Simak Alasan Jalan Kaki Lebih Baik Dibanding Jogging!

Simak Alasan Jalan Kaki Lebih Baik Dibanding Jogging!

Ilustrasi jogging | Jalan kaki | Source : Freepik (jcomp)

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang paling banyak diminati dari segala jenis kalangan, terutama bagi orang yang memiliki tujuan menurunkan berat badan.

Olahraga ini mudah dilakukan, serta tidak memerlukan banyak biaya. Namun, tidak semua kalangan memiliki fisik yang kuat untuk melakukan jogging.

Terdapat alternatif lain bagi orang yang tidak menyukai jogging, yaitu dengan jalan kaki.

Umumnya, orang menganggap bahwa jogging lebih efektif dan lebih banyak membakar kalori dibanding jalan kaki. Bagi seseorang yang jarang melakukan olahraga, tentu jogging selama 30 menit merupakan suatu hal yang berat.

Lalu, apakah dengan melakukan jalan kaki dapat membakar kalori yang setara dengan jogging? Mana yang lebih efektif untuk membakar kalori? Cari tahu di bawah ini!

Jalan Kaki vs Jogging | Source : Pexels (Daniel Reche)
Jalan Kaki vs Jogging | Source : Pexels (Daniel Reche)

Pada dasarnya, fokus dari jogging adalah olahraga yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh maupun jantung serta memperkuat otot pada tubuh. Sedangkan jalan kaki bertujuan untuk menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan memperlancar sirkulasi darah. 

Jika dilihat dari fokus dari masing-masing, dapat disimpulkan bahwa keduanya dapat membuat bentuk tubuh menjadi lebih ideal jika dilakukan secara rutin dan diimbangi oleh pola hidup serta pola makan yang sehat.

Namun, dibandingkan melakukan jogging selama 15 menit dan jalan kaki 15 menit, tentu pembakaran kalori pada saat melakukan jalan kaki tidak sebanyak dengan melakukan jogging.

Akan tetapi, bagaimana jika tujuan utama dilihat bukan dari segi waktu, melainkan dari segi jarak?

Saat seseorang jogging dalam kurun waktu 15 menit mampu menempuh jarak 1 km, sementara orang lainnya berjalan kaki dalam waktu 30 menit dan mampu menempuh jarak 1,5 km, siapa yang lebih unggul? Jika dilihat dari jarak, tentu saja jalan kaki lebih unggul karena dapat menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan jogging.

Ilustrasi Jalan Kaki | Source : Pexels (wayhomestudio)
Ilustrasi Jalan Kaki | Source : Pexels (wayhomestudio)

Pakar kesehatan telah mengungkapkan bahwa jalan kaki adalah jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Jika dibandingkan dengan jogging, jalan kaki lebih tidak memiliki resiko besar dalam cedera. Banyak faktor yang harus diperhatikan saat jogging, mulai dari kondisi tubuh, lokasi untuk berlari, sepatu khusus untuk berlari, kecepatan maupun jarak yang ditempuh.

Saat seseorang melakukan jogging setiap hari, tubuh akan mudah kelelahan serta akan membuat tekanan pada otot maupun terjadinya peradangan otot. 

Berikut manfaat utama dari rutin melakukan berjalan kaki :

1. Menurunkan hormon stres

Berjalan kaki tidak hanya baik untuk kesehatan fisik dan berfokus pembakaran kalori saja, melainkan mampu membuat suasana hati jauh lebih baik. Jalan kaki terutama di pagi hari diiringi dengan menghirup udara segar, mampu membantu melepaskan hormon kortisol atau hormon stress yang berada di dalam tubuh.

2. Memperlancar sistem pencernaan

Banyak ahli kesehatan yang mengatakan bahwa berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu memperlancar sistem aliran darah dan metabolisme tubuh sehingga mampu memperlancar sistem pencernaan.

3. Menyehatkan sendi

Rutin melakukan aktivitas berjalan kaki sekitar 10-15 menit per hari mampu membantu meredakan serta mencegah sakit pada sendi.

4. Menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian European Journal Epidemiology, seseorang yang rutin berjalan kaki 5 kali dalam seminggu selama 30 menit, dapat menurunkan 19% risiko dari penyakit jantung koroner. Presentase tersebut dapat bertambah diiringi kemampuan dalam meningkatkan durasi maupun jarak dalam berjalan kaki.

Pada dasarnya, jogging maupun berjalan kaki memiliki manfaat besar. Namun, tetap perlu menjadi pertimbangan mengenai kondisi tubuh, lokasi, maupun peralatan yang dimiliki.

Berjalan kaki lebih minim risiko dikarenakan hanya memberikan tekanan pada sendi maupun tulang yang tidak sebesar jogging dan jauh lebih mudah untuk dilakukan. 

Jika ingin lebih menikmati olahraga dan tetap efektif dalam pembakaran kalori, olahraga dengan berjalan cepat menjadi pilihan tepat. Hal yang paling penting dalam pembakaran kalori adalah melakukannya dengan konsisten, demi mendapatkan tubuh yang ideal dan juga sehat.