5 Fakta Menarik Tentang Jakarta, Kota Metropolitan Terbesar Asia Tenggara

5 Fakta Menarik Tentang Jakarta, Kota Metropolitan Terbesar Asia Tenggara

Patung Selamat Datang Provinsi Jakarta | Unsplash: madebyekhrwntro

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

SohIB, sebagai Ibu Kota Negara Indonesia yang resmi dinyatakan secara de jure pada tahun 1961, Jakarta memiliki gelar selaku Daerah Khusus Ibukota (DKI) hingga tahun 2023. Rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur nyatanya belum dapat serta merta melepaskan Jakarta sebagai pusat perekonomian dan kota metropolitan terbesar di Indonesia. Terlepas dari statusnya sebagai mantan ibu kota negara, SohIB juga harus tahu nih, lima hal menarik dan pencapaian dari kota Jakarta. Apa saja, ya? Yuk, kita bahas!

Provinsi Terkecil di Indonesia, Kota Metropolitan Terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara

Jakarta merupakan kota sekaligus provinsi terkecil yang ada di Indonesia. Provinsi Jakarta hanya mempunyai luas wilayah sebesar 664,01 km² yang terbagi dalam 5 wilayah kotamadya dan satu kabupaten administratif. Dengan ini maka luas Jakarta hanya sebesar 0,03% dari luas wilayah Indonesia, loh.

Akan tetapi, hal ini tidak menyurutkan tingginya tingkat urbanisasi di Jakarta, karena Jakarta tidak hanya sebagai pusat pemerintahan tetapi juga sebagai pusat perekonomian di Indonesia. Dilansir pada worldatlas.com, Jakarta menampung kurang lebih 34,54 juta populasi di dalamnya dan membuat Jakarta menjadi kota metropolitan terbesar di Indonesia dan juga kota terbesar di Asia Tenggara.

Kota dengan PDRB Tertinggi di Indonesia

Menurut Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa Jakarta menjadi provinsi dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atau pendapatan daerah per kapita tertinggi di Indonesia sejak tiga tahun terakhir, yaitu tahun 2020 - 2022. Pada tahun 2022, PDRB Jakarta mencapai angka Rp 298,35 juta dihitung Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB). Sementara pada tahun 2021, PDRB mencapai pada angka Rp 274,51 juta dan Rp 262,61 juta pada tahun 2020. Wah, ternyata sangat tinggi ya, SohIB.

Kota yang Meraih Penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri Terbaik Tahun 2023

Rabu, 15 Maret 2023 lalu, Jakarta memperoleh penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dengan kategori "Pengguna Produk dalam Negeri Terbaik Pemerintah Daerah Provinsi" yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian RI. Berdasarkan pada Sistem Pengawasan P3DN BPKP, realisasi penggunaan produk dalam negeri yang terjadi di Jakarta pada tahun 2022 mencapai Rp 20,454 triliun melebihi dari Komitmen Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) kepada Kemenko Marves yaitu sebesar Rp 11,334 triliun.

Dua Tahun Berturut Mendapatkan Penghargaan Dunia di Bidang Transportasi

Jakarta pernah meraih penghargaan Sustainable Transport Award (STA) selama dua tahun berturut, loh SohIB. Pada tahun 2020, Jakarta menjadi runner-up Sustainable Transport Award 2020 dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) dan Sustainable Transport Comite untuk kategori kemajuan terbaik dalam bidang transportasi publik.

Kemudian pada tahun 2021, Jakarta berhasil mendapatkan juara pertama Sustainable Transport Award 2021, hal ini dikarenakan Jakarta telah berhasil mengintegrasikan semua moda transportasi dan melakukan penataan sarana transportasi publik milik Pemprov dengan baik.

Kota dengan Stadion Termegah di Indonesia dan Asia

Diresmikan dalam grand launching pada Minggu, 24 Juli 2022 lalu, menjadikan Jakarta International Stadium (JIS) stadion baru di Jakarta dan termasuk dalam stadion termegah di Indonesia, bahkan masuk dalam sepuluh besar stadion termegah di Asia menurut tfcstadiums.com. JIS dirancang sesuai dengan standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) dan dapat menampung kapasitas hingga 82.000 penonton di dalamnya. Tidak hanya dapat menampung pengunjung dalam jumlah besar, JIS juga didesain dengan retractable roof dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat mendukung. Stadion ini berlokasi di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain JIS, Jakarta juga memiliki Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang telah dibangun sejak tahun 1960 dan menjadi salah satu stadion terbesar di Indonesia, bahkan eksistensinya sudah diakui oleh dunia. Berbagai pertandingan penting pernah berlangsung pada Stadion GBK, seperti Sea Games, Piala AFF, Pesta Olahraga Asia, dan berbagai pertandingan lainnya. GBK dibangun dengan tujuan menciptakan kompleks olahraga untuk kegiatan Asian Games 1962, sejak itu GBK menjadi tempat perhelatan olahraga berskala internasional pertama yang ada di Indonesia.