Apa Benar Orang yang Suka Minum Kopi Berpotensi menjadi Psikopat?

Apa Benar Orang yang Suka Minum Kopi Berpotensi menjadi Psikopat?

Sumber Ilustrasi : iStock, Credit : Rapid Eye

Kopi memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari bagi jutaan orang. Banyak orang yang memulai produktivitas mereka dengan minum kopi. Selain itu, kopi telah menjadi peran penting bagi kehidupan sosial.

Mengetahui peran kopi dalam kehidupan sehari-hari, penting juga untuk memahami dampak kopi terhadap psikologis seseorang. Hubungan kopi dan psikopat menjadi topik yang menarik.

Ternyata, sudah banyak penelitian mengenai hubungan antara kopi dan psikopat. Studi menyatakan bahwa orang yang suka mengonsumsi kopi akan berpotensi menjadi psikopat. Benarkah demikian?

Apa Itu Psikopat?

Psikopat dikenal sebagai gangguan kepribadian antisosial yang ditandai dengan kurangnya empati, mudah marah, penyendiri dan cenderung melakukan kekerasan tanpa rasa penyesalan (A. Lestari, 2023).

"Definisi seorang psikopat dalam psikiatri adalah gangguan kepribadian antisosial atau antisocial personality disorder (ASPD)," jelas Dr Rakash Masand, seorang psikiater dan pendiri Centers of Psychiatric Excellence.

ASPD merupakan individu yang menunjukkan pola manipulasi dan pelanggaran kepada orang lain (R. Lestari, 2021). Perlu diingat bahwa tidak semua psikopat adalah pelaku kriminal.

Biasanya orang yang memiliki gangguan psikopat adalah antisosial bukan berarti pendiam atau penyendiri, melainkan mengabaikan hak orang lain secara umum dan bertentangan dengan aturan di masyarakat.

Mereka cenderung mengambil keuntungan pribadi tanpa memikirkan orang lain sehingga memiliki hubungan yang tidak harmonis, hingga saat ini masih belum diketahui pasti penyebab psikopat. Tapi, ada beberapa faktor yang mendukung seseorang menjadi psikopat, yaitu faktor genetik, trauma masa kecil dan gangguan fungsi otak (Tim medis, 2023).

Apa Hubungan Kopi dan Psikopat?

Bagi pecintanya, minum kopi setiap hari adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh terlewatkan. Dari sudut pandang kesehatan fisik, sangat umum untuk mengonsumsi secangkir kopi bebas susu dan bebas gula di pagi hari, kopi juga memiliki manfaat dapat mencegah kanker, dapat meningkatkan mood dan konsentrasi, menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes tipe 2, mencegah penyakit otak, melindungi hati, mengurangi risiko batu empedu, mengurangi peradangan di dalam tubuh dan sebagainya (Marliah, 2022).

Universitas Innsbruck di Austria melakukan studi dan mensurvei preferensi rasa sekitar 1.000 orang. Wellandgood melaporkan dalam penelitian ini, orang yang menyukai rasa pahit pada makanan seperti kopi hitam memiliki kinerja lebih baik dalam serangkaian kuesioner kepribadian yang menilai Machiavellianisme.

Machiavellianisme adalah istilah yang digunakan dalam psikologi untuk menggambarkan kepribadian yang gelap, psikopat, narsis, dan sadis. Studi tersebut juga menemukan bahwa peserta yang lebih menyukai makanan pahit lainnya, seperti lobak dan seledri, lebih cenderung menunjukkan sifat psikopat, selain kebiasaan minum kopi hitam (Diahwahyuningtyas & Firdaus, 2023).

Para peneliti melaporkan bahwa temuan keseluruhan menunjukkan bahwa kesukaan seseorang terhadap makanan dan minuman yang rasanya pahit berkaitan erat dengan kegelapan kepribadian mereka.

Namun, penelitian tersebut menambahkan bahwa hasil yang mengukur preferensi terhadap rasa pahit pada makanan tertentu tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan ciri-ciri kepribadian antisosial.

Riset ini masih tidak konsisten dengan bukti bahwa rasa pahit yang menjadi potensi seseorang dapat memiliki keperibadian yang gelap.

Hasil yang lebih menjanjikan dipublikasikan di Health pada tahun 2018, dan Dr. Stephen Myers, seorang profesor psikologi di Roosevelt University, mengamati lebih dekat penelitian kesehatan untuk menguji keakuratannya. Profesor Myers mencatat bahwa penelitian ini hanya menemukan "hubungan yang sangat kecil" antara kepahitan dan sifat Machiavellian (Elmira, 2023).

Hubungan yang sangat kecil tidak menjamin bahwa adanya keterkaitan antara orang yang minum kopi dan gangguang psikopat. Kopi minuman yang mengandung kafein, suatu zat yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan merangsang sistem saraf pusat.

Beberapa orang mungkin merasa lebih cemas atau gelisah setelah mengonsumsi kafein, tetapi ini bersifat individual.

Meminum kopi
Meminum kopi | Sumber Gambar: Pixabay (Pexels)

Apakah benar jika orang yang suka minum kopi berpotensi menjadi psikopat? Sebetulnya, bukan kopinya yang menjadi penyebab seseorang menjadi psikopat. Menurut para ahli, penelitian rasa pahit dari kopi dan makanan pahit lainnya yang cenderung membuat seseorang menunjukkan sifat psikopat.

Perlu diketahui bahwa penemuan ini ditentang oleh penelitian dalam Jurnal Health yang menyatakan bahwa rasa pahit pada makanan tertentu tidak menunjukkan hubungan yang signifikan dengan ciri-ciri kepribadian antisosial.

Hubungan rasa pahit dan Machiavellian sangat kecil, jadi seseorang yang menyukai makanan pahit tidak perlu merasa gelisah akan munculnya tanda-tanda psikopat. Sebab, penyebab seseorang memiliki gangguan psikopat tidak sesederhana menyukai makanan atau minuman pahit. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki gangguan mental.

Penting untuk diingat bahwa psikopati memiliki dasar yang lebih dalam dan kompleks. Seringkali ini berkaitan dengan faktor-faktor genetik, lingkungan, dan neurobiologis. Jadi, konsumsi kopi sendiri tidak dapat dianggap sebagai penyebab psikopat.

 

 

 

Sumber referensi:

  • ​​Diahwahyuningtyas, A., & Firdaus, F. (2023, October 10). Benarkah Orang yang Suka Minum Kopi Hitam Berisiko Jadi Psikopat? Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/10/090000865/benarkah-orang-yang-suka-minum-kopi-hitam-berisiko-jadi-psikopat- 
  • ​Elmira, P. (2023, February 13). Studi: Pecinta Kopi Hitam Cenderung Jadi Psikopat. Lipputan6.Com. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5203077/studi-pecinta-kopi-hitam-cenderung-jadi-psikopat?page=4 
  • ​Lestari, A. (2023, September 25). Psikopat. Klik Dokter. https://www.klikdokter.com/penyakit/masalah-mental/psikopat 
  • ​Lestari, R. (2021, March 14). Penjelasan Mengenai Psikopat Menurut Ahli. Gaya. https://www.medcom.id/gaya/fitness-health/zNPZxlEk-penjelasan-mengenai-psikopat-menurut-ahli 
  • ​Marliah, S. (2022). Kenali Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Tips Aman Minum Kopi. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/best-seller/manfaat-kopi-untuk-kesehatan/#google_vignette 
  • ​Tim medis. (2023, September 20). Apa itu Psikopat? Kenali Definisi, Penyebab, dan Gejalanya  . Siloam Hospital. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-psikopat