Cek Lokasi Penukaran Uang untuk Menyambut Idulfitri 1444 H!

Cek Lokasi Penukaran Uang untuk Menyambut Idulfitri 1444 H!

Penukaran Uang Idulfitri | Pixabay (Iqbal Nuril Anwar)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Halo SohIB! Sudahkah kamu menyiapkan uang lebaranmu? Lebaran Idulfitri sudah semakin dekat, dan salah satu persiapan yang penting adalah memastikan kamu memiliki uang tunai yang cukup untuk berbagai kebutuhan selama liburan lebaran nanti. Selain menjadi momen silaturahmi dengan keluarga dan teman-teman, Idulfitri juga identik dengan tradisi memberi uang atau disebut "uang lebaran" kepada anak-anak dan saudara.

Namun, tidak semua orang punya kesempatan atau waktu untuk menukarkan uang di bank atau tempat penukaran uang lainnya. Tenang saja, sekarang kamu bisa memesan penukaran uang dengan lebih mudah dan aman tanpa perlu datang ke kantor Bank Indonesia atau bank lainnya dengan menggunakan aplikasi PINTAR dari Bank Indonesia.

Biar kamu nggak perlu repot-repot keliling mencari tempat penukaran uang, SohIB sudah siapkan informasi tentang lokasi penukaran uang Idulfitri 1444 H yang bisa kamu cek langsung di sini. Yuk, simak artikelnya dan siapkan uang lebaranmu dengan mudah dan tanpa ribet!

5 Hal Berharga Ini Nggak Bisa Dibeli dengan Uang

Tersebar di Seluruh Indonesia

Uang rupiah
Uang rupiah baru | Pixabay (Mohamad Trilaksono)

Untuk menyambut hari raya Idulfitri 1444 Hijriah ini, Bank Indonesia telah menyediakan Rp195 triliun uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jumlah tersebut naik 8,2% dibandingkan tahun lalu. Kamu bisa melakukan penukaran uang ini mulai tanggal 27 Maret 2023 s.d 20 April 2023, ya!

SohIB tidak perlu khawatir, untuk melakukan penukaran uang ini, kamu tidak perlu jauh-jauh berkendara ke kota lain, lo. Bank Indonesia sudah bekerja sama dengan perbankan dan juga kas keliling untuk menyediakan 5.066 titik layanan penukaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Di manapun kalian berada, kalian bisa melakukan penukaran uang sesuai dengan lokasi yang paling dekat dengan kalian. Menarik banget, ya!

Berikut adalah beberapa daftar lokasi penukaran uang di berbagai provinsi di Indonesia:

  1. Provinsi Aceh

Di provinsi Aceh, lokasi penukaran uang tersebar di 29 lokasi, antara lain:

  • Bank Aceh Syariah (Jl. Tgk. H. Mohd. Daud Beureueh No 161, Lampriet)
  • Bank BTPN Syariah (Jalan Taman Sri Ratu Safiatuddin)
  • Bank BTN Syariah (Jl. Teuku Moh. Daud Beureueh Muh. Daud Beureuh No.8, Laksana)
  1. Provinsi Jawa Barat

Bagi kamu yang berlokasi di Jawa Barat, ada 306 titik penukaran uang yang bisa kamu datangi, lo, di antaranya:

  • Bank Mandiri Cabang Panjaitan (Jl. D.I. Panjaitan No.8, Indramayu)
  • Bank BNI KCP Arjawinangun (Jl. By Pass No 6 Arjawinangun, Cirebon)
  • Bank Shinhan Indonesia (JL. CIHAMPELAS NO. 29, Bandung)
  1. Provinsi Jawa Timur

Untuk provinsi Jawa Timur, terdapat 748 lokasi penukaran uang yang bisa kamu datangi,  lo, antara lain:

  • Bank Mega Syariah (Jl. A. Yani No. 2-4 Wonokromo, Surabaya)
  • Bank BTPN (Jl Gajah Mada No 18, Sidoarjo)
  • BPD JATIM KC Banyuwangi (Jl. Basuki Rahmat No.156, Lateng)
  1. Provinsi Kalimantan Barat

Kalimatan Barat memiliki 106 lokasi penukaran uang yang tersebar di banyak kota, seperti:

  • Bank Danamon Indonesia(Jl. Diponegoro No.42 A Kota Singkawang)
  • Bank Syariah Indonesia (Jl. MT. Haryono No.55 Kab. Sintang)
  • Bank HSBC (Jl.Ir. H. Juanda No. 37-39, Pontianak)
  1. Provinsi Sulawesi Selatan

Jika kamu adalah warga provinsi Sulawesi Selatan, jangan lupa untuk mendatangi 78 lokasi penukaran uang ini, ya! Beberapa lokasi yang bisa kamu datangi adalah:

  • Bank Syariah Indonesia (Jl Sultan Hasanuddin No 34, Gowa)
  • Bank BNI (Jl. Jend. Sudirman No. 1 Makassar)
  • Bank OCBC NISP (Jl. Pettarani No. 29)
8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

Untuk mengetahui lokasi penukaran uang di tahun 2023 secara lengkap, SohIB bisa membuka link berikut yang berisi daftar lengkap 5.066 tempat layanan penukaran yang ada di seluruh Indonesia. Selain melalui bank, kamu juga bisa melakukan penukaran uang melalui kas keliling, lo!

Jenis uang rupiah yang bisa ditukarkan
Jenis uang rupiah yang bisa ditukarkan | Pixabay (Robert Lens)

Untuk SohIB yang berada di wilayah DKI Jakarta, jangan khawatir soal kebutuhan uang Lebaranmu! Dalam rangka memudahkan kamu dalam mempersiapkan uang Lebaran, Bank Indonesia bekerjasama dengan 16 bank wilayah DKI Jakarta akan menyediakan layanan kas keliling bersama.

Layanan ini akan tersedia mulai dari tanggal 3-14 April 2023 dan akan beroperasi di beberapa masjid terkenal di Jakarta, seperti Masjid Hasyim Asya'ri, Masjid Istiqlal, Masjid At Tin, Masjid Islamic Center, dan Masjid Al Azhar. Namun untuk menukarkan uang melalui kas keliling, SohIB wajib memesan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR, ya!

Nah, itulah beberapa informasi mengenai lokasi penukaran uang untuk menyambut Idulfitri 2023 di berbagai provinsi yang bisa kamu kunjungi. Ingat, jangan sampai terlambat dan kehabisan uang tunai saat hari raya tiba ya. Pastikan kamu mempersiapkan uang lebaranmu sejak jauh-jauh hari agar bisa merayakan Idulfitri dengan tenang dan nyaman.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku agar terhindar dari penularan virus COVID-19. Selamat berbelanja dan merayakan hari raya Idulfitri 1444 H, ya SohIB!