Bukan Hanya Material, Ini Investasi Anak Muda Untuk Masa Depan

Bukan Hanya Material, Ini Investasi Anak Muda Untuk Masa Depan

Investasi dapat berupa saham, emas, dan properti | Unsplash (micheile dot com)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Kita hidup hari ini bukan hanya memikirkan masa sekarang, tetapi juga masa depan. Masa depan memang tidak ada yang bisa memprediksinya, namun kita bisa mempersiapkan dan merancangnya bagaimana kita di masa yang akan datang. Masa depan biasanya melekat dengan istilah investasi. Menurut situs KBBI daring, investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Mudahnya begini, investasi merupakan penanaman modal yang keuntungannya diperoleh di masa yang akan datang. Terdapat berbagi jenis investasi diantaranya saham, emas, dan properti.

Sekolah salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan

Sekolah salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan | Unsplash (Kenny Eliason)

Tidak hanya investasi berupa material, ada juga investasi yang tak kalah penting untuk masa depan kita. Apalagi kita sebagai generasi muda, penerus bangsa, harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Pendidikan menjadi sarana untuk mempersiapkan hal itu. Namun, pengetahuan tidak hanya didapatkan di sekolah atau kampus. Ada banyak sekali sumber pengetahuan di sekitar kita, apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang. Hanya bermodalkan handphone, kita bisa mengakses informasi tanpa terkendala waktu dan jarak.

Buku adalah jendela dunia

Buku adalah jendela dunia | Unsplash (Sincerely Media)

Investasi non material (pengetahuan) bisa didapatkan dan dilakukan dengan memulai kebiasaan membaca. Membaca dan buku merupakan dua hal yang selalu berkaitan. Kamu pasti pernah mendengar istilah “Buku adalah jendela dunia”. Ya, dengan membaca buku dapat membuat pemikiran kita lebih terbuka dan menambah wawasan kita. Namun, minat membaca di Indonesia tergolong sangat rendah. Berdasarkan data UNESCO, Indonesia menduduki urutan kedua dari bawah mengenai literasi dunia. Hal ini berarti minat baca sangat rendah dengan persentase 0,001 persen atau satu banding seribu orang Indonesia yang rajin membaca

Membaca menjadi investasi jangka panjang untuk di masa depan. Tidak hanya sekadar memperoleh ilmu, membaca juga memiliki banyak manfaat. Dikutip dari gramedia.com manfaat membaca diantaranya mencerahkan imajinasi, memberikan pandangan terhadap dunia sekitar, membangun kepercayaan diri, dan membantu kita tumbuh secara mental dan emosional. Tidak hanya itu, budaya membaca juga menjadi salah satu faktor kemajuan suatu bangsa. Selain itu, membaca akan membentuk pribadi seseorang menjadi lebih baik. Oleh karena itu, terdapat pengaruh antara budaya membaca dengan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Hal ini terbukti, Jepang sebagai negara maju dengan minat baca yang tinggi.

Beberapa tips untuk menumbuhkan minat membac
Beberapa tips untuk menumbuhkan minat membaca | Unsplash (Joel Muniz)

Membangun kebiasaan membaca memang sulit, tetapi bisa dilakukan selama kamu memiliki niat yang kuat. Beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat bacamu. Pertama, baca buku yang kamu sukai. Kedua, mencari tempat untuk membaca yang nyaman bisa di kamar, taman, dan masih banyak lagi. Ketiga, membaca dalam posisi yang nyaman, jangan membaca dalam posisi tidur atau badan yang membungkuk sehingga membuat badanmu cepat merasa pegal.

Beberapa tips untuk menumbuhkan minat membaca
Beberapa tips untuk menumbuhkan minat membaca | Unsplash (Blaz Photo)

Keempat, buatlah target membaca misalnya dalam sehari kamu harus membaca tiga lembar. Ketika membuat target membaca, buatlah target yang spesifik dan jangan terlalu memberatkan dirimu sendiri. Tidak masalah sehari hanya selembar karena yang terpenting konsisten dalam melakukannya. Kelima, mencari teman yang mempunyai tujuan yang sama. Teman bisa menjadi penyemangat terutama ketika sedang berada di fase mulai malas. Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan, mudah bukan?

Membaca aktivitas dengan sejuta manfaat yang sayang jika tidak dilakukan dan dibiasakan. Pengetahuan juga menjadi alat untuk menyaring berbagai informasi yang kita terima. Kita harus dapat memilah dan memilih informasi, jangan sampai akhirnya menjerumuskan kita pada hal negatif. Oleh karena itu, sebagai generasi muda kita harus mempersiapkan masa depan salah satunya dengan membentuk kebiasaan membaca. Yuk, mulai bentuk kebiasaan membaca sekarang, jangan tunggu nanti!