5 Aplikasi Berguna untuk Perjalanan Mudik

5 Aplikasi Berguna untuk Perjalanan Mudik

Macetnya jalan saat mudik | Unsplash (Kathy)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SoHIB, siapa aja nih, yang nggak sabar untuk pergi mudik? Hari lebaran kian mendekat, maka untuk menunjang kelancaran mudik 2023 ini tentu saja SoHIB perlu beberapa kebutuhan yang perlu disiapkan seperti akses informasi lokasi terkini, akses layanan kesehatan, hingga akses rekomendasi hiburan selama perjalanan nantinya supaya perjalanan mudik berjalan lancar. Selain itu, aplikasi-aplikasi ini juga dapat menampilkan informasi penting yang kita butuhkan sepanjang perjalanan. Mulai dari lokasi SPBU hingga rest area.

Kebutuhan atas layanan di atas itu bisa kita peroleh lewat beberapa aplikasi di smartphone kita loh, SoHIB. Cukup dengan mengunduhnya dan meng-install-nya di HP kamu, maka sudah bisa digunakan. Apa saja?

1. Ayo Mudik!

Aplikasi ini merupakan buatan anak muda Indonesia. Bekerja sama dengan banyak Kementrian dan Lembaga Pemerintah, Ayo Mudik! menjadi satu-satunya aplikasi yang mampu menyediakan berbagai informasi secara terpadu untuk para pemudik. Lalu apa saja sih, fitur-fiturnya? Pertama, terdapat informasi mengenai lokasi masjid, pos polisi, SPBU untuk mencegah kehabisan bensin, ATM untuk saat dompet kamu kosong, bengkel untuk saat mobil saat bermasalah, serta informasi lalu lintas di sepanjang jalur mudik.

Aplikasi Ayo Mudik! juga memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menemukan rute terbaik, terutama pada jalur di Sumatera, Jawa, dan Bali.

2. Google Maps

Ilustrasi Aplikasi untuk melihat rute jalan, yaitu Google Maps | Unsplash (Henry Perks)

Aplikasi layanan peta online populer ini juga merupakan salah satu teknologi yang akan membantumu untuk menemukan rute yang terbaik untukmu. Dengan Google Maps, kamu bisa mengetahui kondisi lalu lintas real-time, menemukan tempat istirahat, dan melihat estimasi perkiraan waktu tiba.

Selain itu, dengan adanya fitur Street View di Google Maps, Kamu dapat melihat gambar panorama jalanan sehingga bisa lebih memahami kondisi jalan yang akan dilalui. Dengan begitu, Google Maps dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam merencanakan perjalanan mudik SohIB.

3. Dana

Aplikasi pembayaran digital ini akan sangat membantumu untuk membeli sesuatu di tengah perjalanan. Seperti pembayaran layanan tol, penginapan, memesan makanan, serta pembayaran di toko-toko atau merchant yang bekerja sama dengan Dana. Selain itu, aplikasi Dana juga menyediakan fitur pengiriman uang yang memudahkan kamu untuk mentransfer uang ke keluarga atau teman selama perjalanan mudik.

Dengan adanya aplikasi ini, kamu tidak akan perlu khawatir lagi membawa uang tunai yang banyak selama perjalanan mudik dan dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah dan aman.

4. Tiket.com

Ilustrasi Aplikasi untuk melihat ketersediaan kamar hotel, yaitu Tiket.com | Sumbet: tiket.com

Tiket.com bisa SohIB gunakan untuk memesan penginapan dan tiket tempat wisata atau atraksi di destinasi yang kamu tuju. Kamu bisa mencari berbagai pilihan penginapan yang tersedia di Tiket.com, mulai dari hotel, apartemen, hingga villa dengan berbagai fasilitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain itu, Tiket.com juga menyediakan tiket untuk berbagai tempat wisata atau atraksi yang ingin dikunjungi, seperti taman hiburan, wahana air, atau tempat wisata alam. Kamu bisa banget memanfaatkan promo atau diskon yang tersedia di Tiket.com untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Dengan begitu, aplikasi ini dapat menjadi solusi lengkap bagi kamu yang ingin merencanakan perjalanan wisata dan menginap dengan mudah dan praktis.

5. Netflix

Aplikasi streaming penghibur ini bisa digunakan untuk mengisi waktu selama perjalanan mudik Kamu. Kamu bisa mengunduh film, Acara TV, ataupun dokumenter favorit ke perangkat mobile dan menontonnya selama dalam perjalanan. Selain itu, layanan tersebut juga menyediakan fitur "Continue Watching" yang memungkinkan SohIB untuk melanjutkan menonton film atau acara TV dari tempat terakhir kamu menonton, bahkan jika tidak ada internet.

Dengan adanya Netflix, SohIB dapat menghibur diri selama perjalanan mudik dan membuat waktu perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Namun, pastikan kamu tidak menonton sambil mengemudi atau menjadi pengemudi ya, karena hal tersebut sangat berbahaya.

Itulah alat-alat yang akan berguna dalam memudahkan perjalanan mudik dan tentu saja membantu kita sampai ke tujuan dengan aman dan lancar.