Merayakan Hari Guru Nasional 2023

Merayakan Hari Guru Nasional 2023

Guru yang Mengajar dengan Tulus dan Menyenangkan (Pexels: Yan Krukau)

Loh, kok, ada hari guru lagi? Bukannya Oktober lalu sudah memperingati hari guru? Jika yang lalu merupakan Hari Guru Dunia, maka hari guru yang satu ini adalah Hari Guru Nasional, SohIB. Nah, karena keduanya itu merupakan hal yang berbeda, mari kita bahas perbedaannya dan bagaimana sih hari guru nasional dirayakan?

Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober atas keputusan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan telah ada sejak tahun 1994. Tujuannya sebagai penghormatan terhadap profesi guru di seluruh dunia dan merefleksikan dukungan yang diperlukan para guru serta memikirkan masa depan profesi secara global.

Sementara, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November dan telah ditetapkan dalam Keputusan Presiden No. 8 Tahun 1994. Tanggal tersebut juga merupakan tanggal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Mulanya, pada tahun 1912 organisasi ini bernama PGHB (Persatuan Guru Hindia Belanda) sebab masih dijajah oleh Pemerintahan Hindia Belanda. Organisasi ini terdiri dari guru pembantu, guru desa, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang memiliki perbedaan latar belakang pendidikan.

Mengutip dari VOI, ada pula organisasi guru yang bernuansa keagamaan, nasional, atau lainnya seperti Christelijke Onderwijs Vereneging (COV), Katolieke Onderwijsbond (KOB), dan Vereneging Van Muloleerkrachten (VVM) serta Nederlands Indische Onderwijs Genootschap (NIOG) yang tanpa memandang kelompok agama.

20 tahun kemudian namanya diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Penggunaan kata Indonesia jelas tidak disukai Belanda. Belum lagi, pada masa penjajahan Jepang, sekolah-sekolah ditutup dan PGI dilarang beraktivitas.

Oleh sebab itu, PGI baru bisa mulai aktivitasnya kembali setelah proklamasi kemerdekaan. Pada tanggal 23-25 ​​November 1945 diadakan Kongres Guru Indonesia di Surakarta, Jawa Tengah.

Setelah adanya kongres tersebut, tidak ada lagi perbedaan latar belakang guru dan organisasi guru yang memiliki nuansa tersendiri mulai dihilangkan demi persatuan NKRI.

Nah, kalau tadi SohIB sudah mengetahui perbedaan Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional (HGN) serta sejarahnya, maka cara memperingati dan merayakan Hari Guru Nasional 2023 adalah sebagai berikut:

Merayakan Hari Guru bersama Kementerian

Berdasarkan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2023, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2023 pada 25 November 2023 pukul 08.00 WIB.

Tema HGN tahun ini adalah Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar. Uniknya, logo tema HGN berbentuk hati yang menunjukkan seluruh komponen turut bekerja sama dengan semangat dan penuh cinta demi memajukan pendidikan serta terlihat beberapa nuansa digital seperti wifi, laptop, dan zoom yang berarti digitalisasi dalam dunia pendidikan.

Logo Hari Guru Nasional 2023 | Kemdikbud.go,id

Selain itu, pihak Kementerian juga menyelenggarakan beberapa acara, seperti Apresiasi GTK, Sapa GTK, Pekan Raya Belajar dan Berkarya, serta Puncak Acara Hari Guru Nasional secara live di kanal YouTube Kemdikbud. Tagar #HGN2023 dan #terimakasihguruku juga dapat dicantumkan pada unggahan konten di media sosial, lho.

Merayakan Hari Guru di Sekolah

1. Menyelenggarakan Acara Khusus Hari Guru

Mari sejenak melupakan kegiatan belajar mengajar lalu ajaklah guru untuk bermain dan bersantai. Jika biasanya murid yang terlibat, maka kali ini guru yang menjadi peserta lomba.

Acara tersebut dapat dilakukan beberapa hari setelah 25 November kok mengingat Hari Guru Nasional tahun ini jatuh pada Hari Sabtu yang mana hari tersebut merupakan hari libur bagi beberapa sekolah. Buatlah lomba yang menyenangkan seperti lomba menyanyi, membaca puisi, memasak, hingga drama.

2. Memberikan Hadiah

Hadiah yang diberikan tidak harus mahal. Menulis surat merupakan hal paling sederhana yang efeknya luar biasa. Sampaikanlah seluruh perasaan dan rasa terima kasih kalian kepada guru, maka hati mereka akan tersentuh.

Jika kalian memiliki hobi menggambar, gambarlah guru kalian karena itu tidak hanya menjadi hadiah, tetapi sebuah kenang-kenangan.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa lho, bekerja sama dengan teman-teman sekelas untuk memberi hadiah kepada wali kelas, seperti dengan membuat scrapbook digital. Jika memberikan bunga atau kue terasa klasik dan mahal, maka kalian bisa melakukan makan bersama teman sekelas dan wali kelas.

Ini tentu akan menyenangkan dan berkesan bagi kelas kalian. Yang penting untuk diingat adalah jangan sampai hal tersebut memberatkan teman-teman dan sebaiknya hal tersebut dilakukan dengan sukarela.

Ilustrasi Guru menyenangkan yang kompak dengan siswanya | Pexels: Kampus Production

Menjadi guru adalah profesi yang mulia. Mereka dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa yang mendidik siswanya tanpa mengharap imbalan apapun. Maka dari itu, sudah seharusnya kita menghormati guru dan jangan pernah melupakan jasa-jasanya ya, SohIB!

Selamat Hari Guru untuk Para Guru se-Indonesia!

 

 

 

Referensi:

  • Kemdikbud. (2022). Perbedaan Hari Guru Nasional dengan Hari Guru Sedunia. Diakses pada 24 November 2023 dari https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/perbedaan-hari-guru-nasional-dengan-hari-guru-sedunia
  • Kemdikbud. (2023). Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023. Diakses pada 24 November 2023 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/10/pedoman-peringatan-hari-guru-nasional-tahun-2023
  • Unesco. (n.d.). World Teachers' Day. Diakses pada 24 November 2023 dari https://www.unesco.org/en/days/teachers
  • Voice of Indonesia. (2021). The Story Behind National Teacher's Day In History November 25, 1945. Diakses pada 24 November 2023 dari https://voi.id/en/memori/107821#:~:text=JAKARTA%20%2D%20Every%20November%2025%2C%20Indonesia%20commemorates%20National%20Teacher's%20Day.