Dampak Positif Teknologi Terhadap Museum

Dampak Positif Teknologi Terhadap Museum

Virtual Tour Museum Nasional | museumnasional.or.id

Perkembangan teknologi sangat membantu kehidupan manusia. Ponsel menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia. Teknologi dan internet mengaburkan jarak dan waktu sehingga dapat terkoneksi dengan cepat Penyebaran informasi merupakan salah satu manfaat baik kehadiran teknologi dan internet bagi kehidupan. Pemanfaatan teknologi di museum juga tidak kalah keren.

Apakah SohIB pernah mengunjungi salah satu museum di sekitar daerahmu? Museum memiliki konsep yang berbeda beda ataupun meliputi kedaerahan. Biasanya, museum membawa satu tema khusus, seperti Museum Kebangkitan Nasional, Museum Naskah Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda, dan masih banyak lagi.

Museum bukan hanya sebuah tempat yang berfungsi untuk menyimpan barang dari zaman dahulu. Museum sebenarnya merupakan tempat terpenting yang menyimpang kenangan dan ilmu pengetahuan. Sekarang museum sedang berbenah, mempercantik tampilan agar generasi muda lebih tertarik dengan museum.

Museum tampil kekinian dengan ikut membuat sosial media untuk media penyebaran berita. Kegiatan yang dilakukan secara luring dapat dibagikan di sosial media yang bisa menarik atensi publik untuk berkunjung ke museum tersebut. Pengelolah museum bidang media sosial juga secara rutin menyebarkan infografis dan konten media sosial mereka. 

Ilustrasi Sosial Media | rawpixel.com/Freepik
Ilustrasi Sosial Media | rawpixel.com/Freepik

Online tour museum menjadi daya tarik masyarakat untuk berinteraksi dengan museum. Berjalan-jalan virtual menjadi salah satu alternatif liburan selama masa pandemi. Walaupun beberapa museum memiliki website agar pengunjung bisa merasakan pameran virtual dan virtual tour seperti Museum Basoeki Abdullah dan Museum Nasional. Masyarakat tetap bisa merasakan dan menjelajahi museum walaupun lagi di rumah saja.

Instagram menjadi salah satu pilihan media sosial yang paling relevan bagi anak muda selain TikTok. Fitur live Instagram dilakukan sebagai upaya edukasi kepada masyarakat dengan sesi yang cepat. Pada sesi live beberapa kali diselipkan pertanyaan berhadiah untuk memeriahkan acaranya. 

Tentunya bukan hanya live streaming Instagram, webinar daring menjadi pilihan kegiatan pada saat pandemi yang sesekali masih dilakukan sampai saat ini. Selain itu beberapa workshop online juga menjadi hal yang menarik dengan tema menggambar, membuat kreasi dengan kain, membuat warna dari bahan alam, dan beberapa kegiatan lainnya. 

Kemudahan dalam mendapatkan informasi memungkinkan banyak orang yang tertarik mengikuti acara-acara museum. Beberapa lomba yang diselenggarakan oleh museum dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia. Lomba video dan infografis menjadi salah satu kategori lomba yang pernah diadakan oleh Museum Nasional. Tentunya diadakannya lomba menguntungkan peserta lomba dan pengelola museum, museum mewadahi agar pelajar dapat menyalurkan kreativitasnya. 

Selain mempunyai media sosial, museum dilengkapi dengan website sebagai pusat sumber informasi. Data-data terkait koleksi museum ditampilkan secara rinci di dalam laman. Pameran karya sering ditampilkan dalam situs mereka sebagai publikasi karya yang lebih efisien. 

Bila biasanya ilmu pengetahuan disebarkan dengan melalui buku. Teknologi yang berkembang membuat buku digital semakin banyak tersebar seperti Museum Nasional. Artikel-artikel yang dibuat oleh pengelola museum menambah kelengkapan informasi yang disebarkan kepada publik seperti yang dilakukan oleh Museum Kebangkitan Nasional. 

Internet memiliki sifat yang permanen yang membuat publikasi bertahan lama di tiap akun media sosial. Sebagai bentuk publikasi media sosial menjadi tempat yang paling efektif karena dapat tersimpan dengan baik.

Pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh pihak pengelolah museum memiliki tujuan agar masyarakat lebih mengenal museum. Wawasan tentang sejarah Indonesia akan lebih menjangkau banyak orang dikarenakan sekarang siapapun bisa terhubung melalui internet. Dari beberapa manfaat teknologi yang telah digunakan oleh museum, manfaat apa yang pernah kalian rasakan?