5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan oleh Mahasiswa Selain Mengikuti Kuliah di Kampus

5 Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan oleh Mahasiswa Selain Mengikuti Kuliah di Kampus

5 kegiatan positif yang bisa diikuti mahasiswa selain mengikuti proses kuliah di kampus | Pexels: Stanley Morales

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Menjadi mahasiswa dengan mengikuti proses pembelajaran selama kuliah di kampus tentu menjadi salah satu impian banyak orang.

Banyak sekali ilmu-ilmu bermanfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi mahasiswa dan mengikuti perkuliahan di kampus. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari sebuah ilmu dengan spesifik, berbeda dengan bangku pendidikan sekolah yang masih mempelajari banyak mata pelajaran.

Meskipun demikian, mengikuti proses pembelajaran selama kuliah di kampus saja tentu tidak cukup bagi seorang mahasiswa. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan positif lainnya untuk menambah skill maupun pengalaman yang akan berguna nantinya setelah menyelesaikan masa studi.

Berikut ini lima kegiatan positif yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa selain mengikuti proses kuliah di kampus, mulai dari aktif di organisasi hingga ikut part-time dan intern.

1. Aktif Organisasi Kampus

Kegiatan pertama yang bisa kamu ikuti selain mengikuti proses pembelajaran di kuliah adalah dengan aktif di organisasi kampus.

Terdapat berbagai macam organisasi yang bisa kamu ikuti, mulai dari tingkat jurusan, fakultas hingga universitas.

Jenis organisasi yang bisa diikuti pun cukup beragam. Bagi yang berminat dengan dunia politik, kamu bisa aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa yang ada di setiap universitas.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang berminat pada bidang lainnya, seperti olahraga, jurnalisme hingga seni bisa mengikuti organisasi yang sesuai dengan minat dan keinginanmu.

Hal positif yang bisa didapatkan ketika mengikuti organisasi kampus adalah SohIB akan semakin terlatih untuk berorganisasi serta menjalin kerjasama dengan orang lain. Pengalaman ini bisa jadi akan berguna sebagai bekal ketika memasuki dunia kerja setelah menamatkan pendidikan kuliah.

2. Menjadi Panitia Event

Selain mengikuti organisasi kampus, kamu juga bisa menjadi panitia di beberapa event yang sering diselenggarakan, baik oleh mahasiswa maupun pihak universitas.

Terdapat beberapa event yang diselenggarakan oleh mahasiswa yang bisa kamu ikuti sebagai panitia, mulai dari turnamen olahraga hingga pentas musik dan seni.

Selain itu juga terdapat beberapa event yang diselenggarakan oleh pihak universitas, seperti dies natalis dan seminar-seminar dengan berbagai macam tema.

Sama seperti mengikuti organisasi kampus, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman bekerjasama dengan orang lain ketika menjadi panitia sebuah event. Selain itu, kamu juga bisa memperluas link dan koneksimu dengan berbagai pihak yang bisa jadi akan berguna di masa yang akan datang.

3. Asisten Penelitian Dosen

Bagi kamu yang ingin fokus menjadi akademisi sesuai dengan bidang studi yang dipelajari, menjadi asisten penelitian dosen bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil untuk menekuni hal tersebut.

Dengan menjadi asisten penelitian dosen, kamu tentu bisa mengambil pelajaran dengan melihat langsung bagaimana proses dalam melakukan hal tersebut.

Selain itu kamu juga bisa mengasah skill yang dimiliki dengan melakukan tugas-tugas yang sudah diberikan.

4. Mengikuti Pelatihan atau Bootcamp

Mengikuti pelatihan atau bootcamp juga bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa selain mengikuti aktivitas perkuliahan di kampus.

Pelatihan yang bisa kamu ikuti bisa saja sesuai dengan studi yang sedang dipelajari maupun bidang-bidang lain yang ingin dicoba.

Saat ini banyak pelatihan atau bootcamp yang bisa kamu ikuti, baik secara tatap muka ataupun via daring. Selain itu banyak juga pelatihan yang bisa diikuti dengan gratis maupun berbayar.

Salah satu pelatihan yang bisa kamu ikuti adalah Bootcamp SohIB Berkelas yang hadir dengan berbagai tema menarik dan gratis tanpa dipungut biaya.

Terbaru, program Bootcamp SohIB berkelas akan menghadirkan tema 'Jurnalisme Data' dan akan diselenggarakan pada Agustus 2023 nanti. Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti pelatihan tersebut bisa langsung mendaftar pada link ini.

5. Part-Time atau Intern

Kegiatan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti part time atau intern untuk menambah pengalamanmu di dunia kerja.

Selain mendapatkan pengalaman, kamu tentu bisa memperoleh tambahan uang saku jika melakukan kegiatan yang satu ini.

Apalagi dengan program Kampus Merdeka yang digalakkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi semakin mempermudah kamu untuk mulai intern atau magang sejak masih menjadi mahasiswa.

Dilansir dari laman kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, program Kampus Merdeka ini diharapkan bisa mengasah kemampuan para mahasiswa dengan merasakan langsung dunia kerja agar persiapan karir mereka kedepannya semakin matang.

Jadi, udah tau akan mengikuti kegiatan apa saja selain menjalani perkuliahan di kampus, SohIB?