8 Pekerjaan untuk Jurusan MSDM yang Menjanjikan, Nggak Bingung Lagi!

8 Pekerjaan untuk Jurusan MSDM yang Menjanjikan, Nggak Bingung Lagi!

Bekerja | sumber: Pinterest

Karyawan merupakan aset utama sebuah perusahaan. Tanpa adanya karyawan yang merupakan sumber daya. maka perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Karyawan pun perlu dikembangkan dan diberdayakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tujuan pengembangan dan pemberdayaan ini adalah agar karyawan dapat bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Di sinilah peran MSDM diperlukan.

MSDM atau Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Susan (2019) merupakan sebuah bidang khusus yang mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam suatu organisasi. serta pemberdayaan manusia dalam melakukan pekerjaanya untuk mencapai suatu tujuan secara efektif dan efisien. Fungsi MSDM sama seperti fungsi manajemen pada umumnya, meliputi Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling (POAC).

Bidang MSDM tentunya dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan, terutama perusahaan menengah ke atas. Terdapat beberapa prospek kerja dari MSDM.

Siswa, Mengetik, Papan Ketik, Teks
Bekerja, sumber: Pixabay (StartupStockPhotos)

1. Bidang HR

Bidang Human Resources (HR) dewasa ini berkembang cukup pesat. Mahasiswa yang berkuliah di jurusan manajemen, khususnya MSDM tentunya bisa mencoba bidang HR. Perkembangan HR tidak hanya sebatas merekrut karyawan, tetapi juga mengelola dan mengembangkan karyawan.

Oleh karena itu, ada beberapa bidang yang bisa dicoba, di antaranya: HRD Staff, staf perekrutan, talent acquisition, hingga Learning and Development. Untuk Staf HRD, bisa saja mengerjakan semua tugas di bagian HR mulai perekrutan hingga offering karyawan.

Biasanya ini dilakukan oleh HR Generalist. Untuk staf perekrutan, biasanya hanya sebatas melakukan perekrutan saja. Sementara talent acquisition lebih aktif untuk mencari talent dari calon karyawan maupun karyawan untuk masuk ke sebuah bidang pekerjaan.

2. Pengajar

Salah satu prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi jobseeker yang berkuliah di bidang MSDM adalah tenaga pendidik atau pengajar. Bisa saja menjadi guru atau jika ingin menjadi dosen, maka perlu untuk melanjutkan ke jenjang S2 Manajemen.

Untuk gaji pengajar sendiri, biasanya berkisar dari 2-3 juta, belum termasuk tunjangan dan sebagainya. Itu juga tergantung status PNS atau nonPNS.

Pembicara, Dosen, Pidato
Dosen mengajar, sumber: Pixabay (drshohmelian)

3. Manajer Umum dan Operasional

Tugas dan tanggung jawab manajer cukup kompleks. Karena statusnya manajer, maka tugasnya meliputi POAC, bahkan termasuk membuat kebijakan operasional hingga pelaksanaan operasional itu sendiri. Oleh karena tanggung jawabnya yang besar, maka gaji dari profesi ini cukup menggiurkan, yaitu sekitar 7-12 juta.

4. Manajer SDM

Setelah manajer umum dan operasional, profesi yang cukup menjanjikan bagi seseorang yang berada di bidang MSDM adalah manajer SDM. Sama seperti pengertian MSDM, Manajer SDM memiliki tugas merencanakan, mengatur, mengelola, hingga mengontrol SDM di sebuah perusahaan. Untuk gaji di bidang ini bisa di antara 9-12 juta.

5. PNS atau karyawan BUMN

Sebenarnya, untuk pekerjaan sebagai karyawan BUMN atau PNS, bisa dari jurusan apa saja. Namun, sudah pasti membutuhkan formasi dan kualifikasi berbeda. Untuk MSDM, biasanya akan masuk ke kualifikasi pekerjaan di bidang rumpun ilmu ekonomi dan bisnis.

Posisi yang bisa SohIB ambil adalah pada bagian corporate finance, hingga pemasaran. Formasi yang dapat menjadi referensi mahasiswa MSDM, misalnya ahli pertama penata kelola perusahaan negara 

6. Asesor

Asesor memiliki tugas menilai dan mengevaluasi kinerja karyawan dengan metode yang diterapkan perusahaan.

Kemampuan yang harus dimiliki seorang asesor adalah kemampuan komunikasi yang baik, familiar dengan pekerjaan yang menjadi target, memiliki kemampuan mendengar yang baik, adil, serta mengetahui metode-metode peniliaian kerja, misalnya OKR dan KPI.

7. Bagian Kompensasi dan Tunjangan

Bidang MSDM tak hanya sebatas merekrut dan mengembangkan karyawan saja. Bidang ini juga berkaitan dengan pemberian kompensasi dan tunjangan maupun benfit lain terhadap karyawan. Kompensasi dan tunjangan merupakan bentuk pengharagaan dari perusahaan kepada karyawan karena telah melakukan tugasnya.

Bagian kompensasi dan tunjangan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengatur gaji, bonus, dan tunjangan karyawan. Bidang ini mengharuskan seseorang untuk memberikan penilaian secara obyektif pada karyawan sesuai kualitas kinerjanya. Gaji untuk bidang profesi tersebut berkisar di angka 5-10 juta.

8. Hubungan Tenaga Kerja

Rakyat, Bisnis, Pertemuan

Sumber: Pixabay (089photoshootings)

Bidang ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan personalia atau HR. Hubungan tenaga kerja memiliki tugas menghubungkan atau menjembatani antara manajemen perusahaan dengan karyawan. 

Itu tadi beberapa bidang kerja menarik dan menjanjikan bagi mahasiswa jurusan manajemen SDM. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • Susan, E. (2019), Manajemen Sumber Daya Manusia. Adaara: Jurnal Manajemen pendidikan Islam, 9(2), 952-962.
  • https://www.masahen.com/2020/07/prospek-kerja-manajemen-sdm.html
  • https://katadata.co.id/sortatobing/berita/60ec02f47c710/cpns-bumn-2021-dibuka-intip-127-formasi-kementerian-bumn-2021