kanvas adalah beberapa pilihan strap Woodka. Teak, maple, dan sonokeling adalah beberapa jenis kayu yang digunakan.

Woodka menggunakan bahan kulit sapi asli untuk tampilan berkelas bagi mereka yang ingin menggunakan jam tangan merek lokal ini untuk acara yang lebih formal. Banyak jenis jam tangan kayu yang dibuat oleh Woodka memiliki tampilan yang menyenangkan dan unik. Woodka dijual dengan harga mulai dari Rp300 ribu-an.

Halba Indonesia | Sumber : Instagram/halba_indonesia
Halba Indonesia | Sumber : Instagram/halba_indonesia

Halba

Halba adalah rekomendasi tambahan untuk kado jam tangan kayu. Yogi Sutrisno pemuda dari Dusun Melung, Purbalingga, Jawa Tengah adalah penggagas terciptanya jam tangan kayu Halba. Jam tangan kayu ini cocok untuk pria dan wanita. Jenis kayu yang digunakan adalah maple dan sonokeling yang didapatkan dari Banjarnegara dan Cinangsi.

Menariknya lagi, kamu dapat membuat ukiran nama dan mengukur kotak kayu secara gratis untuk kado yang lebih istimewa. Untuk mendapatkan produk ini, SohIB hanya perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp300 ribu-an saja.

Senna Indonesia | Sumber : Instagram/senna.indonesia
Senna Indonesia | Sumber : Instagram/senna.indonesia

Senna Indonesia

Setiap merek jam tangan memiliki cerita yang unik dan inspiratif. Jam Tangan Kayu Senna Indonesia bukan hanya produk fashion, tetapi juga merupakan simbol keberanian dan ketangguhan Satria Rahmadani Putra, seorang pemuda yang berasal dari kota Bogor dan memutuskan untuk menjadi wirausaha dalam industri jam tangan kayu.

Jam Tangan Kayu Senna Indonesia menggabungkan gaya hidup perkotaan dengan sentuhan alami kayu dalam desain yang modern dan elegan. Untuk memastikan kinerja terbaik, mekanisme jam yang canggih dirancang dengan hati-hati. Uniknya, brand ini menciptakan frame jam tangan kayu berbentuk persegi enam dengan pilihan warna cream dan hitam. Dengan harga mulai dari Rp700 ribu-an kamu dapat memiliki jam tangan ini.

Jadi, itulah 7 rekomendasi jam tangan kayu karya anak bangsa yang memiliki keunikannya masing-masing. Setiap jam tangan ini mewakili pesona Indonesia yang luar biasa dengan sentuhan kreatif, keberlanjutan, dan keindahan alam.

Tidak hanya sebagai item gaya, tetapi juga sebagai representasi kekuatan dan keberanian para pengrajin yang membuatnya. Dengan memilih salah satu dari koleksi jam tangan kayu ini, SohIB akan dapat menikmati keindahan alam dan kekayaan budaya lokal setiap saat yang berharga.

Memanfaatkan keterampilan lokal dan menghiasi pergelangan tangan dengan kecantikan yang berasal dari alam. Jam tangan kayu buatan anak bangsa menggabungkan kecantikan dan kualitas dengan keindahan alam yang terpahat dalam waktu.