Mari Mengurangi Pemanasan Global Bersama Indonesia, Ini 3 Langkahnya!

Mari Mengurangi Pemanasan Global Bersama Indonesia, Ini 3 Langkahnya!

Pemanasan global | Unsplash (Markus Spiske)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Good day, SohIB! Apakah kamu tahu bahwa pemanasan global saat ini semakin mengkhawatirkan? Hal ini karena terjadinya peningkatan suhu bumi yang memberikan berdampak buruk pada lingkungan hidup kita, seperti bencana alam banjir, terganggunya ekosistem, bahkan sampai meningkatkan risiko kesehatan. Sangat menyeramkan, bukan?

Sebagai negara tropis yang memiliki 2 musim, yaitu hujan dan kemarau, Indonesia sangat rentan terhadap perubahan iklim yang disebabkan oleh pemanasan global ini. Untuk itu, Pemerintah Indonesia sudah berkomitmen untuk mengurangi dampak pemanasan global bersama negara lainnya dengan menandatangani Perjanjian Paris. Selain dari negara, kita sebagai warga negara juga memiliki peran yang sangat penting, lo untuk ikut serta dalam mengurangi pemanasan global.

Agar kita bisa ikut serta dalam menjaga bumi, yuk simak artikel di bawah ini yang akan menjelaskan apa saja sih, yang bisa kita lakukan untuk mengurangi pemanasan global bersama Indonesia!

Pentingnya Kesadaran Masyarakat untuk Ikut Serta dalam Menjaga Bumi

Meskipun mungkin terdengar sulit, sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga bumi. Agar lebih mudah, berikut ini adalah 3 contoh langkah yang bisa kita lakukan dari rumah!

  1. Beralih Menggunakan Transportasi Umum

Transportasi umum
Transportasi umum  | Unsplash (Fachry Hadid)

Daripada menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, mari kita coba untuk beralih menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api seperti MRT, KRL, dan MRT. Selain dapat mengurangi macet, kita juga bisa ikut serta dalam mengurangi emisi karbon penyebab pemanasan global, lo!

SohIB tahu gak, kalau emisi CO2 yang dikeluarkan oleh penumpang mobil itu 192 gram? Lebih besar daripada emisi yang dihasilkan kereta yaitu 41 gram saja? Jika kita hitung lagi, jika jumlah masyarat adalah 1.120, maka gas emisi yang dikeluarkan oleh kereta lebih kecil dari pada mobil atau motor karena emisi yang dihasilkan hanya 45.920 gram saja dibandingkan dengan mobil yang bisa sampai 215.040 gram! Sangat berbeda jauh, bukan?

  1. Menanam Pohon dan Menjaga Hutan

Menjaga hutan
Menjaga hutan | Unsplash (Wim van 't Einde)

Kita pasti sudah tahu bahwa pohon adalah salah satu sumber kekayaan alam yang bisa menyimpan karbon penyebab pemanasan global dan juga penghasil oksigen untuk kita bernafas. Namun, saat ini banyak terjadi adalah ada banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menebang pohon secara membabi buta tanpa memperhatikan bagaimana keadaan lingkungan kedepannya.

Untuk itu, hal yang bisa kita lakukan sebagai warga negara adalah menjaga kelestarian hutan dan juga ikut menanam pohon untuk jangka panjang. Menanam pohon adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mengurangi emisi karbon dioksida dan secara tidak langsung kita juga ikut serta dalam membantu menjaga keanekaragaman hayati.

SohIB bisa mulai menanam pohon di halaman rumah atau ikut serta berbagai macam program penanaman pohon yang ada di sekitar kita. Semakin banyak pohon yang kita tanam, tentunya semakin banyak juga karbon dioksida yang diserap oleh pohon tersebut. Win win solution, kan SohIB?

  1. Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Penggunaan plastik sekali pakai menjadi salah satu penyebab tingginya polusi plastik di lautan dan kerusakan lingkungan yang terjadi akibatnya. Untuk meminimalisir hal tersebut, kita bisa lo, membawa tas belanjaan sendiri sebagai pengganti plastik, menggunakan botol minum dan wadah makanan sendiri daripada botol sekali pakai, dan juga memakai sedotan stainless steel yang daapt digunakan berulang kali. Selain lebih hemat, hal ini juga bisa membantu mengurangi polusi plastik, bukan?  

Ini Dia Kontribusi Indonesia dalam Mengurangi Pemanasan Global!

Nah, itu dia 3 hal yang bisa kita lakukan sebagai masyarakat untuk ikut serta mengurangi pemanasan global. Jangan pernah merasa malu, yaa! Karena kalau bukan SohIB yang mulai dari diri sendiri, lalu siapa lagi? Langkah kecil yang perlahan akan lebih baik daripada tidak mulai sama sekali.

Tidak ada tindakan yang terlalu kecil dalam memberikan kontribusi terhadap lingkungan. Oleh karena itu, mari mulai melakukan langkah sederhana ini dan berikan contoh positif bagi orang sekitar kamu! Selamat mencoba SohIB!