8 Pekerjaan yang Menarik dan Menjanjikan Bagi Mahasiswa Manajemen

8 Pekerjaan yang Menarik dan  Menjanjikan Bagi Mahasiswa Manajemen

Mahasiswa lulus, sumber: Pixabay (marcela_net)

Sebagai seorang mahasiswa, terkadang terbesit pikiran, “Lulus nanti kerja apa, ya?” atau “Aku mau kerja di bidang apa, ya?”

Pertanyaan-pertanyaan ini sangat wajar muncul di benak mahasiswa. Selain untuk mengabdi pada negeri, mendapatkan ilmu dan relasi, kuliah memang memiliki tujuan agar kita siap terjun di dunia kerja, bukan?

Prodi Manajemen merupakan salah satu bidang yang ramai diambil mahasiswa masa kini. Prospek kerjanya cukup luas. Lantas, apa saja pekerjaan yang menarik dan menjanjikan bagi mahasiswa Manajemen?

1. Entrepreneur

Entrepreneur merupakan orang yang menjalankan sebuah bidang kewirausahaan dengan membuat inovasi. Meskipun semua orang memiliki kesempatan dan bakat untuk menjadi pebisnis, tetapi mahasiswa manajer telah dibekali ilmu di bidang manajemen keuangan, manajemen risiko, dan operasional. Sehingga, mahasiswa manajemen memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan bisnisnya.

2. Akuntan dan Bagian Keuangan

Akuntansi, sumber: Pixabay

Akuntan merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan untuk mahasiswa manajemen. Tugas akuntan adalah mengevaluasi anggaran perusahaan, mengatur pembayaran pajak, menyelidiki potensi kecurangan, dan mengontrol keuangan sebuah perusahaan. Akuntan memerlukan kemampuan berpikir kritis dan analisis yang baik.

Beberapa kampus menyediakan konsentrasi khusus untuk prodi manajemen, salah satunya adalah manajemen keuangan. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini, pasti sudah familiar dengan keuangan.

Sehingga, pekerja bidang ini cocok untuk mereka yang mengambil konsentrasi keuangan atau menyukai angka. Bidang lain yang bisa dicoba untuk mahasiswa yang menyukai angka adalah bidang keuangan, misalnya staff keuangan maupun manajer keuangan.

3. Human Resources

Selain keuangan, beberapa kampus dengan prodi manajemen juga menyediakan konsentrasi MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia). Bidang ini berhubungan dengan pengelolaan SDM untuk tujuan organisasi. Mahasiswa yang mengambil konsentrasi ini dibekali ilmu dan kompetensi di bidang HR seperti perekrutan, pengembangan SDM, hingga penggajian karyawan. 

Di era sekarang, HR telah berkembang dan di beberapa perusahaan sudah terbagi lagi menjadi beberapa bagian seperti bagian HR Generalist, Recruitment, Learning and Development, hingga Talent Acquisition.

4. Digital Marketing

Digital Marketing, sumber: Pixabay

Bidang pemasaran memang salah satu peranan penting bagi perusahaan. Oleh karena itu, bidang ini cukup digemari. Setelah diserang pandemi, beberapa bidang berubah menjadi digital, salah satunya adalah bidang pemasaran. Pekerjaan ini digadang-gadang menjadi pekerjaan paling dicari tahun 2023.

Mahasiswa manajemen memiliki kesempatan besar untuk masuk ke bidang ini karena sudah dibekali ilmu dan mempunyai kompetensi. Bidang ini memerlukan soft skill seperti public speaking, kreatif, dan negosiasi.

Selain digital marketing, mahasiswa bisa mencoba market researcher, market coordinator, dan market assistent.

5. Banker

Perbankan menjadi salah satu peminatan di prodi manajemen yang mana di sini mengatur tentang kegiatan perbankan. Mahasiswa yang memilih bidang ini bisa menjadi back officer yang memeriksa transaksi maupun menjadi front officer yang berinteraksi langsung dengan pelanggan seperti teller maupun customer service.

6. Bussines Manager

Fungsi manajer di antaranya adalah fungsi manajerial. Fungsi ini terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC). Hal ini selaras dengan apa yang dipelajari di prodi manajemen dan yang harus dilakukan saat menjadi manajer.

Untuk menjadi manajer, tentunya mahasiswa harus memiliki kemampuan public speaking, leadership, dan kemampuan kerja tim. Gaji sebagai manajer biasanya minimal Rp.6.000.000 tergantung besar perusahaan atau lokasi perusahaannya.

7. Pengajar atau Dosen

Bagi yang suka membagi ilmunya, bidang ini cukup menjanjikan. Setelah S1, mahasiswa bisa mendaftar sebagai pengajar di SMP maupun SMA. Bisa juga menjadi dosen apabila telah menyelesaikan S2-nya. Gaji yang ditawarkan sebagai pengajar atau dosen biasanya mulai dari Rp. 4.000.000

8. Operasional

Bidang lain yang cukup menjanjikan adalah bidang operasional. Bidang ini berhubungan dengan kegiatan perusahaan seperti kegiatan produksi. Mahasiswa yang minat untuk masuk di bidang ini bisa menjadi staf operasional maupun manajer operasional.

Tugas staf operasional diantaranya adalah memeriksa inventaris produk, menganalisis data operasional, melacak biaya operasional, hingga menjalin hubungan dengan klien dan pemasok (suplier).