Olahraga Lari Bikin Muka Cepat Tua, Kok Bisa?

Olahraga Lari Bikin Muka Cepat Tua, Kok Bisa?

Olahraga ini Bikin Muka Cepat Tua | Sumber: Unsplash (Sportlab)

Olahraga pada umumnya berfungsi untuk membuat tubuh terasa sehat, bugar, dan juga memberikan manfaat kepada wajah agar terlihat lebih segar. Namun ternyata, menurut penelitian, ada olahraga yang dapat membuat wajah lebih terlihat tua. 

Efek penuaan dini pada umumnya akan terjadi saat seseorang mulai memasuki usia 30 tahun. Namun, kemunculan pada efek ini dapat terjadi kepada seseorang yang melakukan kegiatan olahraga. Olahraga apakah itu?

Terdapat penelitian dari Dokter Spesialis Wajah dan Tubuh asal Amerika Serikat bernama dr. Gerald Imber yang mengungkapkan bahwa lari dapat membuat wajah seseorang menjadi lebih cepat tua. Padahal, berlari memiliki banyak manfaat yang terbukti bagi tubuh.

Berlari merupakan olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Olahraga ini mampu meningkatkan kesehatan jantung, memproduksi endorfin yang bisa memperbaiki mood, dan juga membakar banyak kalori. 

Menurut dr. Gerald, orang yang berlari hanya beberapa mil dalam sehari masih cukup aman. Namun, jika lebih dari itu, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah.

https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-langsing-melakukan-pemanasan-saat-berlatih-sendirian-di-lapangan-olahraga-jalanan-3769002/
Ilustrasi Olahraga | Source : Pexels (Andrea Piacquadio)

"Pernahkah Anda melihat pelari jarak jauh yang tidak memiliki wajah tua yang kurus. Itulah yang terjadi," ungkapnya melalui akun TikTok pribadinya, @geraldimbermd, Sabtu (4/3/2023).

Berlari memiliki dampak pada kesehatan, terlebih lagi apabila aktivitas tersebut dilakukan di luar ruangan. Hanyasa, bererolahraga outdoor membuat kulit cepat menua disebabkan oleh terpapar sinar cahaya matahari yang kuat.

https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-pohon-rumput-taman-4652250/
Ilustrasi Berlari | Source : Pexels (Taryn Elliott)

Tidak hanya mempengaruhi pada kesehatan wajah, dr.Gerald menambahkan berlari juga memiliki pengaruh lain pada tubuh. Mulai dari lutut, kaki, hingga punggung. Meski demikian, dr. Gerald tidak mengelakan manfaat dari berlari untuk tubuh, jika dilakukan dalam kapasitas yang tidak berlebihan. 

"Jadi jika Anda ingin olahraga lari sedikit, aerobik adalah pilihan yang baik, tanpa dampak atau hanya berdampak rendah. Cara yang tepat untuk berolahraga," jelas dr. Gerald.

Alasan lainnya diungkapkan oleh dr. Movassaghi kepada Heathlinemengenai seseorang yang cenderung berada di luar ruangan lebih cendrung terlebih lebih tua.

"Seiring bertambahnya usia, kulit kita menghasilkan lebih sedikit kolagen dan elastin, dan paparan sinar UV mempercepat proses ini (penuaan)," ungkapnya.

Berlari di luar ruangan juga dapat menyebabkan beberapa garis halus bahkan bintik matahari di wajah. Tetapi untuk semua manfaat positif dan negatif, untuk sebagian besar pelari tidak memperdulikan hal itu. 

Berdasarkan sebuah penelitian, sangat penting untuk menggunakan tabir surya sebelum melakukan aktivitas berlari. Karena hal ini bisa untuk melindungi kulit dari sinar UV serta membuat kulit lebih terjaga dan terhindar dari penuaan.

Walaupun berlari memiliki resiko dapat menyebabkan kulit menjadi cepat tua, tetap harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat seperti minum air putih yang cukup, menjaga pola istirahat, maupun memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga harus seimbang.

Protein yang tinggi, karbohidrat, zat - zat anti-inflamasi dari buah - buahan sangat diperlukan oleh tubuh. Jika tidak mencukupinya, maka tubuh tidak dapat pulih dengan optimal sehingga justru akan menyebabkan kerusakan pada sel - sel. 

Hindari makanan serta minuman yang memiliki kategori cepat saji. Dikarenakan kandungan dari makanan dan minuman cepat saji tidak memiliki nutrisi yang banyak serta cenderung tidak memberikan efek yang baik untuk tubuh.

Itulah olahraga yang membuat muka menjadi cepat tua jika dilakukannya secara berlebihan menurut para ilmuan. Apa pun aktivitas yang dipilih tetap baik untuk kesehatanmu. Terus jaga kesehatan dengan menjaga pola hidup sehat dan jangan lupa olahraga yang teratur ya, SohIB!