5 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Pergi ke Pantai, Jangan Abai!

5 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Pergi ke Pantai, Jangan Abai!

Ilustrasi liburan ke pantai | Gambar: Freepik(awesomecontent)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Pantai selalu menjadi destinasi wisata yang menarik untuk menghilangkan stres, menjalin kasih dengan orang tersayang, atau bersenang-senang bersama teman. Namun, sebelum pergi ke pantai kamu harus mengetahui beberapa hal penting, demi kenyamanan dan keselamatan kamu lho, SohIB.

Selain memiliki banyak hal yang menyenangkan ketika ke pantai, ternyata pantai pun menyimpan sejumlah bahaya yang perlu diperhatikan. Berikut 5 hal yang harus kamu ketahui dan persiapkan sebelum berangkat ke pantai.

1. Cari Tahu Aturan Pantai yang Ingin Dikunjungi

Jangan lupa untuk mencari tahu aturan pantai yang ingin dikunjungi | Gambar: Freepik(jannoon028)

Setiap pantai pastinya memiliki aturan yang berbeda. Regulasi tersebut dibuat demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung pantai. Ketika ingin rekreasi ke pantai, maka kamu harus mencari tahu terlebih dahulu aturan-aturan pantai yang akan dikunjungi. Misalnya bolehnya berenang atau tidak.

Beberapa pantai juga memiliki aturan terkait penggunaan peralatan seperti papan selancar, perahu, atau jet ski. Beberapa pantai mungkin memiliki area terpisah atau waktu yang ditetapkan untuk penggunaan peralatan ini, sementara yang lain mungkin melarang penggunaannya sepenuhnya.

Mengikuti panduan tersebut penting untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, serta memastikan bahwa semua pengunjung dapat menikmati pantai dengan aman.

2. Lihat Perkiraan Cuaca

Sebelum pergi ke pantai, jangan lupa untuk memeriksa perkiraan cuaca terlebih dahulu. Tindakan ini akan membantu kamu dalam mengidentifikasi apakah ada peringatan cuaca buruk yang mungkin terjadi, seperti adanya badai, gelombang tinggi, atau kondisi cuaca tidak aman lainnya.

Mengabaikan peringatan cuaca buruk dapat menghadirkan risiko serius bagi keselamatan kita, lo!

Peringatan cuaca buruk adalah imbauan yang diberikan oleh lembaga meteorologi atau otoritas terkait tentang kondisi cuaca yang mungkin berbahaya atau tidak aman. 

3. Keahlian Berenang

Pastikan kamu mempunyai kemampuan berenang yang baik | Sumber: Freepik(wirestock)

Jika kamu berencana untuk berenang di pantai, pastikan SohIB memiliki keahlian berenang yang memadai. Berenang di perairan pantai berbeda dengan berenang di kolam renang. Ketahui tentang arus pantai, cara berenang dengan aman, dan tanda-tanda bahaya di perairan.

Kamu juga harus mengetahui mengenai binatang-binatang apa saja yang aman untuk disentuh. Sebab, di lautan terdapat banyak hewan yang mematikan jika disentuh. Contohnya seperti gurita cincin yang merupakan salah satu hewan paling beracun di dunia, mengerikan bukan?

4. Bawa Perlengkapan Keselamatan

Ketika kamu berencana untuk pergi ke pantai, sangat penting untuk membawa perlengkapan keselamatan yang memadai. Meskipun mungkin terlihat seperti tujuan rekreasi yang menyenangkan, tidak ada yang pernah tahu dengan pasti apa yang akan terjadi di sana. So, lebih baik untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. 

Salah satu perlengkapan keselamatan yang sangat penting adalah jaket pelampung atau life jacket. Pantai dapat memiliki kondisi air yang berubah-ubah, dengan arus yang kuat atau ombak yang tinggi. Dalam situasi seperti itu, jaket pelampung akan membantu menjaga kita tetap terapung dan mengurangi risiko tenggelam.

5. Siapkan Tabir Surya

Sunscreen dapat melindungimu dari bahaya sinar matahari yang menyengat | Sumber: Freepik(rawpixel.com)

Pantai sering terkena sinar matahari yang intens. Tabir surya atau sunscreen yang memiliki SPF yang cukup tinggi adalah salah satu perlengkapan yang tidak boleh terlupakan saat pergi ke pantai.

Paparan sinar matahari di pantai dapat sangat intens, terutama saat berada di pantai terbuka tanpa banyak perlindungan dari pohon atau bangunan. Sinar UV yang kuat dapat menyebabkan kulit terbakar, terkena sengatan panas, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit.

Itulah lima hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum ke pantai. Jangan jadikan kegiatan yang seharusnya menyenangkan malah menjadi mimpi buruk bagimu dan temanmu ya, SohIB!