Manfaatkan Media Sosial Untuk Kebaikan Sosial

Manfaatkan Media Sosial Untuk Kebaikan Sosial

Media Sosial | Pixabay.com (LoboStudioHamburg)

#SohIBBerkompetisiArtikel

 

Siapa yang belum familiar dengan media sosial? Hampir seluruh kalangan usia sudah mengenal dan menggunakan media sosial dalam kesehariannya.

Tiktok, Instagram, Twitter, Whatsapp merupakan beberapa media sosial yang cukup populer di Indonesia. Khususnya di kalangan remaja.

Beberapa media sosial seringkali dimanfaatkan untuk menyampaikan campaign sosial.

Campaign Sosial Dengan Media Sosial

Memanfaatkan hashtag media sosial | Pixabay.com (Mohamed Hassan)

Umumnya, orang-orang akan memanfaatkan fitur ‘hashtag’ untuk menyebarluaskan campaign sosial mereka di media sosial.

Sohib pasti sudah familiar dengan ‘hashtag’ yang beredar di media sosial, seperti #GoGreen contohnya.

Glints menyebut bahwa hashtag digunakan agar percakapan yang sama akan terkumpul menjadi satu.

Dengan begitu, pengguna lain akan lebih mudah untuk menelusuri topik percakapan tertentu.

Nah, sudah pada tahu belum contoh campaign di media sosial? Yuk, kita simak contoh beberapa campaign di media sosial.

Contoh Campaign Sosial di Media Sosial

Pandawara Group melakukan kampanye lingkungan | detik.com

Ada banyak sekali campaign yang digaungkan melalui media sosial. Mulai dari kampanye lingkungan hingga kampanye sosial, seperti berdonasi.

Berikut merupakan ringkasan kampanye yang banyak dilakukan melalui media sosial.

1. Kampanye Amal

Media sosial dapat kita manfaatkan untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, dan sebagainya.

Melalui kampanye tersebut, masyarakat dapat berkontribusi untuk saling membantu sesamanya dengan berdonasi berupa uang maupun barang. 

Serta memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan kondisi masyarakat di daerah tersebut.

2. Kampanye Pendidikan

Kampanye ketiga yakni pendidikan yang memanfaatkan kemajuan media sosial untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pendidikan.

Melalui kampanye ini, masyarakat dapat lebih memperhatikan kondisi dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Salah satu contohnya adalah menghentikan perilaku bullying yang masih banyak terjadi di lingkungan sekolah.

3. Kampanye Kesehatan

Saat dunia dilanda Covid-19, media sosial menjadi sangat bermanfaat untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.

Tidak hanya memberitakan perkembangan kasus Covid-19, namun juga sebagai media untuk  mengedukasi masyarakat terkait Covid-19.

Melalui edukasi tersebut, masyarakat menjadi lebih waspada terhadap kesehatan dirinya dan orang-orang disekitarnya.

4. Kampanye Lingkungan

Nah, kalau kampanye yang satu ini sudah ada dari dulu, ya. Tentu saja dengan kemajuan media sosial, kampanye ini akan terus menerus dilakukan.

Ada yang tahu kampanye bersih-bersih yang dilakukan Pandawara Group? Yup, mereka adalah sekelompok pemuda yang membagikan aksi bersih-bersih sungai di platform TikTok. 

Kampanye Pandawara Group tersebut memberikan motivasi bagi masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

Serta menyadarkan kita bahwa lingkungan di sekitar kita dapat menimbulkan beragam penyakit apabila tidak dibersihkan.

Itulah beberapa contoh kampanye sosial yang banyak beredar dan disampaikan melalui sosial media.

Oiya, sudah pada tahu belum kalau campaign sosial membawa banyak manfaat? Kalau belum tahu, yuk simak manfaat dari campaign media sosial berikut ini!

Apa Saja Manfaat Campaign?

Penyebaran informasi dalam genggaman | Pixabay.com (WebTechExperts)

Campaign yang disampaikan melalui media sosial, memberikan beragam manfaat, lho.

1. Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Melalui kampanye media sosial, pembahasan mengenai isu-isu tertentu bisa berkembangan lebih cepat dan efektif.

Hal ini disebabkan banyaknya pengguna media sosial sehingga penyebaran suatu berita menjadi sangat cepat.

Dengan demikian, masyarakat dapat sadar dan paham terhadap isu hangat yang sedang menjadi buah bibir netizen.

2. Melibatkan Partisipasi Masyarakat

Setelah memahami isu yang tengah hangat dibicarakan, masyarakat menjadi lebih mudah untuk terlibat aktif dalam isu tersebut

Salah satunya yakni membagikan perkembangan isu. Menyuarakan pandangan mereka terhadap isu tertentu.

Tidak sampai situ saja, tentu netizen perlu juga untuk menyampaikan solusi maupun dukungan.

3. Meningkatkan Akses Informasi

Kampanye-kampanye ini juga digunakan sebagai penyalur informasi.

Screentime media sosial terkadang jauh lebih banyak dibandingkan dengan mengakses sumber berita lain melalui Google.

Dengan mengikuti suatu hashtag atau akun kampanye, netizen dapat dengan mudah memperoleh informasi terbaru.

4. Mendorong Perubahan Sosial

Sadar atau tidak, ternyata kampanye melalui sosial media dapat membuat perubahan, lho.

Buat Sohib pengguna Twitter pasti tidak asing kalau problem yang terjadi di masyarakat menjadi lebih cepat diatasi setelah menjadi trending topic.

Ramainya tag #TwitterDoYourMagic banyak membantu teman-teman yang mengalami ketidakadilan untuk mendapatkan haknya.

Kesimpulan

Ternyata jika media sosial digunakan dengan baik, dapat memberikan banyak manfaat bagi sekeliling kita, ya Sohib.

Melalui kampanye-kampanye sosial tersebut juga banyak memberikan bantuan bagi orang-orang disekitar. Entah bantuan berupa benda maupun berupa moral.

Selain itu juga bisa memberikan banyak perubahan kecil di kehidupan sehari-hari kita.

Yuk, sampaikan hal-hal positif melalui media sosial kita. Satu kata positif dapat membuat hidup orang lain menjadi lebih baik. Have a great day, Sohib.