Peringatan Hari Anak Nasional, yuk, Simak Cara Merayakannya!

Peringatan Hari Anak Nasional, yuk, Simak Cara Merayakannya!

Anak merupakan generasi penerus bangsa | Pexels: Gustavo Fring

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi

Wah, tidak terasa ya SohIB, sebentar lagi tepatnya tanggal 23 Juli yang merupakan Hari Anak Nasional. Jika beberapa tahun sebelumnya hanya bisa dirayakan di rumah, maka tahun ini akhirnya kita memiliki kesempatan untuk merayakannya di luar rumah.

Apalagi, tahun ini Hari Anak Nasional jatuh pada hari Minggu. Maka, jangan sia-siakan waktu yang berharga ini ya, SohIB! Tidak hanya untuk anak dan orang tua lho, kalian juga bisa merayakannya bersama keponakan dan adik. Berikut ini akan dijabarkan ide-ide untuk merayakan Hari Anak Nasional.

Cara merayakan Hari Anak Nasional Di Luar Rumah

1. Mengajak Anak Bertamasya

Salah satu ide yang paling populer adalah mengajak anak bertamasya, yang artinya pergi menikmati perjalanan serta keindahan alam. Beberapa tempat yang cocok untuk dijadikan lokasi liburan anak di antaranya ada kebun binatang, pantai, dan pegunungan.

2. Belajar Di Museum

Belajar di luar kelas merupakan hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mengajak mereka ke museum. Beberapa lokasi museum yang ramah anak adalah Museum Nasional, Museum Satria Mandala, dan Planetarium.

Ruang ImersifA Museum Nasional yang digemari anak-anak | Dok. Pribadi Regita Maharani Wibisono

Museum Nasional tidak hanya menyajikan koleksi benda-benda kuno dan kebudayaan Indonesia, tetapi juga terdapat ruang imersifA yang mempersembahkan proyeksi gambar bergerak di dinding yang dilengkapi dengan tata suara selama 30 menit. Museum Satria Mandala menyajikan sejarah perjuangan serta koleksi senjata dan perlengkapan perang Indonesia sehingga anak-anak mendapatkan edukasi tentang bela negara.

Yang menariknya lagi, setelah berkunjung ke museum ini kalian dapat melakukan piknik bersama anak-anak di taman satria mandala, lho. Di planetarium, kita bisa menyaksikan film tentang planet-planet dan bintang yang ada di langit melalui teater bintang. Sayangnya, sejak tahun 2021 Planetarium ditutup akibat revitalisasi.

3. Mengajak Ke Toko Buku

Pepatah mengatakan buku adalah jendela dunia. Artinya, melalui buku kita dapat mengenal dan mempelajari ilmu dari berbagai penjuru dunia. Apalagi bagi anak-anak yang suka membaca, pasti mereka akan sangat senang ketika diajak pergi ke toko buku.

Jika anak-anak belum memiliki ketertarikan untuk membaca, siapa tahu dengan mengajaknya ke toko buku, mereka dapat memilih salah satu buku yang disukainya. Hal ini tentu dapat meningkatkan minat literasi anak.

Sebab, tidak hanya bacaan yang berbobot atau buku pelajaran, anak-anak bisa mendapatkan ilmu melalui buku cerita, komik, dan novel anak. Selain itu, di toko buku kalian juga dapat membelikan mereka alat-alat tulis serta perlengkapan sekolah.

4. Rekreasi di Taman Bermain

Taman bermain merupakan surga bagi anak-anak. Di sana mereka dapat bermain ayunan, seluncur, jungkat-jungkit, panjat tebing, panjat jaring, dan lain-lain. Hal ini tentunya tidak hanya menghibur dan menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan keberanian, kekuatan fisik, dan kemampuan kognitif.

Keseruan anak-anak di taman bermain | Pexels: Windo Nugroho

5. Pergi Ke Acara Festival Anak-Anak

Ajaklah anak-anak ke festival anak untuk berinteraksi dengan sebayanya dan mengikuti lomba, seperti Festival Anak Nasional pada Agustus tahun 2022 lalu dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional.

Selain perlombaan untuk anak-anak, festival yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (P2LIPI) ini juga mengadakan talkshow kepada para orang tua.

Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi kalian untuk merayakan Hari Anak Nasional di rumah dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat. Dengan cara yang sederhana ini, perayaan hari anak tidak kalah seru dengan perayaan yang dilakukan di luar rumah.

Cara merayakan Hari Anak Nasional Di Rumah

1. Melukis Bersama

Jika anak-anak senang menggambar, ajaklah mereka melukis. Melukis diketahui dapat mengembangkan kemampuan motorik anak dimulai dengan cara anak memegang pensil. Ketika anak mulai menggambar, pada saat itulah imajinasi mereka diperlukan untuk melatih kreativitasnya.

2. Membacakan Dongeng

Menurut dr. Rizal Fadli dalam Halodoc (2023), anak-anak yang terbiasa dibacakan dongeng akan memiliki konsentrasi dan kemampuan mendengarkan yang baik, ingatan yang kuat, kosakata yang kaya, dan pemahaman bahasa yang baik.

Mendengarkan dongeng juga dapat meningkatkan rasa empati anak dan berperan penting dalam perkembangan moral anak. Sebagai contoh, saat dibacakan dongeng tentang hewan, maka anak akan secara otomatis memahami bahwa mereka harus menyayangi dan memperlakukan hewan secara manusiawi juga.

3. Bernyanyi Bersama

Berbeda dengan bernyanyi sendiri, bernyanyi bersama dapat meningkatkan interaksi dan koordinasi sosial manusia (dalam hal ini, anak dan orang tua). Selain itu, orang tua juga dapat melihat bakat anak saat bernyanyi.

Jika melihat anak menikmati saat sedang bernyanyi dan memiliki suara yang indah, maka tidak ada salahnya memfasilitasi anak dengan les vokal atau mengarahkannya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler paduan suara.

Secara cara fisik, bernyanyi memiliki fungsi yang baik untuk melatih motorik sistem vokal, pernapasan, dan jantung. Sementara, secara psikis dapat meningkatkan rasa percaya diri anak dan keterbukaan untuk mengekspresikan diri.

4. Menonton Film

Ilustrasi seorang ibu sedang menonton bersama anak-anaknya | Pexels: Ketut Subiyanto

Usahakan menonton film anak-anak, seperti kartun. Salah satu film yang disarankan adalah Inside Out karena film ini memperkenalkan emosi kepada anak dengan cerita dan bahasa yang ringan.

Jika SohIB lebih menyukai film komedi, pastikan film tersebut mengandung humor yang sesuai dengan umur anak-anak. Hindari film yang memperlihatkan kekerasan dan pornografi.

Di mana pun dan kapan pun merayakannya, yang terpenting adalah meluangkan waktu untuk bermain dan belajar bersama anak-anak. Selamat merayakan Hari Anak Nasional ya, SobIB!

 

Referensi:

  • Media Indonesia. (2022). Dukung Kemajuan Anak P2LIPI Gelar Festival Anak Indonesia. Diakses pada 17 Juli 2023 dari https://m.mediaindonesia.com/humaniora/512923/dukung-kemajuan-anak-p2lipi-gelar-festival-anak-indonesia
  • Fadli, Rizal. (2023). 5 Manfaat Dongeng bagi Perkembangan Anak. Diakses pada 17 Juli 2023, dari https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-dongeng-bagi-perkembangan-anak
  • Castro-Cuyugan, Patricia. (2023). 5 Great Benefits of Drawing With Your Child Everyday. Diakses pada 18 Juli 2023 dari https://sg.theasianparent.com/5-great-benefits-drawing-child-every-day/amp
  • Welch, Graham. (2012). The Benefits of Singing for Children. Diakses pada 18 Juli 2023 dari https://efdm.org/wp-content/uploads/2017/10/ThebenefitsofsingingforchildrenGFW.pdf