5 Langkah Efektif Melakukan Meditasi Berjalan

5 Langkah Efektif Melakukan Meditasi Berjalan

Ilustrasi meditasi berjalan I Pixabay (BluBonRelaXon)

Kita sering menganggap meditasi adalah aktivitas membosankan yang memaksa kita untuk duduk, memejamkan mata, dan fokus pada pernapasan. Beberapa dari kita pun juga merasa tidak punya waktu untuk itu.

Namun faktanya, ada satu jenis meditasi yang sangat berhasil bagi SohIB yang tidak punya waktu untuk meditasi duduk, yaitu walking meditation atau biasa disebut meditasi berjalan.

Apa itu Meditasi Berjalan?

Melansir dari Choosing Therapy, meditasi berjalan adalah teknik mindfulness yang memfokuskan perhatian kepada gerakan tubuh ketika sedang berjalan. Meski meditasi dilakukan sambil berjalan, tetapi meditasi berjalan tidak fokus pada kecepatan untuk mencapai satu titik. Meditasi berjalan berfokus pada tubuh, pernapasan, dan lingkungan sekitar.

Diwartakan oleh CNN Indonesia, personal trainer di Blink Fitness, Weilin Wu, mengatakan tujuan dari meditasi berjalan adalah untuk menyinkronkan tubuh dan pikiran, memungkinkan kita terhubung dengan alam dan lingkungan sekitar.

Menurutnya meditasi berjalan, bukan hanya aktivitas berjalan saja. Namun, kita juga diajak untuk melatih mindfulness. Mengutip WebMD, mindfulness adalah keadaan sadar dan fokus sepenuhnya.

Jadi, SohIB dapat merasakan pengalaman terkecil, sensasi fisik dan emosi tanpa menghakimi. Lalu jurnal Health Promotion Perspectives mengklaim bahwa meditasi selama 10 menit di luar ruangan dapat meningkatkan mood orang dewasa, loh.

Merujuk Choosing Therapy dan Aura Health, berikut 5 langkah efektif untuk melakukan meditasi berjalan, antara lain:

1. Pilih Tempat yang Tenang

Ilustrasi tempat yang tenang I Pixabay (Big_Heart)

Ilustrasi tempat yang tenang I Pixabay (Big_Heart)

Sebelum memulai meditasi berjalan, kita sebaiknya memilih tempat dengan suasana yang tenang dan sedikit kendaraan yang melintas. Meditasi berjalan juga membutuhkan permukaan yang rata, sehingga kita tidak perlu khawatir tersandung.

Apabila kita melakukan meditasi berjalan di tempat umum, kita perlu hati-hati agar tidak menggangu jalan orang lain.

Sementara jika kita menemukan tempat tersebut, kita bisa melakukan meditasi berjalan di dalam ruang. Asalkan tetap berkonsentrasi penuh dan tidak terganggu oleh suasana sekitar.

2. Fokus terhadap Rangsangan Eksternal

Ilustrasi pemandangan sekitar I Pixabay (NoName_13)

Ilustrasi pemandangan sekitar I Pixabay (NoName_13)

Tujuan dari meditasi jalan adalah menjernihkan pikiran sehingga dapat fokus pada rangsangan eksternal di sekitar kita. Jika kita merasakan dan menikmati sepenuhnya, hampir semua indra kita terlibat untuk memilih suara apa yang kita dengar di sekitar.

Misalnya,  ada suara anjing yang menggonggong, suara gemerisik dedaunan atau suara yang lainnya. Setelah itu, cobalah diri kita untuk menyapa suara-suara tersebut.

3. Memusatkan Perhatian Saat Berjalan

Ilustrasi berjalan fokus I Pixabay (강춘성)

Ilustrasi berjalan fokus I Pixabay (강춘성)

Jika kita sudah berhasil merasakan sensasi fisik dari meditasi berjalan, jangan lupakan perasaan, pikiran, dan suasana hati kita juga, loh. Namun, kita hanya perlu memperhatikan ini sebelum dan saat berjalan saja, ya.

Kemudian usahakan untuk tidak terlalu ketat mengikuti instruksi saat meditasi berjalan. Karena, ini memungkinkan kita berjalan secara alami dengan pikiran yang lebih tenang dan terbuka.

4. Memperhatikan Kecepatan dan Postur Tubuh

Ilustrasi berjalan lambat I Pixabay (Fotorech)

Ilustrasi berjalan lambat I Pixabay (Fotorech)

Kalau kita telah berhasil merasakan manfaat meditasi berjalan. Kecepatan dan postur tubuh kita juga harus diperhatikan. Berjalan terlalu cepat dan tergesa-gesa akan membuat tubuh kita kelelahan. Cobalah untuk memulai meditasi berjalan dengan lebih lambat.

Kemudian cobalah membiarkan lengan dan tangan berayun-ayun di sisi tubuh. Selain itu, kita juga bisa mengendurkan otot-otot kaki saat berjalan agar lebih natural dan nyaman.

5. Latihan yang Teratur

Ilustrasi jadwal I Pixabay (Darkmoon_Art)

Ilustrasi jadwal I Pixabay (Darkmoon_Art)

Meditasi berjalan akan efektif bila dilakukan sebagai latihan jangka panjang. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, kita disarankan untuk melakukan meditasi berjalan setidaknya tiga kali seminggu selama tiga hingga empat bulan.

Meskipun terkesan sederhana, ternyata meditasi berjalan mampu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, loh. Apalagi kalau kita melakukanya dengan teratur. Jadi, SohIB jangan ragu untuk mencoba dan temukan manfaatnya sendiri, ya.

Dengan ini, meditasi berjalan menjadi alternatif yang menarik dibandingkan meditasi duduk yang sering dianggap membosankan.