Bogor Keliling di Kecamatan Cigombong, Belgi Art dan Karang Taruna Ramaikan Bazar UMKM

Bogor Keliling di Kecamatan Cigombong, Belgi Art dan Karang Taruna Ramaikan Bazar UMKM

Mini showcase Karang Taruna Kecamatan Cigombong dan Katar Ciburayut | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Art

Untuk menjaring aspirasi masyarakat, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, melaksanakan event rutin yang bertajuk Bogor Keliling (Boling) dan saba desa di wilayah Kecamatan Cigombong, (25/7/2023).

Dalam kunjungan kerjanya, Plt. Bupati Bogor bersama rombongan mengunjungi Desa Cigombong untuk meresmikan jembatan yang didanai oleh program Sami Sade (Satu Milyar Satu Desa). Mereka juga mengunjungi UMKM di Desa Tugujaya dan terakhir meresmikan alun-alun di Desa Ciburayut. 

Dikutip dari jabarprov.go.id, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, menyatakan bahwa potensi yang dimiliki wilayah Kecamatan Cigombong cukup baik. Apalagi dengan terbangunnya alun-alun yang berada di Desa Ciburayut karena dapat mendorong peningkatan perekonomian warga area tersebut.

"Ini Desa Ciburayut yang hebat bisa membangun alun-alun desa, ini bisa buat meningkatkan ekonomi baru warga Ciburayut, luar biasa ini. Ini jadi tempat kreativitas warga anak muda di sini. Nanti saya bantuin juga untuk kegiatan ini yang lebih baik lagi," kata Iwan.

Menurutnya, melalui kegiatan Boling ia ingin mengevaluasi hasil pembangunan yang didanai melalui program Samisade. Baik yang sudah dilaksanakan, sedang berjalan, dan akan dilaksanakan.

"Kita monitor dan kontrol bersama-sama, pemerintah, kecamatan juga desa," ucapnya.

Senada dengan Plt. Bupati Bogor, Camat Cigombong, Irwan Somantri, mengungkapkan bahwa berbagai upaya terus dilakukan. Mulai dari peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, kelembagaan melalui pembinaan UMKM, layanan kesehatan, pendidikan dan lainnya. Terlebih, dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Kecamatan Cigombong.

Sementara itu, Belgi Alhuda, owner Belgi Art Gallery, berpartisipasi dalam acara pameran atau bazaar UMKM. Ia mewakili Karang Taruna Kecamatan Cigombong dan Karang Taruna Desa Ciburayut yang berlokasi di alun-alun Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Belgi Alhuda didampingi Kepala Desa Ciburayut saat menunjukan tanda tangan kepala Desa Ciburayut dibalik lukisan | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Art

Di Desa Ciburayut sendiri kegiatan Boling ini diramaikan dengan berbagai aktivitas dari mulai pentas seni budaya hingga bazaar UMKM. Tak hanya itu, berbagai aktivitas pelayanan seperti pembayaran pajak, pembuatan NIB, akte, dan lain sebagainya juga dilakukan.

Belgi Alhuda mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kunjungan Plt. Bupati Bogor di Desa Ciburayut. Terlebih lagi, beliau juga meninjau langsung potensi wisata dan industri kreatif yang ada di wilayah Desa Ciburayut. 

"Terima kasih kepada Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, yang telah mengunjungi Desa kami dan meresmikan alun-alun Desa Ciburayut yang akan menjadi kebanggaan warga Desa Ciburayut dan Kecamatan Cigombong," kata Belgi.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan bahwa dalam kegiatan bazaar UMKM di Desa Ciburayut, dirinya ditemani pula dengan brand Sagala Tina Awi dan produk sandal dari UMKM Karang Taruna Cigombong.

Hal ini mendapat sambutan yang baik dari Muspika Cigombong, para Kepala Desa, mau pun pengunjung yang turut serta menghadiri kegiatan Bogor Keliling (Boling) di Desa Ciburayut.

Pemberian Cindramata Lukisan Kayu Pirografi Kepada Plt. Bupati Bogor didampingi Kepala Desa Ciburayut | Sumber : Dok. Pribadi Belgi Art

Belgi Alhuda, owner Belgi Art, yang juga aktif di organisasi sosial Karang Taruna Cigombong, mengungkapkan bahwasannya dirinya telah mempersiapkan cinderamata yang dia lukis menggunakan solder rakitan dengan tekhnik lukis bakar (Pirografhi) dengan wajah Plt. Bupati Bogor, Bapak Iwan Setiawan.

"Ya, saya sengaja menyiapkan ini untuk diberikan kepada Plt. Bupati Bogor agar produk ekonomi kreatif warga Desa dapat lebih dikenal luas dan ikut serta dalam memperkenalkan potensi Desa salah satunya dalam bidang ekonomi kreatif subsektor kriya," tambah Belgi.

Semoga dengan adanya program Boling ini dapat menjaring aspirasi dari berbagai elemen terutama dalam sektor industri kreatif. Tujuannya agar dapat menepiskan kendala usahanya dan menjadi usaha yang berkembang dan berkelanjutan.

"Semoga saja dengan adanya bazaar UMKM ini dapat menjadikan proses aktivitas usaha warga dapat lebih dikenal luas dan menjadi pemantik semangat yang menjadikannya bagian dalam pembangunan yang ada di wilayah Kecamatan Cigombong, khususnya di Desa Ciburayut," tutupnya.