Pemanfaatan Dunia Digital yang Semakin Luas

Pemanfaatan Dunia Digital yang Semakin Luas

Kelas online sebagai pemanfaatan dunia digital | Pexels (Antoni Shkraba)

#SohibBerkompetisiArtikel

Di-era yang serba digital ini kalian pasti sudah tidak asing dengan gadget, smartphone, internet dan lain sebagainya. Mulai dari sekolah daring, memesan makanan secara daring, hingga membaca berita secara daring. Bahkan bisa jadi kalian salah satu dari banyaknya orang yang tidak bisa hidup tanpa itu semua. 

Dilansir dari KBBI, makna dari digital sendiri yaitu sesuatu yang berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet. Jadi, tak heran lagi bahwa hampir seluruh masyarakat Indonesia membutuhkan internet untuk tetap bisa berhubungan satu sama lain.

Tak dapat dipungkiri perubahan tentang dunia digital ini tak luput dari efek pandemi yang sempat memutus akses ke dunia luar. Kita diperintah untuk tetap dirumah tanpa ada aktivitas luar ruangan hingga mau tak mau kita hanya bisa mengandalkan internet untuk tetap terhubung dengan dunia luar. 

Namun dibalik efek tersebut, dunia digital lah yang selalu dapat kita andalkan hingga saat ini. Melalui internet, kita dapat mengakses banyak hal positif baik dari dalam negeri hingga luar negeri. Lalu, apa saja hal-hal positif yang dapat kita temukan di internet?

Perlombaan

Mencari informasi lomba di internet | Pexels (EVG Kowalievska)

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali sumber daya manusia, dan tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang ikut berkompetisi di suatu ajang perlombaan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dengan internet kita dapat mencari tahu tentang berbagai macam perlombaan, seperti halnya lomba menulis, lomba menari hingga lomba sains dapat dijumpai di internet. Melalui internet pula, semua prestasi anak bangsa dapat dipublikasikan dan diapresiasi oleh banyak orang. Bahkan melalui penyebaran berita di internet, tak jarang masyarakat Indonesia yang berprestasi mendapat banyak pengakuan dari seluruh masyarakat Indonesia maupun dari pemerintah.

Informasi sosial

Siapa diantara kalian yang suka berbagi? Nah, melalui internet kalian dapat menemukan banyak informasi tentang donasi loh. Mulai dari donasi untuk anak-anak yang kurang mampu sampai donasi untuk korban bencana alam ada di internet. Internet gak melulu soal media sosial loh, kita juga bisa berderma di internet.

Beasiswa

Menggunakan laptop untuk mencari info beasiswa | Pexels (Tatiana Syrikova)

Harvard University? Stanford University? Seoul National University? Universitas luar negeri manakah yang kalian impikan? Mungkin banyak diantara kalian yang berpikir bahwa berkuliah di luar negeri sangatlah tidak mungkin, namun nyatanya tidak loh. Melalui internet kita dapat mengakses banyak sekali informasi-informasi mengenai beasiswa baik dalam negeri maupun di luar negeri. Jadi jangan menyerah ya!

Kesehatan 

Zaman sekarang kita bisa mengetahui apa jenis sakit kita melalui internet loh. Tidak hanya itu, kita juga diberi saran bagaimana cara mengatasinya, obat apa yang cocok, hingga bagaimana cara menghindarinya. Namun, meskipun kita sudah mengetahui cara mengatasinya, kita tetap harus ke rumah sakit ya untuk memastikan!

Budaya 

Sudut jalan di Korea Selatan | Pexels (cityintake)

Kabar baik yang dapat kita temukan di internet selanjutnya berhubungan dengan budaya. Sekarang sedang marak tentang fenomena k-wave yang tersebar di seluruh dunia. Faktor utama tentang persebaran k-wave yang merajalela yaitu karena adanya internet. Kok bisa?

Pandemi yang membuat kita semua diam saja dirumah memberi efek bagi kita untuk menjelajahi drama ataupun lagu dari negeri ginseng tersebut, maka dari itu banyak sekali penggemar dari seluruh dunia yang ingin sekali pergi ke Korea Selatan untuk melihat budaya mereka secara langsung.

Melalui contoh tersebut kita dapat mengetahui bahwa dampak yang diakibatkan oleh internet ini sangatlah dahsyat. Internet dapat memberikan efek positif bagi sebuah negara karena budaya mereka dikenal oleh seluruh dunia melalui internet.

Nah, melalui poin-poin yang dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa dunia digital memberi dampak positif yang banyak bagi seluruh manusia di seluruh dunia. Maka dari itu hendaklah kita selalu bijak dalam menggunakan internet dan menggunakan internet untuk hal yang positif.