Menjelajahi Jakarta Creative Zone, Menggali Potensi Kreatif di Jakarta

Menjelajahi Jakarta Creative Zone, Menggali Potensi Kreatif di Jakarta

Jakarta Creative Zone | Detik.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Jakarta Creative Zone adalah ruang publik ramah disabilitas dan kreatif insklusif disediakan bagi setiap warga yang ini memamerkan karya, serta bersinergi dengan berbagai orang yang hadir difasilitas ini.

Fasilitas yang ditawarkan oleh Jakarta Creative Zone juga sangat berbagai mulai dari taman di pusat kota, kafe bersantai ria, multifunction room, temporary gallery, fashion gallery, architecture gallery, design interior gallery, DKV gallery, product design gallery, working space, marketspace, foodcourt serta lapangan untuk berolahraga.

JXB logo | www.jxboard.co.id

Lalu siapakah yang membangun Jakarta Creative Zone? Kalau para Sohiber perhatiin setiap nama Jakarta Creative Zone dibelakangnya juga ada kata By JXB, JXB adalah singkatan dari Jakarta Experience Board. Logo dari JXB ini cukup menarik berbentuk “X” yang mengambarkan experience yang bisa ditemukan disetiap sudut kota Jakarta.

Warna pada setiap blok juga memiliki peran dan makna tersendiri, 3 blok warna berperan sebagai Jakarta: Kota sejuta mimpi, Experience: Jutaan pengalaman yang berbentuk dikotanya, dan Board: Lembaga yang selalu mengangkat ceritanya.

Sedangkan warna pada setiap blok dimulai dari biru abang sebagai simbol rasa kekeluargaan dan kehangatan yang terajut di setiap perayaannya. Warna kuning gigi balang yang berarti warna kebudayaan dan tradisi lokal kota Jakarta.

Kemudian, ada warna jinggabus kota yang terinspirasi dari warna transportasi bus kota sebagai warna infrastruktur yang ada di setiap sudut kota sebagai penghubung dan pembangun setiap pengalaman yang ada. Kalau SohIB masih penasaran sama JXB bisa berkunjung di website resminya.

Peluncuran  kanal kreatif "Jakarta Creative Zone by Riverside by JXB" | pusat.jakarta.go.id

Jakarta Creative Zone yang pertama diluncurkan berada di antara Stasiun BNI city dan kali ciliwung, lokasi tepatnya berada di Jalan Jenderal Sudirman yang dinamakan Jakarta Creative Zone by JXB – Riverview. Beberapa fasilitas yang ditawarkan pada lokasi ini sebagai berikut:

  1. Toilet transparan yang berbayar IDR 5,000 berkonsep ala jepang dimana kaca akan menjadi kerup jika ada seseorang mengunci dari dalam sudah dilengkapi berbagai fasilitas serta ada toilet khusus disabilitas.
  2. Smart Locker yang bisa dipakai SohIB saat sedang car free day maupun saat sedang olahraga disekitar lokasi.
  3. Area UMKM yang dimulai dari makanan, minuman dan berbagai kerajinan tangan yang bisa menjadi pilihan SohIB untuk nongkrong bersama teman dan keluarga.
  4. Area parkir dan cuci untuk sepeda.
  5. Spot foto instagramable.
Jakarta Crearive Zone Buy Lokal by JXB | Kompas.com

Jakarta Creative Zone kedua bertajuk Buy Lokal berlokasi di dukuh atas menghadirkan berbagai informasi pariwisata untuk menjelajahi kota Jakarta, tersedia juga berbagai souvenir dari produk UMKM.

Dilansir dari lifestyle.kompas.com, ada berbagai merek produk lokal yang dihadirkan pada zona ini antara lain Kitaoneus Asia, Sepiring Indonesia, Tioria by Caramia, Minilab99, Peggy's Art dan Rekarekat. Terdapat setidaknya 25 produk yang dipamerkan, dengan harga mulai dari Rp 8.000-Rp 1,197 juta.

Untuk para sohiber yang mau berkunjung ke Jakarta Creative Zone bisa naik MRT atau transjakarta, jika naik transjakarta bisa turun di halte terdekat halte dukuh atas 2 atau halte stasiun Sudirman 2 lalu dilanjut dengan jalan kaki. Jika naik MRT maka bisa turun di stasiun dukuh atas lalu dilanjutkan dengan jalan kaki.

Bisa juga membawa sepeda karena telah disediakan lokasi untuk parkir sepeda, tetapi dianjurkan tidak membawa sepeda motor dan mobil karena tidak disediakan parkir untuk jenis kendaraan tersebut. Jakarta Creative Zone dibuka dari jam 07.00 WIB – 22.00 WIB dan khusus dihari minggu dibuka lebih awal 06.00 WIB-22.00 WIB. Pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis untuk bisa berkunjung ke Jakarta Creative Zone.