Peningkatan Kesadaran Masyarakat melalui Online Campaign di Media Sosial

Peningkatan Kesadaran Masyarakat melalui Online Campaign di Media Sosial

Ilustrasi Media Sosial | Source : pikisuperstar di Freepik

Ponsel menjadi barang yang melekat pada kehidupan manusia. Perkembangan teknologi yang semakin canggih seolah memanjakan manusia dengan beragam fungsinya. Setiap tahun masyarakat ditawarkan dengan berbagai model dan fitur yang terbarukan. Ponsel menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh tiap individu.

Perkembangan teknologi berbanding lurus dengan perkembangan berbagai situs atau platform media sosial. Terdapat banyak situs yang menghubungkan tiap penggunanya di seluruh dunia. Beberapa media sosial yang ramai digunakan di Indonesia seperti Facebook, TikTok, dan Instagram. Melansir dari datareportal, urutan ke-2 platform sosial media terfavorit pada Januari 2023 diduduki oleh Instagram. 

Penggunaan internet tentunya sangat beragam sesuai dengan kebutuhan tiap individu. Walaupun salah satu penggunaan internet menjadi pusat pencarian informasi. Beragam pertanyaan dilontarkan dari berbagai kalangan masyarakat seperti, bagaimana cara memasak bubur ayam? Cara membuat caption yang bagus ? Bagaimana perkiraan cuaca hari ini?

Perkembangan teknologi dan zaman memungkinkan semua kalangan merasakan manfaat dari media sosial. Media sosial memungkinkan setiap pengguna membagikan cerita atau aktivitas yang mereka lalui sepanjang hari. Platform media sosial juga menyediakan fitur untuk terhubung dengan teman melalui fitur pengiriman pesan. 

Selain berfungsi untuk menyebarkan memori kegiatan, media sosial juga sebagai wadah penyebaran informasi. Penyebaran informasi di media sosial dapat berasal dari akun lembaga resmi atau berasal dari tiap individu. Bahkan tiap lembaga atau organisasi membuat akun media sosial sebagai bentuk penyebaran kegiatan informasi yang menjadi program kerja mereka.

Kampanye sosial atau social campaign merupakan salah satu bentuk program kerja dilakukan oleh beberapa organisasi. Program ini merupakan penyebaran informasi melalui akun sosial media. Kampanye sosial memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran di masyarakat. 

Tata cara online campaign yang dilakukan oleh setiap organisasi tidak jauh berbeda. Kampanye online biasanya berlangsung selama beberapa hari bahkan sampai satu minggu. Teknisnya pihak penyelenggara yang mengadakan kegiatan memilih satu tema. Panitia online campaign akan membuat sebuah infografis yang kemudian tiap peserta campaign menyebarkan di akun mereka sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Namun, beberapa kampanye online menyarankan untuk tiap volunteer melakukan kegiatan sesuai tema yang telah ditentukan. Kegiatan kampanye bisa diunggah melalui story atau feed Instagram.

Isu yang menjadi pembahasan memang disesuaikan dengan pilihan dari penyelenggara. Namun, isu yang sering diangkat dalam online campaign seperti isu kesehatan mental dan lingkungan. Tema yang dibawakan seringkali disesuaikan dengan isu terkini atau isu penting.

Tema-tema campaign yang pernah dilaksanakan seperti emansipasi perempuan di era digital dilaksanakan oleh GRIPA ID, pernikahan dini kebutuhan atau keinginan dilaksanakan oleh KSPR UIN Walisongo, dan Understanding Psychological Abuse, A Crime That Damages Mental Health diselenggarakan oleh Karsa Cita. 

Mempertimbangkan tujuannya untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat, maka jumlah followers pada suatu akun sangat menjadi pertimbangan. Mengapa itu terjadi ? Semakin banyak pengikut di media sosial maka memungkinkan pembaca yang semakin banyak juga. 

Kenapa kampanye online di media sosial itu lebih diminati? Tentu saja alasan kemudahan dan juga irit pengeluaran. Kemudahan tentu mempertimbangkan penyebaran informasi yang Lalu apa manfaat yang didapatkan oleh pihak penyelenggara dan peserta campaign?

Dari pihak penyelenggara, tentunya program kerja mereka dapat terlaksana dengan baik. Dari sisi volunteer, ada kepuasan untuk ikut berpartisipasi dalam acara dan tentunya dapat keuntungan lainnya seperti sertifikat dan doorprize juga beruntung.