Kurban dan Santuni Anak Yatim di Idul Adha 1444 H di Desa Ciburayut

Kurban dan Santuni Anak Yatim di Idul Adha 1444 H di Desa Ciburayut

Karang Taruna pada saat menyerahkan santunan kepada yatim diwilayah Desa Ciburayut

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi

Dalam Rangka merayakan Hari raya Idul Adha 1444 Hijriah, Karang Taruna Desa Ciburayut (Katar Ciburayut) menggelar program lanjutan yang bertajuk 'Bersihan' dengan dibarengi 1 ekor kambing untuk kurban dengan tetap berupaya untuk menyantuni anak yatim yang ada di wilayah Desa Ciburayut secara bertahap.

Setelah sukses menggelar kegiatan 'Bersihan I' (Berbagi Kasih di Bulan Suci Ramadan) yang digelar pada bulan Ramadan kemarin yang di isi dengan buka bersama dan santunan yatim sebanyak 70 orang dan kini program tersebut memasuki tahap ke II dengan mengangkat tema 'Bersihan II' yakni Berbagi Kasih dengan Berkurban.

Bersihan II kali ini dibarengi dengan penyembelihan dan penyaluran satu ekor kambing yang dibagikan kepada mustahik di Pesantren Al Asmaul Husna, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Sabtu (01/07/2023).

Karang Taruna Desa Ciburayut pada saat menyembelih hewan kurban | Sumber : Dok. Karang Taruna Desa Ciburayut

Dalam kegiatan Bersihan kali ini memiliki agenda pemotongan hewan kurban dibarengi dengan menyantuni 10 anak yatim piatu yang berada di daerah kampung panyarang. Kegiatan ini dihadiri pengurus Katar Ciburayut, Katar Kecamatan Cigombong, Ketua Katar Kabupaten Bogor dan santri Al Asmaul Husna.

Selesai acara pemotongan, Ketua pelaksana acara, Belgi Al Huda mengatakan bahwa di hari raya Idul kurban tahun ini, ada kenaikan dari tahun yang lalu.

“Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan dari tahun yang lalu, hal ini tentunya kami dari pihak panitia pun merasa bangga, karena kami bisa menyantuni yatim piatu dan dihadiri juga oleh para pengurus Katar Kecamatan Cigombong dan Katar Kabupaten Bogor,” ujar pria yang biasa disapa Belgi.

Lebih lanjut dirinya mengucapkan terimakasih kepada seluruh stackholder yang membantu terlaksananya program Bersihan tahap II dan tidak lupa dirinya berterima kasih kepada donatur atau para dermawan yang telah menyisihkan sebagian hartanya. - Tutup Belgi

Belgi Alhuda pada saat menyerahkan donasi santunan dan daging kurban kepada yatim | Sumber : Dok. Karang Taruna Desa Ciburayut

Sementara itu, Ketua Katar Kecamatan Cigombong, Rudy Herdyansyah mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia Katar desa ciburayut dan yayasan Ibnu Rusy, yang hari ini melaksanakan pemotongan hewan kurban dengan sangat khidmat.

“Dari ke satu ekor hewan kurban ini, dagingnya pun kami bagikan kepada mustahik di lingkungan kami dan juga kami bagikan juga terhadap Santri Asmaul Husna ini,” ungkapnya.

Ketua Katar Kabupaten Bogor, Irfan Darajat yang juga hadir dalam kegiatan ini menyampaikan rasa syukurnya karena acara penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan Katar Desa Ciburayut berjalan lancar dan sukses dan juga sebagai wujud bentuk peduli sesama serta memanusiakan manusia. 

"Kegiatan-kegiatan sosial keagamaan ini, kedepannya dapat dilaksanakan juga oleh pengurus lainnya dari tingkat Kecamatan hingga Desa agar lebih produktif dan berdaya guna untuk sama-sama membesarkan Katar Kabupaten Bogor," tandas Irfan ditemui di tempat.

Terima kasih kepada seluruh stackholder yang terlibat dan semoga kita terus dapat menjadi mitra dalam hal menciptakan kebaikan di masyarakat 

Karang Taruna Desa Ciburayut dari tahun ke tahun mencoba konsisten untuk memberikan kontribusi terutama dalam program santunan yatim. Setelah pada tahun-tahun yang lalu pernah di gelar kegiatan serupa dengan tema 'Gerakan Peduli Yatim'. Kali ini, mereka mencoba untuk memaksimalkan kembali dengan program 'Bersihan' yang dilaksanakan secara bertahap dan berkelanjutan. 

"Semoga, program ini dapat terus terlaksana dan berkelanjutan dan dibarengi pula dengan program-program lainnya baik dalam bidang usaha ekonomi produktif (UEP), seni budaya maupun pendidikan dan lain sebagainya."