6 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis, Berlatih Jadi Kuncinya!

6 Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis, Berlatih Jadi Kuncinya!

Ilustrasi menulis konten | Sumber: Pixabay.com

Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang memiliki banyak keuntungan. Pernahkah SohIB mendengar kalau menulis itu seni? Dikutip dari sabda.org, menulis dikatakan seni karena ide seorang pengarang ke dalam sebuah tulisan itu bebas, sesuai dengan kreatifitas dan daya seni seseorang.

Saat ini, menulis tidak lagi terbatas hanya di atas kertas, akan tetapi kamu dapat menulis media-media online yang membutuhkan tulisan berkualitas. Menulis dapat menjadi hobi, kegiatan mengisi waktu luang, bahkan menjadi profesi. Beragam pekerjaan dapat kamu pilih jika memiliki kemampuan menulis yang baik. Sebut saja penulis buku, content writer, copy writer, dan jurnalis.

Mempunyai kemampuan menulis yang baik tentunya sangat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Kamu dapat menyampaikan sesuatu dengan bahasa yang mudah dipahami oleh orang lain.

Jika SohIB berminat untuk terjun ke dunia kepenulisan, maka kamu perlu meningkatkan kemampuan diri dalam menulis. Berikut enam cara agar keahlian tersebut semakin meningkat!

1. Banyak Membaca

Semakin beragam bacaan kamu, semakin beragam gaya tulisan yang dapat kamu lakukan | Sumber: Pixabay.com

Menulis dapat dikatakan kegiatan mengeluarkan data yang ada di dalam kepala. Untuk mendapatkan data tersebut bisa dilakukan dengan banyak membaca, entah itu koran, novel, maupun artikel.

Saat SohIB membaca tulisan-tulisan tersebut jangan lupa untuk memperhatikan gaya bahasa, tata bahasa, struktur penulisan, serta kata-kata yang digunakan dalam tulisan tersebut. Ketika kamu terbiasa membaca tulisan yang berkualitas, maka kamu akan berusaha untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas pula.

2. Gabung Komunitas

Saling berbagi pengalan dan pengetahuan sesama anggota komunitas | Sumber: Freepik.com

Bergabung pada komunitas yang sering mengadakan diskusi atau mengadakan pelatihan menulis juga dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam membuat tulisan. Kamu dapat berbagi pengalaman, tips dan trik, serta membangun relasi untuk mendapatkan pekerjaan profesional.

Sering berdiskusi dan mendengarkan pendapat orang lain dapat membantu untuk melihat perspektif baru dan memperkaya sudut pandang tulisan mu. Kamu dapat bergabung bersama kami di komunitas Sobat Hebat Indonesia Baik (SohIB). Karena komunitas ini sering mengadakan webinar serta pelatihan menulis. Jika kamu tertarik, yuk, bergabung bersama kami!

3. Ikuti Kursus Menulis

Ilustrasi kursus online | Sumber: Freepik.com

Mengikuti kursus menulis berbayar jangan disepelekan lo, SohIB. Dengan mengikuti kursus menulis berbayar, kamu dapat dibimbing secara intensif dengan pakarnya secara langsung. Kita juga bisa mendapatkan sertifikat kompetensi saat mengikuti kursus menulis, hal tersebut dapat menjadi poin plus untuk portofolio.

4. Mengikuti Lomba Menulis

Menang dan kalah dalam kompetisi dapat membuatmu berkembang | Sumber: Pixabay.com

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti lomba menulis. Dengan mengikuti lomba menulis, kita dapat mengukur sejauh mana kemampuan yang telah dimiliki. Tidak ada ruginya kok, untuk mengikuti lomba menulis.

Jika menang, kamu mendapatkan hadiah yang membuatmu semakin bersemangat lagi dalam menulis. Pun juga kalau kamu tidak menang. SohIB dapat mempelajari tulisan pemenang lomba. Hal tersebut dapat membantumu untuk menemukan kekurangan ataupun kesalahan dalam tulisan yang kamu buat.

5. Cek Kembali Tulisan yang Dibuat

Melakukan pengecekan kembali pada tulisan yang telah kamu buat dapat meminimalisir kesalahan | Sumber: Freepik.com

Jangan lupa untuk selalu mengecek kembali tulisan yang telah dibuat. Posisikan dirimu sebagai pembaca. Apakah SohIB sudah mengerti maksud dari tulisan yang kamu buat dan menarik untuk dibaca hingga akhir. Dengan melakukan pengecekan kembali, kita dapat memperbaiki beberapa kesalahan yang mungkin dilakukan saat menulis.

6. Sering Berlatih

Berlatih dengan rutin menjadi kunci untuk meningkatkan kemampuan | Sumber: Freepik.com

Sama dengan skill lainnya, meningkatkan kemampuan menulis membutuhkan latihan terus-menerus. Menulis secara rutin, menetapkan target minimal karya satu per harinya akan membuatmu berkembang. Semakin sering kita berlatih, semakin baik kemampuan kita.

Itulah enam cara untuk meningkatkan kemampuan menulis. Ingat kata dari Kuntowijoyo, “Syarat dari menulis ada tiga, yaitu: menulis, menulis, dan menulis”. Selalu semangat ya, SohIB!