Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Kemudahan Akses Digital!

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Kemudahan Akses Digital!

Akses digital | Sumber: Freepik

 #SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

SohIB, saat ini sangat mudah bagi kita untuk mengakses segala sesuatu melalui digital. Mulai dari bisnis, belanja, pembayaran, media sosial, pembayaran, hingga pembelajaran. Semua sangat praktis dan sangat memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahu tidak SohIB, jika dibalik kemudahan itu terdapat kelebihan dan kekurangannya, lo! Apa saja?

Kelebihan Adanya Kemudahan Akses Digital

1. Mudah Memperoleh Berbagai Informasi

Mudah memperoleh informasi | Sumber: Freepik (benzoix)

Dengan mengandalkan mesin pencarian, kita dapat menemukan informasi apapun. SohIB ingin mencari kursus menulis? Atau ingin belajar mengenai SEO? Kamu dapat mengetikkan kata kunci 'kursus menulis' atau 'belajar SEO' di mesin pencarian. Mesin pencarian otomatis akan menampilkan situs, media sosial, ataupun aplikasi yang tersedia sesuai dengan kata kunci yang SohIB cari.

Selain itu, melalui media sosial, SohIB dapat terhubung dengan teman-teman dan mengetahui kabar terbaru dari mereka. Kemudian lewat aplikasi sendiri, SohIB dapat mendapatkan kemudahan untuk beraktivitas, seperti belanja, belajar, hingga mendengarkan musik. Sangat praktis bukan?

2. Menghemat Waktu dan Biaya

Hemat waktu dan biaya | Sumber: Freepik

Pernakah SohIB merasa jengkel harus pergi langsung ke suatu tempat untuk mengurus administrasi , padahal sedang tidak di lokasi tersebut atau sedang sibuk mengurus kepentingan lainnya? Belum lagi adanya kebijakan dikenai berbagai biaya yang mungkin dapat menguras kantong SohIB.

Digitalisasi menjadi alternatif menjawab permasalahan itu. Meski belum semua sektor atau usaha dapat menerapkan hal tersebut. Keunggulan dari pemrosesan secara digital bagi kita dan pemilik usaha adalah tidak perlu mencetak banyak berkas fisik. Berkas fisik ada kalanya memang dibutuhkan. Namun, sejatinya ia juga memiliki kelemahan, seperti mudah tercecer, hilang, dan rusak. Pilihan proses secara digital membuat orang dapat melakukannya di mana pun dan kapan saja tanpa harus pergi ke tempat secara langsung. 

3. Memudahkan untuk Membangun dan Menjalin Koneksi 

Menjalin koneksi | Sumber: Freepik (jannoon028)

Koneksi menjadi hal yang krusial bagi kita. Baik itu seorang pelajar, mahasiswa, pebisnis, dan pekerja. Relasi dapat membantu kita untuk belajar atau mendukung karier. Saat ini, SohIB tidak perlu khawatir untuk menemukannya. Media sosial atau komunitas online sudah banyak tersedia sebagai wadah bagi kita untuk berkoneksi.

Kekurangan Adanya Kemudahan Akses Digital

1. Terdapat Risiko Terjebak Penipuan

Risiko terhadap penipuan | Sumber: Freepik (jcomp)

Kemudahan pasti selalu dibayangi dengan risiko kejahatan pula. Ada kalanya kita terlalu mudah percaya akan suatu informasi dan tidak bersikap waspada sehingga terjebak penipuan. Tahukah SohIB, sekarang banyak modus penipuan.

Modus tersebut akan terus berubah-ubah seiring waktu yang tidak akan memandang media atau cara apa pun untuk mendapatkan korbannya. Bahkan, hal tersebut dapat terjadi di situs pencari kerja atau di media sosial teman atau keluarga kita yang telah diretas. Jadi tetap berhati-hati dan waspada ya, SohIB!

2. Keamanan Data Tidak 100% Terjamin

Keamanan data | Sumber: Freepik

SohIB pernah merasa curiga ketika ada pendaftaran yang membutuhkan informasi Kartu Keluarga, Nomor Induk Keluarga, tanggal lahir, dan infromasi pribadi lainnya? Hati-hati ya, cek dahulu lembaga atau penyelenggara apakah benar terpercaya. Pastikan mereka memiliki ketentuan dalam menjaga keamanan data pribadi. Jika kurang meyakinkan, jangan sekali-kali memberikan informasi tersebut SohIB. Tidak ada sistem yang 100% aman. 

3. Berbagi Informasi Berlebihan di Media Sosial

Oversharing di media sosial | Sumber: Freepik (peoplecreations)

Oversharing itu tidak baik lo, SohIB. Memang sih, penting untuk senantiasa update di media sosial, tapi tidak semua hal harus diunggah. Ingat tidak, pernah ada kejadian peretasan masal hanya karena kita memberitahu nama ibu kandung atau sesuatu yang sifatnya berbagi privasi di media sosial?

Nah, jangan dilakukan lagi ya, SohIB. Bisa jadi informasi itu malah dimanfaatkan oleh oknum jahat untuk kepentingan mereka dalam melakukan penipuan atau peretasan. Tetap bijak dalam menggunakan media sosial. 

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan dalam kemudahan akses digital SohIB. Selalu berhati-hati dan waspada pada setiap kesempatan agar dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan.