Fenomena Kegiatan Subathon pada Kalangan Youtuber Gaming

Fenomena Kegiatan Subathon pada Kalangan Youtuber Gaming

Ilustrasi content creator | Source : storyset di Freepik

Totalitas tanpa batas merupakan prinsip yang harus dipegang jika ingin menjadi youtuber besar. Meningkatkan interaksi dengan para penonton memungkinkan adanya ketertarikan ulang untuk menonton video atau live streamingnya.

Perkembangan teknologi yang cepat membuat kita dapat merasakan kemudahan mencari informasi di dunia digital loh, SohIB. Teknologi selain memudahkan mencari informasi, SohIB juga dapat mendapatkan akses hiburan.

Akses hiburan yang bisa dirasakan oleh masyarakat tentunya berbasis aplikasi, aplikasi yang ada dan berkembang sekarang dapat dirasakan dengan membayarnya atau gratis. Selain itu berkembangnya teknologi memungkinkan terjadinya interaksi pengguna.

SohIB tentunya pasti pernah menggunakan aplikasi YouTube, dong? Apa yang SohIB lakukan saat menggunakan aplikasi YouTube ?

Platform yang satu ini memungkinkan pengguna aplikasi mencari informasi berupa video. Selain itu terdapat video musik dan video hiburan lainnya yang dikirim boleh pengguna YouTube itu sendiri. Fitur live streaming membuat terjadinya interaksi yang lebih antara content creator dan fansnya.

Jika pada zaman dahulu anak-anak ingin menjadi dokter, guru, polisi, dan pilot, berbeda dengan zaman sekarang. Pesatnya teknologi membuat beberapa perubahan khususnya pada cita-cita anak. Tidak sedikit orang-orang menginginkan menjadi content creator YouTube yang terkenal. Apakah SohIB pernah kepikiran menjadi content creator terkenal?

Menjadi content creator di YouTube menuntut seseorang untuk membuat video dan mengunggahnya. Video yang dibuat dapat berupa video tutorial, vlog sehari-hari, game, dan masih banyak tema lainnya.

Jika memilih untuk menjadi content creator yang berfokus pada game tentunya video yang dibuat berkaitan dengan game. Beberapa content creator game melakukan live streaming untuk meningkatkan kedekatan dengan penonton.

Ilustrasi Content Creator | Source : vector4stock di Freepik
Ilustrasi content creator | Source : vector4stock di Freepik

Fitur live streaming merupakan salah satu fitur yang membantu interaksi, walaupun tidak dapat berinteraksi secara tatap muka. Interaksi antara keduanya berlangsung melalui kolom chat live streaming, content creator dapat memberikan respon atas pesan yang dikirim oleh penontonnya.

Ketika menyukai seorang content creator tentunya kita akan merasa senang jika bisa di-notice kan, SohIB ? Kedekatan yang terjadi bisa terjadi karena interaksi yang terus menerus berulang.

Ngomong-ngomong soal content creator, penghasilan youtuber bisa didapatkan dari beberapa aspek seperti iklan, membership, endorse, dan donasi penonton. Donasi dari penonton dapat dikirimkan melalui link yang telah disediakan disertai pesan teks.

Biasanya, jika melakukan donasi maka pesan yang disematkan dalam donasi akan lebih berpeluang untuk dibaca oleh youtuber tersebut, walaupun tidak bisa dipungkiri jika pesan chat biasa bisa juga dibaca.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh youtuber untuk meningkatkan kedekatan dengan penonton serta mendapatkan uang lebih yaitu dengan melakukan subathon. Subathon secara singkatnya merupakan kegiatan live streaming yang dilakukan oleh youtuber, tetapi dengan waktu yang dihitung mundur.

Hitungan waktu tersebut terus berkurang seiring waktu jika tidak ada orang yang mencoba menambah hitungan waktunya. Hitungan waktu dapat bertambah dengan cara melakukan donasi atau subscribe agar menambah waktunya.

Mengapa terdapat perbedaan lama waktu dalam melakukan subathon?

Terjadinya perbedaan waktu itu karena bisa jadi karena adanya perbedaan dari jumlah uang yang diberikan oleh fans. Namun, bisa saja uang yang didonasikan sama tetapi waktunya berbeda, hal tersebut tergantung dari kesepakatan yang dibuat oleh youtuber tersebut.

Kegiatan yang dilakukan oleh youtuber gaming yang melakukan subathon tentunya didominasi bermain game sendiri atau mengajak penonton, ngobrol dengan penonton, dan lainnya.

Contoh sederhana seperti mengisi waktu bermain di warnet, walaupun memberikan jumlah uang sama namun waktu yang ditambah belum tentu sama, bisa jadi lebih banyak atau lebih sedikit. Walaupun jika seseorang sudah ditahap mau memberikan sesuatu berupa uang bisa dikatakan sebagai loyalitas, tetapi lama atau tidak bisa dikaitkan dengan loyalitas fansnya.