Mengenal Peran dan Misi Seorang Duta

Mengenal Peran dan Misi Seorang Duta

Edukasi dalam forum | Unsplash (Wonderlane)

Tidak asing bagi kita untuk mendengar istilah duta wisata, duta genre, duta anti narkoba, duta literasi hingga duta pancasila. Menurut KBBI, duta adalah orang yang mewakili suatu negara di negara lain untuk mengurus kepentingan negara yang diwakilinya, membantu dan melindungi warga negaranya yang tinggal di negara itu, dan sebagainya.

Secara sederhana, seorang duta adalah seseorang yang diutus atau dipilih (oleh pemerintah) sebagai aktor yang mewakili suatu urusan tertentu. Mengambil contoh di atas, duta wisata berarti seseorang yang diutus untuk membantu urusan kepariwisataan, terutama dalam aspek edukasi, pengembangan, hingga promosi.

Ajang Pemilihan Duta

Ajang pemilihan duta juga tidak asing kita dengar di berbagai daerah maupun di tingkat nasional. Misalnya, ajang pemilihan duta wisata menjadi festival yang kerap digelar setiap tahunnya. Tak jarang pada tingkat kabupaten juga turut meramaikan kegiatan pemilihan duta wisata.

Digelarnya pemilihan duta menjadi suatu fenomena positif, baik untuk pihak pemerintah selaku penyelenggara maupun generasi muda sebagai sasaran. Bagi pemerintah maupun instansi penyelenggara akan terbantu dengan adanya seorang ikon. Bagi masyarakat khususnya generasi muda ajang pemilihan duta ini sebagai sarana mengaktualisasikan diri mereka.

Tentu tidak semua orang dapat menjadi seorang duta. Pemilihan seorang pewakil diselenggarakan dengan serangkaian proses seleksi yang ketat. Mengingat tanggung jawab yang dipikul nantinya, duta tidak boleh asal dipilih. Mengambil contoh yakni duta wisata, terdapat tiga kriteria dasar yang menjadi penilaian apakah seseorang tersebut layak menjadi ikon tersebut. Kriteria tersebut antara lain Beauty, Brain, dan Behaviour. Ketiga kriteria tersebut dibutuhkan individu calon perwakilan dalam menjalankan tugasnya.

Misi Seorang Duta

Berdasarkan definisinya, tugas yang dilakukan oleh seorang duta akan mengikuti kebutuhan pada suatu bidang yang ditekuninya. Secara sederhana, setidaknya berikut beberapa misi yang dilaksanakan perwakilan tersebut, antara lain:

1. Edukator

Duta punya tugas untuk menjadi edukator. Ia diberi tugas untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas berkaitan dengan bidang yang digeluti. Bagi duta wisata, ia akan berperan untuk mengomunikasikan destinasi wisata di suatu daerah ke masyarakat luar dan dalam daerah. Mulai dari lokasi destinasi, petunjuk berwisata, hingga ajakan untuk menjaga alam, melestarikan lingkungan, hingga gaya hidup sehat.

2. Mempersuasi

Bagi mereka yang merupakan duta membaca, memiliki tanggung jawab untuk mengajak masyarakat agar memiliki kebiasaan membaca setiap hari dan mengedukasi pentingnya kemampuan literasi. Tidak hanya itu, duta baca juga membantu mempromosikan perpustakaan daerah/kota, sehingga masyarakat menjadi terdorong untuk datang ke tempat membaca.

3. Public Figure

Sebagai duta, seseorang harus memiliki semangat belajar yang tinggi dan terus berupaya mengembangkan dirinya menjadi pribadi yang berkualitas. Dengan begitu, dirinya dapat menjadi teladan bagi masyarakat sekitar.

4. Agen Perubahan

Satu misi yang juga tak kalah penting adalah seorang Duta perlu memiliki kemampuan problem solving untuk mengatasi berbagai masalah maupun tantangan yang dihadapi terkait bidang yang ditekuni. Sebagai contoh, duta baca dihadapkan dengan kondisi masyarakat yang memiliki minat baca yang rendah. Maka, ia diharuskan dapat berpartisipasi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut melalui program-program kreatif yang dilakukan.

Demikian sedikit kita mengenal tentang peran seorang duta dan apa saja tugas-tugas mulianya. Apakah kamu tertarik? Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Referensi: Asshafa, R. (2014) | Widayani, E. (2022)