Menguasai Seni Copywriting Sebelum Membuat Audiens "Salting"

Menguasai Seni Copywriting Sebelum Membuat Audiens "Salting"

Dasar copywriting | pixabay.com (emerson23work)

Apa kamu pernah mendengar istilah copywriting? Jika jawabanmu adalah belum, yuk, upgrade skill copywriting-mu diawali dengan mengetahui basic-nya berikut ini!

Apa itu Copywriting?

Mengingat copywriting adalah cabang ilmu dari Digital Marketing, teknik ini sangat penting untuk digunakan untuk memperluas pasar dalam dunia perdagangan. Menurut Campus Digital, copywriting adalah suatu teknik pemasaran dengan menggunakan kalimat promosi untuk mengajak audiens dalam suatu website agar terpengaruh oleh tulisannya.

Copywriting mempunyai cara untuk menhipnosis para audiens dengan tujuan mencapai psikologis audience hingga mencapai emosional tertentu. Teks yang disusun melibatkan penggunaan kata-kata yang persuasif dan kreatif untuk menghasilkan pesan yang efektif. Teks yang dihasilkan oleh copywriter disebut "copy", dan itulah sebabnya disebut "copywriting".

Esensi Copywriting dalam Digital Marketing

Sebagai seorang copywriter, tugas kamu adalah membuat pesan yang bisa menghipnotis  para audience melalui pesan yang persuasif dan engaging bagi target audiensmu. Sebab, tujuan utama copywriting adalah menciptakan hubungan emosional antara brand dengan audiens. 

Copywriting digunakan untuk menciptakan teks yang menggugah emosi, membangkitkan keinginan, dan mempengaruhi tindakan pembaca atau pendengar. Dengan menggunakan teknik copywriting yang tepat, kamu bisa mengomunikasikan value dari sebuah brand untuk membangun kepercayaan dan meyakinakn audiens untuk memilih produk yang kamu tawarkan, loh!

Cara Menjadi Copywriter Handal

Kalau SohIB berminat menjadi copywriter handal, kamu bisa belajar untuk menguasai keterapilan yang diperlukan dengan langkah-langkai sebagai berikut:

1. Memahami Psikologi Audiens

Yang pertama harus kamu pelajari dari seorang audiens adalah ketahui permasalahan apa yang dialami audiens, bagaimana cara mereka berpikir, dan apa yang mereka inginkan.

Karena dengan pemahaman yang mendalam tentang audiens, kamu dapat membuat sebuah pesan yang tepat sasaran dan relevan dengan apa yang mereka pikirkan. Sehingga mempengaruhi mereka untuk melakukan sebuah tindakan atau dalam hal ini adalah membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan.

2. Mengembangkan Keterampilan Menulis

Skill ini merupakan kunci untuk menjadi seorang copywriter handal. Kamu perlu menguasai tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan yang baik dan efektif. Selain itu, SohIB juga perlu mempelajari teknik-teknik khusus dalam copywriting, seperti pembuatan headline yang menarik dan struktur penulisan yang efektif.

3. Mempelajari Teknik Copywriting yang Efektif

Terdapat beberapa teknik copywriting yang bisa kamu pelajari, antara lain:

Penulisan Copy yang Efektif | unsplash.com (Ben Maffin)
  • Permainan kata: Pilih kata yang kuat dan cukup berpengaruh pada emosi audiens ketik melihat atau mendengar produk yang kamu tawarkan
  • Menciptakan kebutuhan: Kamu bisa buat pesan yang dapat membuat audiens-mu merasa membutuhkan produk atau layananmu.
  • Membangun kepercayaan: Gunakan social poof, testimoni pelanggan, dan jaminan kualitas untuk membangun kepercayaan audiens.
  • Menciptakan urgensi: Buatlah pesan yang dapat membuat audiens menemukan solusi dalam benefit produk yang kamu tawarkan untuk segera mengambil tindakan.

Teknik tersebut dapat diterapkan di berbagai media dan bergantung dengan tingkat kreativitas masing-masing individu melalui proses brainstorming dan ideation, serta formula umum dalam copywriting yang telah diajarkan pada workshop SohIB Berkelas: Trik Merangkai Kata Pada Sebuah Konten dengan Teknik Copywriting yang diadakan pada hari Kamis, 14 April 2022 lalu.

4. Mencari Mentor atau Mengikuti Kursus Copywriting

Cara ini dapat mempercepat proses belajarmu dalam mengembangkan keterampilan menulis copy-mu. Dengan mengikuti mentor  atau kursus dapat memberikan panduan bahkan feedback yang berharga untuk membantu kamu menjadi copywriter handal.

5. Praktik yang Konsisten

Praktik yang konsisten sangat penting dalam pengembangan skill copywriting. Tulis secara teratur, uji teknik copywriting yang kamu pelajari, dan teruslah belajar mengasah kemampuanmu.

Peluang dan Tantangan Karier Copywriting Tahun 2023

1. Peluang

Pada tahun 2023, perkembangan teknologi dan pergeseran tren pasar akan memberikan tantangan dan peluang baru bagi copywriter. Karier copywriting menjanjikan peluang yang menggiurkan dalam beberapa tahun mendatang.

Dalam era digital yang terus berkembang, permintaan terhadap copywriter yang handal semakin tinggi. Banyak perusahaan menyadari pentingnya copywriting yang efektif dalam memengaruhi audiens dan membangun brand mereka. Berikut beberapa tips untuk memulai karir sebagai copywriter:

  • Membangun Portfolio

Sebelum kamu mulai mencari klien, kamu perlu membangun portfolio-mu yang menunjukkan keterampilan dan kemampuan copywriting-mu. Mulai dengan proyek kecil, seperti menulis artikel blog atau membuat teks iklan untuk teman ataupun keluarga. Selain itu, SohIB juga bisa menawarkan jasa sebagai copywriter secara gratis untuk organisasi nonprofit.

  • Mencari Klien

Setelah memiliki portfolio yang solid, langkah berikutnya adalah mencari klien. Kamu bisa mengawalinya dengan cara menghubungi perusahaan atau individu yang mungkin membutuhkan jasa copywriting, serta menawarkan jasamu ke beberapa platform freelancer, seperti UpworkFreelancerFiverr, dan sebagainya.

  • Membangun Hubungan dengan Klien

Setelah mendapatkan klien, penting untuk menjalin hubungan baik dengan mereka. Mendengarkan dengan seksama kebutuhakn klien, memberikan hasil yang tepat waktu, dan layanan terbaik kepada pihak luar adalah kunci untuk mempertahankan klien dan mendapatkan referensi yang baik.

2. Tantangan

Peluang pasti diiringi dengan tantangan secara bersamaan. Berikut tantangan dalam peluang karier sebagai copywriter di tahun 2023:

  • Perkembangan Teknologi yang Cepat

Teknologi terus berkembang dan berubah. Copywriter harus dapat beradaptasi dengan perubahan ini. Misalnya, copywriter harus dapat membuat konten yang menarik untuk dibaca di perangkat seluler.

  • Kebutuhan Klien yang Semakin Kompleks

Klien saat ini memiliki kebutuhan yang semakin kompleks. Mereka tidak hanya menginginkan copy yang menarik, tetapi juga copy yang dapat meningkatkan penjualan dan menghasilkan leads.

  • Tekanan untuk Menghasilkan Hasil yang Cepat

Di era digital, pelanggan mengharapkan informasi dengan cepat. Hal ini membuat copywriter harus dapat menghasilkan copy yang berkualitas dalam waktu yang singkat.

Jadi, apa kamu siap dengan tantangan dan resiko untuk menjadi copywriter?